6 Lagu Indonesia Ini Punya Lirik 'Nyeleneh', Aneh Atau Kreatif?

Sabtu, 11 Oktober 2014 12:01  | 

Olga Syahputra



Lagu-Lagu Berlirik Unik ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Lirik menjadi salah satu aspek penting dalam sebuah lagu. Meski tak ada aturan tertentu mengenai penulisannya, paling tidak kita tahu seperti apa lirik yang 'normal' dan 'tak wajar'.

Beberapa lagu dalam daftar ini cukup unik. Di saat para musisi berlomba-lomba membuat lirik sebagus dan sepuitis mungkin, mereka justru berani tampil aneh.

Nah, sudah mulai penasaran kan? Yuk simak daftar lagu Indonesia dengan lirik paling 'nyeleneh' berikut ini. Lalu kamu bisa tentukan apakah mereka kreatif, atau justru aneh. (kpl/niz)

1. Hancur Hatiku

Olga Syahputra memang tak punya basic menyanyi yang mumpuni. Tapi, dengan semangat menghibur para fans, ia merilis dua single, berjudul Hancur Hatiku dan Jangan Ganggu Aku Lagi.

Kedua lagu tersebut merupakan ciptaan Charly Van Houten, pentolan Setia Band. Single pertama Olga, Hancur Hatiku sempat jadi sensasi karena keunikan liriknya.

Yup, dalam lagu tersebut hanya ada dua pola kalimat, yakni 'hancur hatiku', dan 'hatiku hancur'. Dengan musik yang fun dan bernuansa Melayu, lagu ini nyatanya cukup sukses di pasaran.

Apa ya alasan Charly membuat lagu sesederhana itu? Apa memang karena Olga orangnya susah hafalin lirik? Bisa jadi.

2. Lupa Lupa Ingat

Punya nama dan penampilan seram, band yang satu ini justru kocak abis. Kuburan sempat ngehits dengan beberapa single kocak yang punya lirik konyol dan aneh.

Salah satu yang paling mencolok adalah single pertama yang melambungkan nama mereka, Lupa Lupa Ingat. Masih ingatkah kalian dengan lagu ini, apa sudah lupa? hehe

Lagu bernada ceria ini punya lirik yang sangat playful dan di luar nalar. Membuat lirik se simple mungkin, mereka justru jadi fenomena.

Lupa, lupa lupa lupa lupa lagi syairnya
Ingat, aku ingat ingat cuma ingat kuncinya
C Am Dm ke G ke C lagi

Siapa yang kepikiran menciptakan lirik semacam itu kalau bukan Kuburan? Aneh-aneh aja ya.

3. Harus Terpisah

Tak cuma lagu ceria yang punya lirik unik. Dengan lagu mendayu-dayu, Cakra Khan tetap keren membawakan lirik yang sepotong-sepotong. Lho, bagaimana maksudnya?

Kalian pasti familiar dengan lagu Harus Terpisah dong? Single pertama Cakra Khan itu kalau diamati punya struktur lirik yang tak biasa lho.

Sendiri,
sendiri ku diam,
diam dan merenung
Merenungkan jalan yang kan membawaku pergi
Pergi tuk menjauh, menjauh darimu
Darimu yang mulai berhent
Berhenti mencoba,
mencoba bertahan
Bertahan untuk terus bersamaku

Nah, sudah ketemu kan uniknya di mana? Kalau dibaca liriknya saja sih pasti bakal aneh. Tapi nyatanya saat dinyanyikan lagu ini jadi sangat menyentuh. Setuju?

4. I Just Wanna Say I Love You

Tak hanya soal penampilan, Melly Goeslaw juga nyentrik soal lirik. Selain hobi menyisipkan kata-kata berbahasa Inggris ke dalam liriknya, sebuah lagu jadi eksperimen terliarnya.

Lagu berjudul I Just Wanna Say I Love You memang punya judul yang cukup panjang. Tapi buat kamu yang belum tahu lagu ini pasti kaget melihat liriknya.

Yup, nggak ada kata-kata lain. Hanya ungkapan I Just Wanna Say I Love You yang diulang-ulang sepanjang lagu. Malas menulis lirik atau memang sengaja bikin sensasi ya. Menurutmu?

5. Benci Untuk Mencinta

Usung musik antimainstream, David dan kawan-kawan bisa sukses di kancah musik. Bertema kostum dan musik jadul, Naif kerap ditunjuk jadi pemecah suasana dalam berbagai event.

Band yang diperkuat David, Emil, Pepeng, dan Jarwo ini suka main kata dalam lagu-lagunya. Semua personel bisa menulis lagu, Naif seperti tak pernah kering berkarya.

Salah satu lagu kecerdasan Naif dalam mengolah kata tercetus dalam lagu Benci Untuk Mencinta. Membolak-balikkan kata, tak mengurangi esensi yang terkandung dalam lagu tersebut.

Coba kamu simak liriknya berikut ini:

Oh, betapa ku saat ini
Ku cinta untuk membenci... membencimu...
Oh, betapa ku saat ini
Ku benci untuk mencinta... Mencintaimu..

Bermodal pengulangan dan pembalikan kata, lagu ini jadi ciamik. Mungkin berkat aransemen yang keren dari mister Jarwo.

6. Telepon Aku

Di daftar terakhir ada lagu dari solois keren, Sandy Canester. Dikenal dengan suara lembutnya, Sandy juga piawai menulis lagu-lagunya sendiri.

Di antara beberapa lagu, yang paling menancap di benak penikmat musik salah satunya Telepon Aku. Lagu easy listening tersebut selain enak didengar juga punya keunikan di dalam liriknya.

Mana ada lagu yang di dalamnya terdapat nomor telepon si penyanyinya? Kalau pun ada, pastinya jarang banget lah ya. Bener kan?

Telepon aku, 727 enam kali

Bagian ini lah yang bikin lagunya masuk dalam kategori 'nyeleneh'. Memang inspirasi bisa datang dari mana saja ya. Keren atau aneh nih menurut kalian?

(kpl/niz)