Aduh! Cakra Khan Kena Dampak Kabut Asap Sumatera

Penulis: Girindra Permana Cahya

Diperbarui: Diterbitkan:

Aduh! Cakra Khan Kena Dampak Kabut Asap Sumatera Cakra Khan © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Kabut asap akibat terbakarnya hutan dan lahan pertanian/perkebunan dari rakyat di Pulau Sumatera dan Kalimantan berdampak pada musisi bersuara khas, Cakra Khan. Tebalnya asap yang menyebabkan terbatasnya pengelihatan membuat banyak penerbangan harus dibatalkan, salah satunya adalah jadwalnya ke Singapura.


"Beberapa waktu lalu ada penerbangan ke sana, tapi karena ada kabut asap jadi di-cancel. Jadwal kegiatan di sana harus di-reschedule, kan takut juga. Semoga ini bukan hanya saya aja, akibat dari kabut asap ini kan dirasakan masyarakat sekitar juga," kata Cakra saat ditemui di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (17/9).


Pelantun lagu Harus Terpisah itu prihatin dengan kondisi yang dialami oleh Indonesia tersebut. Ia sangat menyayangkan gerak pemerintah yang kurang tanggap dengan permasalahan yang menimpa Tanah Air ini.


Cakra Khan takut untuk terbang ke luar negeri karena kabut asap © KapanLagi.com®/Budy SantosoCakra Khan takut untuk terbang ke luar negeri karena kabut asap © KapanLagi.com®/Budy Santoso


Cakra juga menginginkan semua pelaku perusak ekosistem ditangkap dan dihukum dengan berat agar jera. Menurutnya kondisi ini sangat merusak alam pun dengan masyarakatnya.


Saat ditanya tentang siapa yang patut disalahkan dalam kondisi ini Cakra mengatakan, "Pastinya ini dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Balik lagi sih ke andil pemerintah mengantisipasi hal seperti ini. Hutan yang dibakar kan gak sedikit, udah menyebar juga, jadi pemerintah seharusnya segera bertindak menangani pembakaran hutan ini."


Akibat kondisi angin yang bertiup dari selatan menuju utara, kabut ini menyebar hingga negara lain seperti Singapura dan Malaysia yang posisinya di bagian utara Indonesia. Ketika ditanya pendapatnya tentang hal ini, cowok berusia 23 tahun ini mengatakan sangat malu kepada dua negara tetangga itu.


"Takut pasti, malu juga. Ini keteledoran kita juga sih yang tidak menjaga hutan kita. Pembalakan hutan sampai pembakaran lahan ini cukup bikin malu kita juga," pungkas Cakra.



(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/otx)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi

Rekomendasi
Trending