8 Film Dokumenter Terbaik Tentang Punk

Kamis, 22 Agustus 2013 17:01  | 

Ramones



Ilustrasi

Kapanlagi.com - Mendengar kata Punk mungkin dibenak kita adalah segerombolan pria dengan rambut mohawk dengan pakaian lusuh dan tampang sangar. Ada terbersit ketakutan pastinya jika kita melihat. Namun benarkan punk seperti itu?

Film berikut akan memberitahukan kamu mengenai seperti apa punk. Alasan mereka berdandan dan memainkan musik ada semua di kumpulan film ini. Selain itu ada ideologi yang mereka pegang dan tentunya sisi menyentuh dari punk yang tak pernah kita tahu sebelumnya.

Apa saja sih film-film tersebut, simak berikut ini:

 

 

Baca Juga:

Loh Katanya Metal, Kok Musiknya Jadi Gini?!?
Sanggup Mendengarkan Lagu Ini Tanpa Menangis?
Pemberani? Kunjungi Tempat Wisata Angker Ini
Hotel Berhantu di Indonesia, Berani Menginap?
Malunya, Musisi Ini Typo di Twitter dan Dikoreksi Anak Kecil

  (kpl/faj)

1. The Other F Word

Penasaran dibenak kita seperti apa para punkers di usia tuanya? ternyata mereka sama saja dengan kita, berkeluarga dan menghidupi anak dan istrinya. Film ini akan menceritakan para punkers yang sudah berkeluarga dan bagaimana mereka bertanggung jawab atas keluarganya. Film yang pastinya bakal membuat anda tertarik untuk melihatnya.

2. The Art of Punk: Black Flag

Punk tak hanya musik keras dan sebuah protes saja, namun juga sebuah karya baik dari segi apapun. Seperti halnya band satu ini, Black Flag yang terus melegenda baik logo, musik dan namanya. Film The Art of Punk: Black Flag ini membahas logo 4 balok ikonik dari Black Flag baik secara makna dan inspirasinya.

3. Rock and Roll Punk

Sejarah musik punk tak jauh dari musik rock and roll. Memiliki unsur yang sama yaitu memberontak dan berevolusi menjadi sebuah sub genre bernama punk. Dokumentasi ini akan menjabarkan sejarah rock and roll dan punk secara komplit.

4. A Band Called Death

Ternyata selain Bad Brains, ada juga band punk Afro-Amerika bernama Death. Ternyata band ini merupakan pioner punk jauh sebelum Ramones dan Sex Pistols lahir. Mereka berani mengambil risiko di mana musisi kulit hitam menggandrungi Motown Sound. Seperti apa kiprah dan sejarah band ini.

5. End of Century - The Story of The Ramones

Band yang menjadi inspirasi semua musisi punk disajikan lengkap dalam bentuk dokumenter. Ramones menjadi bagian sejarah tak hanya punk namun juga rock and roll. Film ini dibuat setelah Ramones pensiun dan menampilkan berbagai orang berpengaruh di skena punk seperti Debbie Harry, Joe Strummer dan keluarga dari personel Ramones.



6. Hated - GG Allin and The Murder Junkies

Sebuah dokumenter tentang musisi paling kontroversial. GG Allin adalah ikon destruktif dengan kelakuannya yang 'luar biasa' dan tak basa basi dalam menyindir atau mengkritik apapun. Dia dibenci sekaligus dicintai yang membuat dirinya berubah menjadi sosok legenda.

 

7. Punk - The Early Years

Ingin mengetahui sejarah punk secara lengkap, dari musik, pergerakan dan ideolagi yang mereka usung. Semua disajikan secara lengkap di Punk: The Early Years. Film ini mengambil punk di era 1977-1978 menampilkan band seperti Sex Pistols, Generation X, The Slits dan masih banyak lagi.

8. Punks Not Dead

Punk terus berevolusi hingga sekarang, tanpa hirarki mereka terus beregenarasi dengan lahirnya band-band baru. Dokumenter Punk Not Dead menampilkan pergerakan punk di Amerika di tahun 2000-an yang masih bertahan di underground atau yang merambah ke mainstream.

(kpl/faj)