20 Tahun Lebih Bersama, Project Pop Beberkan Rahasia Kekompakan

Girindra Permana Cahya  |  Kamis, 26 Januari 2017 18:22
20 Tahun Lebih Bersama, Project Pop Beberkan Rahasia Kekompakan
Project Pop © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Kerja bareng dalam jangka waktu yang cukup lama tentunya tak bisa terlepas dari yang namanya konflik atau keributan. Yang hebat adalah bagaimana bisa setiap bagian dari kelompok tersebut bertahan terus dengan masalah-masalah yang ada datang silih berganti.

Project Pop mengatakan bahwa keributan internal merupakan hal biasa dan penting. Udjo dan Yosi menjelaskan pendapat masing-masing tentang hal tersebut.

"Kita tuh kayak bukan teman, tapi udah kayak adik kakak. Jadi kalau ribut, ributnya ya sama kayak ke adik kakak," aku Udjo bersama Project Pop saat hadir di Dahsyatnya Awards 2017 di Ecopark Convention Ancol, Jakarta Utara, Kamis dini hari (26/1).

"Konflik itu penting sih supaya kita mengerti sedalam apa persahabatan. Kalau nggak pernah konflik nggak seru. Sampai diem-dieman sih nggak pernah," kata Yosy menimpali Udjo.

Project Pop katakan bahwa minim ekspektasi antar personel dan saling membutuhkan adalah kunci utama kekompakan mereka © KapanLagi.com/Agus ApriyantoProject Pop katakan bahwa minim ekspektasi antar personel dan saling membutuhkan adalah kunci utama kekompakan mereka © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Lebih lanjut, pria benama lengkap Yosi Mokalu ini membeberkan bahwa tingginya ekspektasi pada rekan membuat keberlangsungan sebuah grup cepat buyar. Sebaliknya, minim ekspektasi menyebabkan persahabatan para anggota makin kuat.

"Kalau udah makin dewasa, saya pikir udah nggak terlalu tinggi ekspetasi pada teman-temannya, saling menerima saja, ya udah orangnya kayak gitu. Kalau 20 tahun nggak bisa menerima ya keterlaluan. Justru tanpa ekspetasi bikin persahabatan kita kuat," tutur Yosi.

Saling melengkapi menjadi senjata rahasia lain untuk bertahan dalam kondisi yang buruk. Udjo memberikan contoh ketika kondisi Project Pop tanpa hadirnya Oon.

"Terus kita orangnya saling tergantung, misal nggak lengkap, contohnya kayak nggak ada Oon, kita harus beradaptasi. Kita biasa saling melengkapi, ngandelin," jelas Udjo.

Tetap bertahan setelah kepergian Oon untuk selama-lamanya membuat posisi Tika Panggabean lebih menjadi center dari project pop. Ia pun memberikan sebuah candaan di akhir percakapan ini.

"Kalau dari posisi (panggung) saya yang harus terbiasa beradaptasi. Biasanya saya di pinggir, sekarang harus ada di tengah terus biar imbang. Dikit-dikit di tengah, saya tuh nggak suka jadi pusat perhatian," kata Tika sembari bercanda.

Jangan Lewatkan!

'Jalan 5 Orang', Project Pop Tak Berniat Menambah Personel Baru

Manggung Setelah Berpulangnya Oon, Project Pop: Berasa Pincang

'Lifetime Achievement' Project Pop Dipersembahkan Untuk Oon

Inilah Daftar Lengkap Pemenang 'Dahsyatnya Awards 2017'

Tegas Tapi Lucu, Begini Sosok Oon di Mata Personel Project Pop

(kpl/abs/otx)

Meski baru saja ditinggal berpulang oleh salah satu membernya yakni Oon, grup Project Pop mencoba tampil seceria mungkin dengan kostum mereka yang memiliki warna senada.
19 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -