Young Lex Sindir Pedas Iwa K, JFlow: Musisi Hip Hop Harus Vokal

Penulis: Fitrah Ardiyanti

Diterbitkan:

Young Lex Sindir Pedas Iwa K, JFlow: Musisi Hip Hop Harus Vokal JFlow/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Young Lex memang tak pernah sepi dari pemberitaan karena sensasi yang cukup sering dibuatnya. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Young Lex dianggap tak punya respect kepada senior dan legend hip hop dan rap Indonesia, Iwa Kusuma alias Iwa K. Lex merasa Iwa terkenal bukan karena kemampuannya, tapi karena lebih dulu dikenal masyarakat.


Seperti yang bisa ditebak, netizen pun berbondong-bondong menggerakkan jempolnya untuk 'mengutuk' aksi Lex tersebut. Namun, rapper JFlow menganggap apa yang dilakukan Lex adalah hal yang biasa. JFlow berpendapat jika musisi hip hop memang harusnya kritis dan vokal.


"Menurut gue hip hop harus begitu,  Kalau lo lebih jago dari seseorang ngomong aja, kalau orang itu nggak terima, orang itu nyerang balik lagi. Biasanya ujung-ujungnya bikin diss track, kalau gue suka nyebutnya clap back suatu karya yang lo bikin buat ngejawab kritikan orang buat lo. Contoh ada rapper bikin lagu jelekin lo, ya lo bales dengan karya juga. Buktiin suara lo bagus, nggak standar. Terus begitu sampai berhenti, itu keren menurut gue. Bales-balesan karya aja," tuturnya saat ditemui di bilangan Balai Sarbini, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


JFlow: "Musisi hip hop harus vokal, kayak musisi hip hop jangan basa basi, jangan ngomongin di belakang/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya


Menurutnya, saling sindir antar musisi di Indonesia tergolong cukup normal. "Kalau di luar (negeri) lebih parah, bahkan di Amerika Serikat, ingat nggak kejadiannya Tupac Shakur sama Bege? Bahkan sampai ada korban jiwa. Di sana tuh sampai tembak-tembakan karena cela-celaan di lagu, ribut antar geng itu biasa," bebernya.


Hal normal di luar negeri itu pun jadi besar ketika sampai di masyarakat Indonesia. Apa analisa JFlow? "Jadi memang orang Indonesia belum terbiasa kan. Kita biasa yang santunkan, di media ngomongnya beda, giliran di kehidupan nyata beda," jelasnya.


JFlow memilih berdiri di tengah atas perseteruan yang tak ingin ditanggapi oleh Iwa K itu. Ia salut akan perubahan yang di bawa Young Lex, namun ia tetap berhutang budi kepada sang senior.


JFlow: "Buat gue, gue salut sama Lex bawa perubahan."/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya


"Buat gue, gue salut sama Lex bawa perubahan. Gue juga salut sama kang Iwa karena dia menanggapinya dengan terus terang, tapi dia enggak ngajak orang rame-rame memblock Young Lex, nggak menggalang kebencian. Kang Iwa menanggapinya dengan kepala dingin. Respect banget sama dia sebagai legend dan senior," jawabnya.


"Kita semua berhutang budi sama Iwa K, itu hutang budi permanen ya, dia buka jalan (bagi musisi hip hop). Tapi Lex membawa perubahan, tamparan buat musisi hiphop, 'Woy bangun, jangan mikir lagi kalau musik hiphop itu sidestream atau segmented'. No, Lex sudah membuktikannya dengan hiphop dibicarakan ABG-ABG," tandasnya.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/tch)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending