Kisruh Bisnis Karaoke, Sama Seperti Teman Makan Teman

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

Kisruh Bisnis Karaoke, Sama Seperti Teman Makan Teman Nagaswara gugat Inul Vista ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Belakangan, bisnis karaoke kembali menjadi sorotan setelah Nagaswara dan Harpa Records menggugat rumah Karaoke milik Inul, Inul Vista. Lagi-lagi masalah royalti dan hak cipta jadi pemicu terjadinya perselisihan yang sudah sering terjadi ini.


Inul dilaporkan ke pihak berwajib karena urusan mechanical rights atau penggunaan materi bukan master asli, tanpa izin dan lisensi dari perusahaan rekaman Nagaswara. Pengamat musik, Bens Leo menilai hal ini sangat disayangkan. Apalagi pemilik karaoke adalah seorang seniman dan penyanyi juga.


"Sebenarnya ini warning aja. Seharusnya rekan-rekan artis (pemilik bisnis karaoke) sadar bahwa mereka mengeksploitasi karya teman," ujar Bens ditemui di Grand Indonesia, Rabu (13/8).


Bens Leo sayangkan kisruh bisnis karaoke ©KapanLagi.comBens Leo sayangkan kisruh bisnis karaoke ©KapanLagi.com


Lebih lanjut, Bens mengharapkan pemilik karaoke bisa menghargai musisi dan penyanyi dengan membayarkan royalti yang sudah diatur. Kabarnya, pula sudah banyak yang dirugikan oleh pelanggaran yang dilakukan bisnis karaoke Inul, namun hanya Nagaswara dan Harpa Records yang berani menggugat.


"Idealnya sih asosiasi karaoke ajak pemilik karaoke membayar royalti. Tapi mudah-mudahan dengan adanya teguran macam ini, suatu saat mereka lebih sadar. Jangan sampai jeruk makan jeruk," sesalnya.


Di Indonesia, para musisi dan penyanyi memang sedang merambah bisnis karaoke. Sebut saja Afgan, Rossa, Ahmad Dhani, Charly Van Houten dan Anang Hermansyah. Bens meminta mereka agar lebih peka lagi tentang hak musisi dan penyanyi.


"Apalagi kebetulan pemilik karaoke itu teman-teman artis. Mestinya kesadaran antara kerabat yang disentuhnya," tutup Bens.



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/dis/trn)

Editor:

Trian Sulaiman

Rekomendasi
Trending