Fakta Yang Harus Kamu Tahu di Balik Sukses Novita Dewi

Penulis: Adhib Mujaddid

Diperbarui: Diterbitkan:

Fakta Yang Harus Kamu Tahu di Balik Sukses Novita Dewi
Novita Dewi @foto: KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Nama Novita Dewi Marpaung atau Novita Dewi mulai dikenal oleh khalayak ketika dirinya menjadi juara kedua dalam ajang X Factor Indonesia pertama pada 2013 lalu. Novita sebenarnya bukan wajah baru di industri musik Indonesia. Dirinya sempat bergabung dengan sebuah label dan menelurkan sebuah single.

Banyak cerita seru di balik kesuksesan wanita kelahiran 15 November 1978 itu. Beruntung, Novita mau berbagi cerita serunya tersebut dengan KapanLagi.com®. Mulai dari kisahnya yang menjalani karir menjadi penyanyi cafe hingga dirinya yang sempat tinggal di sebuah rumah berhantu.

Bahkan, Novita sebenarnya pernah ikut audisi di kontes X Factor Amerika Serikat. Sayang, saat itu kiprah Novita di audisi X Factor Amerika Serikat harus terhenti karena terkendala soal kewarganegaraan.

Mantan vokalis Boomerang, Roy Jeconiah lah yang membukakan jalan Novita untuk ikut X Factor Indonesia. Benar saja, di ajang tersebut Novita akhirnya bersinar. Meski tidak menjadi juara, namanya kini menjadi salah satu penyanyi wanita di Indonesia yang patut diperhitungkan.

1. Dapat Larangan Dari Sang Ayah

Karir tarik suara Novita Dewi benar-benar penuh cobaan sejak awal. Saat belia, izin dari Sang Ayah adalah sesuatu yang sangat ia nantikan. Izin itu tak juga turun karena Novita dianggap belum berada di usia yang tepat untuk memulai karirnya.

"Papiku dulu tidak pernah mengizinkan aku untuk ikut festival. Papi tahu aku punya talenta buat bernyanyi. Dia pengen aku terjun ke profesional pada saat umur yang tepat. Akhirnya kelas 2 SMA aku ikut lomba nyanyi di sebuah stasiun televisi," ujarnya.

Keyakinan dan kemauan keras Novita berlahan mulai berbuah manis. Beberapa kali ia menjadi juara di ajang yang diikutinya. Sayang, lagi-lagi ia harus terbentur masalah. Keluarga Novita sempat terbentur masalah ekonomi sehingga langkahnya kembali terhenti.

"Di situ aku juara dua. Itu udah bersyukur. Tamat SMA aku ikut Asia Bagus tahun 1998 dan aku dapat Weekly Champion dua kali. Dari situ aku ketemu teman-teman kafe. Mereka saranin aku untuk nyanyi di cafe. Tapi papiku melarang aku. Waktu itu papi memang masih punya uang sebelum akhirnya kami alami kemiskinan. Akhirnya aku berhenti jadi penyanyi cafe. Padahal waktu itu aku mau dipanggil untuk main di Batam dan Hong Kong. Kalau di Batam per bulan tujuh juta, kalau Hong Kong sepuluh juta," kenang Novita.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bayaran Kecil

Bila kamu ingin mengikuti jejak Novita, satu yang patut dicatat adalah jangan mengharapkan pendapat lebih di awal karir. Jangankan mengantongi ratusan ribu dan dibayar tunai, pada awal karir kekasih Alex Rudiart ini harus terima saat upahnya diberikan secara berkala.

"Dulu aku pernah acara RT atau RW gitu, bayarnya 17.500 rupiah, dicicil lagi. Sebelum nyanyi dikasih uang 7000 rupiah dulu. Habis nyanyi baru dikasih sisanya. Terus, akhirnya aku dipanggil terus buat main bayarannya 25 ribu. Kalau cafe paling tinggi aku dibayar 200 ribu," ungkapnya.

Satu pelajaran yang sangat penting dari Novita. Semua mimpi bisa diraih bila dikejar dengan ketekunan dan kesabaran. Mau mengikuti jejak Novita?

3. Tinggal di Rumah Berhantu.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, keluarga Novita sempat mengalami kesulitan ekonomi. Tentu sedikit banyak ini turut mengganjal langkah Novita untuk meraih mimpinya menjadi penyanyi profesional.

Tepat usai mengalami guncangan ekonomi, keluarga Novita memutuskan untuk pindah rumah. Apes, walau mendapatkan rumah berukuran besar, Novita sekeluarga harus rela hidup tak nyaman karena ketakutan.

"Pas aku kuliah, keluarga kami mengalami kebangkrutan. Pindah rumah yang besar banget tapi murah. Nggak tahunya di situ adalah rumah setan. Aku awalnya nggak takut, tapi karena adikku sempat melihat sosok, jadinya kepikiran juga. Rumahnya di daerah Bekasi. Tetangga yang di situ juga bilang dari awal mau kasih tahu aku soal rumah berhantu itu," cetusnya.

4. X Factor Amerika Serikat.

Salah satu puncak karir Novita adalah saat ia unjuk gigi di audisi X Factor Amerika. Uniknya momen itu ternyata bertepatan dengan proses pembuatan album penyanyi handal Indonesia lainnya, Agnes Monica.

"Kebetulan waktu itu dipanggil nyanyi sama KBRI tahun 2011 di Amerika. Terus berbarengan tuh sama Agnes Monica yang lagi bikin album terus nyanyi lah aku di situ. Pas di KBRI ada pendaftaran X-Factor pas aku lihat emang orang Indonesia bisa, bisa kata dia ya udah aku ikut," ujar wanita yang pernah merilis album pada tahun 2008 silam ini.

Novita jelas tak akan melupakan pengalaman tersebut. Apalagi ia justru mengira X Factor bukanlah ajang adu suara, melainkan lomba adu kekuatan. Langkah Novita sebenarnya cukup mulus sebelum terganjal salah satu syarat yang harus ia penuhi, yakni social security number.

"Sebelumnya aku tidak tahu kalau X Factor itu adalah lomba menyanyi. Aku pikir X Factor itu lomba kekuatan. Terus aku ikutin dong daftar di internet waktu itu di LA datanglah berjam-jam luar biasa antrinya. Akhirnya, aku lolos ke tahap berikutnya, Tapi harus mengisi form berikutnya dengan keterangan-keterangan lainnya. Pas harus isi social security number aku gak punya," ungkap Novita dengan suara seraknya yang khas.

"Di situ aku sempat nelpon Mamah. Aku bisa lanjut sebenarnya tapi harus bayar. Kalau kata Mamah sih aku diminta lanjut, soal bayaran berapa urusan Mamah. Tapi singkat cerita aku memilih untuk pulang ke Indonesia sambil berharap ada X Factor di Indonesia.

5. Andil Roy Jeconiah

Bila ada satu sosok yang paling berperan di balik sukses Novita menjadi runner up X Factor, dia adalah Roy Jeconiah. Mantan vokalis Boomerang inilah yang menyarankan dan mendukung penuh Novita agar mengikuti ajang adu bakat di Tanah Air.

Roy, punya andil besar @foto: KapanLagi.com®

"Waktu itu lagi nyanyi di Semarang bareng Bang Roy Jeconiah mantan vokalis Boomerang. Tadinya ia menyarankan aku ikut Indonesian Idol, tapi umurku waktu itu sudah tidak bisa ikut. Ternyata, pas aku lagi benar-benar capek, Bang Roy bilang kalau ada temennya jadi Produser X Factor," tandas putri penyanyi senior Jack Marpaung ini.

"Kalau nggak ada Bang Roy aku nggak akan ikutan X Factor. Karena aku sebenarnya harus ikut ke Bangkok untuk nyanyi. Akhirnya, bang Roy nelpon produsernya dan aku bisa ikut. Ngantrinya cuma 20 orang karena aku masuk di special hunt," kata Novita sambil tersenyum.

6. Rengkuh Sukses

Seluruh perjuangan Novita selama bertahun-tahun akhirnya berbuah manis. Aksinya di X Factor Indonesia banyak menuai pujian, tak jarang ia mendapatkan standing ovation dari para juri. Ia dianggap sebagai penyanyi berteknik tinggi dan powerful.

Sayangnya langkah mulus Novita harus terhenti di babak final. Ia harus mengakui keunggulan kontestan hebat lainnya, Fatin Shidqia. Saat itu jumlah SMS pemirsa yang menjadi parameter keputusan mengantarkan Fatin sebagai jawara, Novita harus rela menjadi yang kedua.

Uniknya, akhir 2013 lalu Fatin secara terang-terangan mengakui bahwa Novita lebih pantas menerima predikat juara. "Harusnya Kak Dewi yang pantas menerimanya. Bagiku, berhasil masuk sebagai dua besar X Factor Indonesia saja sudah prestasi yang luar biasa," ucap Fatin kala itu.

Saat ini Novita tengah sibuk mempersiapkan album barunya yang sedang dalam tahap finishing. Sebagai langkah awal, Novita baru saja merilis single baru bertajukKu Menangis Kau Tertawa.

Sebuah langkah manis dan inspiratif dari Novita Dewi. Semoga bisa menjadi pelecut bagi kita semua untuk meraih impian.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/pur/adb)

Reporter:

Mathias Purwanto

Rekomendasi
Trending