10 Album Indonesia Awal 2000-an Terlaris Sepanjang Masa

Selasa, 19 Agustus 2014 12:01  | 

Peterpan



Ilustrasi


Kapanlagi.com - Pada awal 2000-an industri musik Indonesia mencetak banyak album terbaik. Angka penjualan album ini pun sangat luar biasa, bahkan hingga kini belum ada yang bisa menyamainya.

Statistik ini dibuat dari angka penjualan yang telah diraih, serta komentar para kritikus musik akan album tersebut. Bisa dibilang sebagai tahun gemilang pada dunia musik dengan karya-karya yang brilian.

Berikut 10 album yang mendapat predikat terbaik sepanjang masa. Adakah kalian yang masih menyimpan kaset atau CD dari musisi ini? (kpl/faj)

1. Peterpan - Bintang di Surga

Peterpan (kini menjadi NOAH) menduduki peringkat pertama sebagai album terlaris sepanjang masa. Album bertajuk BINTANG DI SURGA ini terjual sekitar 3 juta keping.

Angka sebesar itu tak hanya terjual di Indonesia namun juga termasuk penjualan di luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam

Album ini merupakan karya terbaik dari Peterpan, di mana setiap lagu ini menjadi hits di berbagai radio dan majalah. Sebuah kesuksesan masif yang membuat nama Peterpan masuk dalam radar sebagai band berbahaya di Indonesia.

2. Jamrud - Ningrat

Peringkat kedua ditempati oleh Jamrud dengan album keempat yang bertajuk NINGRAT. Album ini sukses secara komersial dengan mencatat angka penjualan sebanyak 2 juta kopi.

Logiss Recorrds selaku label bisa dibilang gila-gilaan dalam mempromokan album ini. Bagaimana tidak dari 11 lagu yang ada separuhnya dibuatkan video klip dan mencetak hits di berbagai chart lagu. Siapa yang tidak kenal dengan lagu seperti  Surti Tejo, Asal British, Ningrat, Kabari Aku, dan Pelangi di Matamu yang dulu menyerbu di radio dan TV setiap jamnya.

Lewat album ini, Jamrud dinobatkan sebagai album rock terlaris versi AMI SHARP 2001 dan menempatkan band asal Cimahi ini sebagai band termahal. Bisa dibilang album ini termasuk album rock terlaris sepanjang sejarah rock Indonesia

3. Padi - Sesuatu Yang Tertunda

Tahun 2000-an awal banyak band rock bagus yang merajai pasar musik Indonesia. Setelah meraup kesuksesan gemilang melalui debut album LAIN DUNIA, Padi pun mengulang bahkan lebih banyak dari sebelumnya.

Album kedua dari band asal Surabaya ini hanya membutuhkan waktu dua minggu untuk mendapatkan triple platinum. Pasalnya dalam kurun waktu itu sudah terjual 450 ribu keping. Karya Padi waktu itu memang ditunggu oleh penggemarnya yang merasa penasaran dengan kelanjutan dari album LAIN DUNIA.

Padi pun mendominasi tangga lagu Indonesia selama berbulan-bulan. Lagu mereka seperti Sesuatu Yang Indah, Kasih Tak Sampai, dan Semua Tak Sama bergantian merajai chart MTV. SESUATU YANG TERTUNDA mendapat kritikan positif dan dinobatkan sebagai album berkualitas.

4. Dewa - Bintang Lima

Awal 2000-an juga dianggap sebagai tahun kembalinya Dewa ke radar musik Indonesia. Mereka pun meluncurkan album BINTANG LIMA yang meledak di pasaran dan sukses terjual mencapai 1.7 juta keping.

BINTANG LIMA bisa dianggap sebagai album pemecah kebuntuan Dewa dalam berkarya. Mereka juga menampilkan dua personel baru, Once (vokal) dan Tyo Nugros (drum) yang mendapat sambutan hangat dari Baladewa.

Album ini tak hanya sukses secara komersial, namun juga musikalitas yang dianggap sebagai album jenius dan berkualitas.Meski album ini dianggap karya yang paling rumit dari segi lirik dan musik namun semua lagunya sukses menjadi hits sekaligus menempatkan kembali Dewa sebagai salah satu band paling berpengaruh di Indonesia.

5. Sheila On 7 - Kisah Klasik Untuk Masa Depan

Meledaknya album pertama dari Sheila On 7 membuat penikmat musik sekaligus kritikus Indonesia bertanya-tanya apakah mereka akan membuat karya hebat lagi.

KISAH KLASIK UNTUK MASA DEPAN menjadi sebuah jawaban sekaligus pesimisnya para kritikus yang menilai bahwa Sheila On 7 hanya band yang melejit pada satu album saja. Album ini pun meledak dengan single hits seperti Sahabat Sejatiku, Bila Kau Tak Di Sampingku dan Sephia. Bahkan sebelum album ini dirilis, tercatat 200 kopi kaset yang telah dipesan oleh penggemarnya

Hits tersebut memuncak pada Sephia yang  berhasil merajai di seluruh Indonesia bahkan sebelum video klipnya diputar di tv. Dalam waktu setahun album ini terjual sekitar 1,7 juta dan itu belum terhitung penjualan di Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam.

6. Radja - Langkah Baru

Album LANGKAH BARU menjadi titik balik Radja dalam karir bermusiknya di mana mereka memperoleh penghargaan sebagai album terlaris di AMI Awards 2005. Walau hanya ada 3 lagu baru, namun album telat panas ini meraup sukses secara komersil dan terjual sebanyak 1,3 juta kopi.

Nampaknya Radja telah menemukan arransemen yang pas dan berhasil mencuri perhatian penikmat musik Indonesia. Single Jujur pun gencar diputar di radio serta televisi dan bertengger selama beberapa bulan.

7. Sheila On 7 - 7 Desember

Dua album meraih sukses yang masif membuat Sheila On 7 diwasapadai sebagai band berbahaya. Mereka telah masuk radar pada industri musik Indonesia sebagai band berkualitas.

Sheila On 7 menjadi band pertama yang mencetak hattrick dengan angka penjualan album jutaan kopi. Album 7 Des meneruskan kejayaan dua album sebelumnya dan terjual sebanyak 1,3 juta keping.

Uniknya dengan mengandalkan satu single hits Seberapa Pantas, Sheila On 7 tetap berjaya di radio dan televisi. Kedigdayaan Sheila On 7 sukses menggulingkan seniornya seperti Jamrud dan Dewa yang berbarengan merilis album saat itu. Dengan 3 album yang meraih sukses, Duta dan kawa-kawan pun diakui sebagai band yang memiliki kualitas.

8. Haddad Alwi - Cinta Rasul 1

Di tengah gempuran band rock, Haddad Alwi pun menyeruak dengan album bertajuk CINTA RASUL 1. Album ini tercatat sebagai album religi terlari dengan angka penjualan 1,3 juta keping.

Nampaknya arransemen yang sederhana dan isi lagu yang familiar di telinga pendengarnya membuat album ini cepat diterima. Haddad Alwi sendiri tak menyangka albumnya bisa laris seperti ini.

9. Dewa - Cintailah Cinta

Usai meraup sukses melalui BINTANG LIMA, Dewa pun melanjutkan karyanya dengan merilis CINTAILAH CINTA. Di album ini Ahmad Dhani bereksperimen dengan menampilkan karakter sound tahun 60-an.

Sebuah gambling besar bagi Dewa dan ternyata mendapat sambutan yang luar biasa. Album ini terjual sekitar 1,04 juta dengan karya yang begitu kuat dan banyaknya lagu yang berpotensi menjadi hits album.

Meski meraup sukses secara komersil, namun jauh dari perkiraan Dhani yang mematok bakal terjual 3 juta keping melebihi album BINTANG LIMA. Bahkan album ini digulingkan oleh pendatang baru, Sheila On 7 yang sukses dengan album 07 DES.

10. Peterpan - Alexandria

Tahun 2000-an juga menjadi tahun berkembangnya perfilman Indonesia yang berdampak bagus pada musisi Banyak band yang digamit untuk memeriahkan soundtrack di beberapa film, termasuk Peterpan.

Band yang kini mengubah namanya menjadi NOAH ini digamit untuk mengisi film ALEXANDRIA. Tak hanya satu lagu, namun sealbum di mana lagu tersebut mewarnai film tersebut.

ALEXANDRIA menjadi album soundtrack paling sukses yang terjual sebanyak 1 juta keping. Album ini bahkan menggeser soundtrack ADA APA DENGAN CINTA garapan Melly Goeslaw dan Anto Hoed serta 30 HARI MENCARI CINTA milik Sheila On 7. Peterpan menjadi band yang diperhitungkan hingga kini.
(kpl/faj)