10 Koleksi 'Rayuan Maut' Ahmad Dhani, Sudah Tahu?

Rabu, 03 September 2014 12:01  | 

Ahmad Dhani



Ahmad Dhani ©KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Dari sekian banyak pencipta lagu hebat di Indonesia, Ahmad Dhani bisa dibilang sebagai salah satu hitmaker yang paling handal. Menukangi Dewa 19, TRIAD, dan para artis di Republik Cinta Management, kreativitasnya dalam menulis lagu seakan tak pernah kering.

Salah satu kekuatan terbesar Dhani adalah lagu cinta. Puluhan lagu menjadi hits berkat sentuhan tangan dinginnya. Bahkan tak sedikit pula yang jadi everlasting love song, alias lagu cinta sepanjang masa.

Kehebatannya dalam menulis lagu cinta juga diakui banyak penyanyi lain yang membawakan karyanya. Saking produktifnya, Dhani bahkan punya acara Masterpiece, di mana karya-karya emasnya dibawakan berbagai penyanyi dari generasi berbeda.

Nah, kali ini kita akan membahas 10 lagu yang menjadi 'rayuan maut' Ahmad Dhani sepanjang masa. Apa saja kira-kira? Yuk ikuti berita selengkapnya. (kpl/niz)

1. Takkan Ada Cinta Yang Lain

Karya ini merupakan salah satu yang paling legendaris. Tercantum dalam album kedua Dewa 19, lagu ini punya nilai historis bagi perjalanan band asal Surabaya tersebut.

Musik yang ditawarkan Dewa 19 saat itu memang beda, membuatnya semakin dikenal sebagai warna baru di industri musik 90-an. Dirilis pada 1994, lagu ini jadi track penutup di album FORMAT MASA DEPAN.

Setelah sekian tahun lamanya, lagu ini masih punya banyak penggemar. Sering dibawakan di berbagai event maupun direcycle sebagai single baru, lagu ini jelas bukan lagu sembarangan.

2. Cinta Kan Membawamu Kembali

Siapa sih yang tak kenal lagu ini? Dari masa ke masa, lagu ini masih sering kita lihat dibawakan di layar kaca.

Terdapat beberapa versi, artis yang paling sukses dengan lagu ini adalah Reza Artamevira. Cinta Kan Membawamu Kembali versi Reza meraih sukses besar sejak dirilis pada tahun 2000.

Dua album pertama Reza memang diproduseri oleh Ahmad Dhani. Jadi beberapa lagu yang dibawakan Reza merupakan karyanya. Namun di album ketiga Reza berjalan sendiri karena kesibukan keduanya yang padat saat itu.

Lagu ballad ini semakin terasa romantis dengan iringan piano yang syahdu. Ini salah satu bukti kalau Dhani merupakan 'perayu' handal, setuju?

3. Aku Bukan Siapa Siapa

Apa artinya dunia yang bisa kugenggam
bila tak ada cinta darimu untukku

Aku bukanlah siapa siapa
bila tak ada cinta darimu untukku

Tahun 2007 Ahmad Dhani membentuk The Rock yang merupakan projectnya di luar Dewa. Menggaet musisi impor, grup ini sempat merilis sebuah album berjudul MASTER MISTER AHMAD DHANI I.

Lagu Aku Bukan Siapa Siapa ini sangat menarik. Dengan musik yang memadukan classic rock dan swing, Dhani melancarkan rayuannya dengan gaya yang flamboyan banget.

Masih ingat lagunya? Simak nih gimana cara keren Dhani merayu wanita.

4. Makhluk Tuhan Paling Seksi

Ahmad Dhani bukan hanya seorang superstar, tapi juga pencetak bintang. Nama Mulan Jameela pun bisa meroket juga karena kontribusi sang bos RCM tersebut.

Salah satu 'hadiah' paling berkesan dari Dhani untuk Mulan adalah lagu Makhluk Tuhan Paling Seksi ini. Entah dari mana datangnya, kata-kata Makhluk Tuhan Paling Seksi itu awalnya terdengar aneh, tapi memang unik.

Lagu ini juga dibawakan sendiri oleh Dhani bersama TRIAD, grup yang diperkuat Ikmal Tobing dan Mitha The Virgin tersebut. Dengan versi lebih ngerock, mungkin seperti ini cara seorang rocker memuji kekasihnya ya.

5. Dewi

Dewa memberi pengaruh besar dalam karir Ahmad Dhani. Selain membentuk grup Dewi Dewi dan Mahadewi, Dhani juga menciptakan lagu Dewi yang terdapat di album Dewa 19 era Once.

Lagu ini jadi single andalan di album KERAJAAN CINTA yang dirilis pada 2007 lalu. Dalam video klip ini Dhani juga melibatkan Tata, Ina, dan Puri yang saat itu masih menjadi personel Dewi Dewi.

Seorang dewi oleh Dhani digambarkan sebagai wanita cantik berpakaian serba putih lengkap dengan sepasang sayapnya. Seperti itu juga kah sosok dewi di mata kalian?

6. Bukan Cinta Manusia Biasa

Sejak era 2000-an, sebagian besar lagu Dewa didominasi oleh loop dan efek-efek digital. Dengan begitu, musik Dewa jadi semakin kuat dan berbeda.

Tak terkecuali Bukan Cinta Manusia Biasa yang juga khas dengan permainan arpegio pianonya. Di era ini, Dewa 19 sepertinya sedang bermasalah. Pasalnya, lagu ini diluncurkan sebagai single setelah sekian lama mereka tak menelurkan album.

Karya ini juga menjadi salah satu peninggalan berharga Dewa 19 sebelum akhirnya bubar pada 2011. Wah, sayang banget ya.

7. Risalah Hati

Hidupku tanpa cintamu
Bagai malam tanpa bintang

Cintaku tanpa sambutmu
Bagai panas tanpa hujan

Baladewa pasti kenal dengan lagu yang satu ini. Kidung cinta berjudul Risalah Hati ini jadi lagu galau paling ngehits buat remaja tahun 90-an. Hayoo ngaku deh.

Bersama sederet hits lain seperti Separuh Nafas, Dua Sejoli, Roman Picisan, dan lain-lain, BINTANG LIMA sepertinya layak disebut sebagai album Dewa 19 terbaik. Setuju?

8. Cinta Mati

Dari judulnya saja kita bisa tahu jika lagu ini memang ditujukan untuk membuktikan cinta. Bahkan karena luasnya pemahaman Dhani soal cinta mati, ada empat lagu berjudul sama dengan isi berbeda yang ia ciptakan.

Cinta Mati 1 dibawakan bersama Agnes Monica, menjadikannya sebagai duet berbahaya. Cinta Mati 2 dikemas dengan lebih ringan. Dibawakan oleh Mulan Jameela dan Mitha The Virgin, lagu ini menggaet Olla Ramlan sebagai model klipnya.

Cinta Mati 3 lain lagi. Mulan dipercaya membawakannya kembali, tapi konsepnya lebih mendayu-dayu. Menceritakan tentang cinta yang tak terbalas, lagu ini bisa mengundang air mata.

Yang paling baru ada Cinta Mati 4 yang dibawakan oleh Mahadewa yang kini diperkuat Virzha di posisi vokalis. Ini Dhani yang malas bikin judul lagu atau gimana ya? hehe.

9. Kangen

Kangen dengan pacar? Lagu ini paling pas buat kamu. Meski lawas, lagu ini dijamin masih bisa membuat orang yang kamu cintai terharu, terutama buat yang LDR nih.

Bisa dibilang, lagu ini menjadi salah satu lagu paling memorable bagi Ari Lasso dkk saat itu. Kangen merupakan single pertama dalam perjalanan panjang Dewa 19.

Di era 1992, video klip Kangen mulai beredar. Saat itu, rambut gondrong masih jadi tren paling yahud di awal 90-an.

Lagu ini juga pernah dibawakan oleh Chrisye feat Sophia Latjuba dengan aransemen pop yang lebih modern. Simak nih Sophia waktu masih muda (meski sampai kini masih awet muda).

10. Aku Milkmu

Ahmad Dhani memang pantas disebut sebagai maestro. Membuktikan diri sebagai orang yang romantis, ia menulis Aku Milikmu bersama Ari Lasso dan Andra 20 tahun lalu.

Hits ini mendongkrak popularitas Dewa 19 yang kala itu belum lama eksis di dunia musik. Semakin lama, musik mereka pun kian matang, sehingga mampu merebut hati para penggemar musik tanah air.

Coba deh kamu simak petikan lirik lagu Aku Milikmu yang indah ini. Meski terkesan jadul, tapi oke juga banget lho.

Coba dengarkanlah sumpahku (Janji suci)
Dari hati... aku cinta kamu

Jangan dengar kata mereka
Yang tak ingin kita satu
Yakinkan aku milikmu...

(kpl/niz)