5 Mantan Vokalis Band Yang Coba Solo Karir

Jum'at, 23 Mei 2014 12:01  | 

Once



Dari vokalis menjadi solois @KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Dalam sebuah musibah, pasti tersimpan hikmah. Hal ini juga banyak terjadi di dunia musik.
Perpecahan dalam sebuah band yang melibatkan para personel sering dialami oleh band pendatang baru dan mereka yang sudah senior. Beberapa permasalahan seringkali berujung pada pemecatan dan pengunduran diri.

Salah satu alasan keluarnya vokalis dalam sebuah band adalah karena ingin bersolo karir. Alasannya bisa karena perbedaan visi maupun kejelian melihat peluang untuk berjalan sendiri.

Dari beberapa kasus keluarnya vokalis dari sebuah band, para mantan frontman band ini terbilang cukup sukses bersolo karir. Siapa saja mereka? Yuk simak beritanya. (kpl/niz)

1. Bams

Nama penyanyi satu ini memang lekat dengan bandnya terdahulu, Samsons. Karir Bams bersama Samsons menjadi jalan suksesnya dalam bermusik.

Menyatakan keluar dari Samsons pada 2012, penyanyi yang lahir di Ottawa, Kanada ini ingin fokus dengan musik rohaninya. Tentunya ini menjadi salah satu keputusan berat yang diambilnya.

Sudah empat album ia hasilkan bersama Samsons, namun kebersamaan itu akhirnya harus berakhir. Kini, Samsons tengah berusaha bangkit dengan vokalis anyar, Aria.

Agaknya, niat Bams sedikit berbelok ketika ia menyatakan ingin merilis album solo. Tahun lalu, album TERBEBAS TERLEPAS muncul sebagai karya pertama Bams sebagai solois. Akankah Bams sukses dengan bernyanyi solo? Kita tunggu saja.

2. Once

Memiliki range suara tinggi nan lembut, itulah suara khas yang dimiliki Elfonda Mekel, alias Once. Kesuksesannya bersama Dewa 19 membuat namanya melambung tinggi di industri musik.

Bersama Ahmad Dhani dan Andra, Once menyatu dengan Dewa setelah menggantikan Ari Lasso pada 1999. Sebelum bergabung dengan Dewa 19, Once sebenarnya sempat merilis single solo seperti Juwita Padang dan Anggun. Memilih bergabung dengan Dhani, karirnya semakin menanjak.

Once memberi kontribusi yang cukup besar bagi Dewa 19. Sebanyak lima album ia hasilkan sebagai karya emas.

Pada 2005, Once sempat mengisi soundtrack film Dealova sebagai solois. Setelah menyatakan keluar dari Dewa 19 pada 2011, Once semakin mantap untuk bersolo karir. Once tercatat merilis album dengan namanya yang dirilis 2012 silam, dengan hits andalan Ku Cinta Kau Apa Adanya.

3. Sammy Simorangkir

Bagi Sammy, bernyanyi adalah passion terbesarnya. Meski sempat terpuruk karena dipenjara, penyanyi yang satu ini kembali dengan karya-karya yang istimewa.

Semenjak keluar dari Kerispatih, Sammy memutuskan untuk melanjutkan karir bermusiknya sebagai penyanyi solo. Dengan semangat itulah penyanyi 31 tahun menjawab keraguan publik akan kemampuannya.

Sammy yang pernah mengikuti ajang Indonesian Idol sejauh ini sudah menghasilkan beberapa single jawara seperti Sedang Apa dan Dimana, Aku Kembali, dan Kesedihanku. Bakat dan kegigihannya yang tinggi membuatnya sukses menjadi solois ternama.

Pada 2010, Sammy sempat mengalami masa terberatnya ketika dinyatakan bersalah oleh hakim dan harus menjalani masa tahanan. Namun saat ini Sammy sudah move on dan kembali berkarya sebagai seniman dengan usahanya sendiri. Salut.

4. Ari Lasso

Sosok penyanyi yang identik dengan rambut panjangnya ini patut jadi teladan. Kemampuannya untuk menjaga eksistensi di dunia musik sangat luar biasa.

Ari Lasso lahir di Madiun, Jawa Timur. Ia bersama Ahmad Dhani dan Andra menjadi pelopor berdirinya Dewa 19 yang mengalami masa keemasan pada era 90-an.

Perannya sebagai vokalis Dewa 19 digantikan oleh Once setelah ia menyatakan keluar pada 1999. Sejak saat itu, Ari Lasso semakin kreatif dengan banyak menulis lagu dan merintis karir solonya.

Kesuksesannya dalam bersolo karir membuat namanya menjadi salah satu penyanyi solo terbaik Indonesia. Dengan bukti enam album yang sudah dihasilkannya, Ari Lasso sepertinya takkan menyesal keluar dari Dewa 19.

5. Anji

Keluarnya Anji dari Drive banyak disayangkan para penggemar. Pasalnya, Drive saat itu sedang naik daun dan menjadi salah satu band yang tak bisa diremehkan.

Disinyalir, keluarnya Anji dari Drive disebabkan oleh perselisihannya dengan pihak manajemen. Karenanya, Anji tak ingin mandek sebagai musisi dan memutuskan berkarir sendiri.

Penyanyi bernama lengkap Erdian Aji Prihartanto ini kabarnya akan segera merilis album keduanya dalam waktu dekat. Album yang berjudul TENTANG RASA ini rencananya akan memuat beberapa lagu, termasuk lagu Tentang Rasa yang dicover oleh Anji.

Sebelumnya, Anji sempat merilis album LUAR BIASA pada 2011, dengan single andalan Ternyata Cinta milik Padi. Dalam lagu tersebut, Piyu selaku pencipta lagu juga ikut terlibat dalam proses produksinya.

(kpl/niz)