Isi Soundtrack 'ATHIRAH', Endah N Rhesa: Sisi Lirik Lebih Puitis

Penulis: Risang Sudrajad

Diperbarui: Diterbitkan:

Isi Soundtrack 'ATHIRAH', Endah N Rhesa: Sisi Lirik Lebih Puitis Endah N Rhesa © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Duo suami istri Endah N Rhesa kembali terlibat di sebuah project soundtrack film. Pelantun tembang Liburan Indie itu kali ini didapuk untuk menggarap lagu berjudul Ruang Bahagia untuk film ATHIRAH. Endah yang menulis sendiri lirik lagu ini karena ia memiliki kedekatan dengan ibunya yang telah meninggal di tahun 2005 silam.

Endah tak menampik bila proses pembuatan lagu Ruang Bahagia ini cukup berat. Bahkan, ia mengaku sempat menangis saat membaca skenario dari film yang disutradarai oleh Riri Riza tersebut.

"Menerima tawarannya sih nggak berat. Bikinnya yang berat. Ternyata prosesnya berat. Saya pikir dengan menunggu tiga minggu itu siaplah. Pengin lebih sensitif. (Pembuatan lagu) sehari itu cukup melelahkan tapi puas. Lagu ini personal sekali. Tiga minggu tidak baca script sama sekali, saya nunggu satu hari khusus baca skenario dan langsung bikin (liriknya). Saya datang bulan terus baca naskahnya, satu hari jadi," ujar Endah saat ditemui di bilangan Epicentrum, Jakarta Selatan, Kamis (22/9).

"Saya nangis pas baca skenario. Rhesa harus menenangkan saya dulu. Terus tulisnya liriknya, ada lirik yang 'Jika Tuhan yang menghendaki jangan menolak atas semua hal yang telah terjadi'. Ketika saya tulisnya sepertinya itu yang paling kena dalam hati saya. Jadi memang cukup melelahkan," tambahnya.


Endah sempat menangis saat menulis lirik lagu Ruang Bahagia © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoEndah sempat menangis saat menulis lirik lagu Ruang Bahagia © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto




Endah juga menambahkan kalau lagu ini sangatlah puitis dalam sisi liriknya. Ia pun tak menampik kalau karakter lagu Ruang Bahagia akan terasa sangat berbeda jika dibandingkan dengan karya-karya Endah N Rhesa yang lain.

"Kalau dari sisi lirik lebih puitis. Menurut saya, sikapnya Bu Athirah itu sangat puitis sekali. Jadi mungkin karakter liriknya beda dengan lagu Endah n Rhesa lainnya," kata Endah.


Endah N Rhesa garap aransemen lagu Ruang Bahagia dengan sederhana namun tetap kuat © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoEndah N Rhesa garap aransemen lagu Ruang Bahagia dengan sederhana namun tetap kuat © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto




Ditambahkan Rhesa, mereka mencoba membuat aransemen lagunya dengan sederhana namun tetap kuat. "Kami pakai istilah meja makan dalam menyajikan cinta, menyeduh kisah. Kami pakai istilah itu untuk kami combine dengan rasa di liriknya. Endah bikin gitu kalau dari aransemen. Athirah itu bukan ibu yang macem-macem. Dia cuma ibu biasa sederhana. Jadi kami bikin melodi yang sederhana tapi kuat," kata Rhesa.

Secara garis besar, film ATHIRAH berkisah tentang perjuangan hidup dari Ibunda Wakil Presiden Indonesia saat ini Jusuf Kalla. Film ini rencananya akan mulai dirilis 29 September 2016 mendatang.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/abl)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending