Dipengaruhi Ahmad Dhani, Dul Buntuti Iwan Fals?

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

Dipengaruhi Ahmad Dhani, Dul Buntuti Iwan Fals? Abdul Qodir Jaelani ©KapanLagi.com/Budi Santoso
Kapanlagi.com - Keberanian Ahmad Abdul Qodir Jaelani alias Dul dengan melantunkan lagu Negara Kacung yang juga diunggah ke Youtube menuai beragam pendapat. Pasalnya isi lagu tersebut sarat dengan kritikan pada pemerintahan negeri sendiri.


Pengamat musik, Bens Leo yang dimintai komentar tentang ini menyatakan bahwa ada campur tangan dari ayah Dul, Ahmad Dhani. Apalagi isi yang dituangkan penuh dengan kritikan tajam.


"Yang harus diarahkan, apakah lagu itu tulisan Ahmad Dhani atau Dul, kritiknya harus diperhalus sedikit," sambungnya.


Bens menilai usia Dul yang masih remaja sangat mempengaruhi karya yang dibuatnya. Dibandingkan dengan karya Iwan Fals, Dul harus belajar banyak lagi. Namun Bens angkat topi, Dul bisa menginspirasi anak remaja seusianya untuk berkarya.


"Misalnya lagu Iwan Fals kayak Bongkar, itu enak dinikmati. Kalau ini, masih ke mana-mana," imbuhnya melalui sambungan telepon.


Bongkar, Lagu protes paling digemari ©KapanLagi.comBongkar, Lagu protes paling digemari ©KapanLagi.com


Hampir sama dengan lagu sebelumnya, Dul baru saja mengunggah lagu berjudul Ular Hitam di video Instagram. Jika Dul terus mengangkat tema kritik sosial dan situasi negeri sendiri dalam tema lagunya maka diperkirakan anak pasangan Ahmad Dhani dan Maia Estianty ini akan mengikuti jejak Iwan Fals. Apalagi Ular Hitam dibuat dengan gitar akustik bernuansa Blues.


"Kalau tema sejenis, berarti mengarah pada lagu-lagu kayak Iwan Fals yang mengarah ke kemanusiaan. Saya kira Dul akan mengarah ke sana," terang pengamat music itu.


Diakuinya, kepekaan Dul terhadap lagu-lagu bertemakan kritik sosial dipengaruhi sejumlah faktor. Meskipun belum mendengarkan lagu terbaru Dul yang berjudul Ular Hitam secara penuh, Bens tetap yakin lagu tersebut masih seperti lagu sebelumnya Negara Kacung.


"Pasti pengaruh di sekitar Ahmad Dhani. Dia lihat di TV juga. Saya yakin tangan Ahmad Dhani terlibat dalam lagu-lagu tersebut. Saya belum dengar lagu Ular Hitam. Kalau mengarah pada kritik sosial, ini mungkin (lagu) protes keras,” sambungnya, Senin (11/8) malam.


Kendati demikian, lagu dengan tema kritik sosial pada pemerintahan ini bukan tanpa pro kontra mengingat Dul pernah berurusan dengan hukum lantaran kecelakaan di tol. "Sebetulnya itu keputusan tetap pengadilan sehingga dia dapat bebas berekspresi," pungkas Bens.


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/dis/trn)

Editor:

Trian Sulaiman

Rekomendasi
Trending