8 Lagu Piala Dunia Terpopuler, Mana Yang Kamu Suka?

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

8 Lagu Piala Dunia Terpopuler, Mana Yang Kamu Suka?
Pitbull - Jennifer Lopez ©splash
Kapanlagi.com - Semua orang pasti akan berpesta selama satu bulan ini. Yup, soalnya bulan ini ada Piala Dunia Brasil 2014. Aksi pesepakbola  dunia dan pertandingan seru setiap hari selama sebulan penuh membuat kita larut dalam suka cita, meski yang berlaga di sana bukan Indonesia.


Kemeriahan lainnya, gelaran 4 tahunan itu tidak pernah pas kalau tidak menghadirkan musik tema Piala Dunia. Sejak 1962, FIFA menyajikan musik tema setiap kali Piala Dunia digelar. Lagu tersebut dihadirkan untuk menggaungkan demam Piala Dunia kepada semua orang. Tidak ketinggalan, lagu tersebut dinyanyikan oleh bintang musik ternama. Wah seru!


Nah, lagu tema Piala Dunia itu ternyata begitu populer lho. Buktinya, lagu tersebut bisa masuk chart dan jadi jawara untuk beberapa waktu. Ada juga lagunya yang sangat lekat, sampai-sampai masih diputar sampai sekarang. Lagu apa saja itu? Sip! Yuk langsung baca di sini artikelnya.

1. World in Motion

New Order, band synthpop asal Inggris paling diperhitungkan di dunia ini pernah merilis sebuah single untuk Piala Dunia. Lagu tersebut jadi penyemangat bagi tim Inggris saat berlaga di Piala Dunia 1990.

Lagu World in Motion memang jadi bagian kampanye timnas Inggris selama gelaran Piala Dunia yang dihelat di Italia. Selain lagunya yang asyik dan secara musik sesuai dengan tren saat itu, New Order juga berkolaborasi dengan salah satu pemain sepakbola Inggris. Bernard Sumner mengajak pemain sayap Inggris John Barnes mempertontonkan aksi rapnya.

Meski Inggris akhirnya harus kalah di babak semifinal, namun New Order tetap tersenyum. Single World in Motion laris di Inggris dengan bercokol di puncak tangga lagu.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Celebrated The Day

Apa yang paling kalian ingat dari Piala Dunia 2006 di Jerman? Yup, Italia juara untuk keempat kalinya. Selain itu, aksi Zinedine Zidane yang mananduk Marco Materrazi.

Nah, yang tidak terlupakan adalah lagu official FIFA Piala Dunia. Kali ini, Jerman mempercayakan lagu tema dinyanyikan oleh Herbert Gronemeyer, Armadou Bagayoko dan Mariam Doumbia. Lagu tersebut diberi judul Celebrate The Day.

Lagu Celebrate The Day ini memiliki musik yang seru karena ada unsur musik khas Jerman. Selain itu, chorus lagu ini anthemic dan sangat cocok dinyanyikan untuk merayakan kemenangan. Sampai kini, lagu ini masih tetap asyik untuk didengarkan. Simak di sini.

 

3. The Time Of Our Lives

Selain Celebrate The Day, di Piala Dunia 2006 juga memasukkan nama Ill Divo dan Toni Braxton. Lagu yang dinyanyikan oleh mereka adalah The Times of Our Lives.

Menariknya, lagu ini berbeda dari lagu Piala Dunia manapun. Soalnya, dikemas dalam nuansa musik orkestra yang elegan. Biasanya, lagu Piala Dunia mengusung musik pop enerjik sebagai sumbu penyemangat selama gelaran berlangsung.

Toni Braxton ©facebook.com/tonibraxton

Meski lagunya kalem, namun jangan salah, semua orang sangat menyukai single satu ini. Sejak dirilis di Eropa, lagu ini langsung memuncaki chart di Swiss, dan masuk top 20 di Jerman dan Norwegia serta beberapa negara lainnya. FIFA memasukkan single Ill Divo dan Toni Braxton ini ke dalam album VOICE FROM THE FIFA WORLD CUP.

Aksi Ill DIVO dan Toni Braxton lewat suara emas mereka berhasil memukau para penggila bola. Mereka tampil di perayaan pembukaan Piala Dunia 2006 di ALLIANZ Arena, markas tim raksasa Jerman, Bayern Munchen.

 

4. Boom

Boom dipilih oleh FIFA untuk jadi lagu official Piala Dunia tahun 2002. Lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi Best Selling Amerika bernama Anastacia. Suara khas Anastacia membuat lagu ini mudah digemari.

Piala Dunia 2002 sendiri jadi catatan sejarah. Untuk pertama kalinya, festival sepak bola empat tahunan itu gelar di Asia. Yup, Piala Dunia saat itu digelar di Jepang dan Korea Selatan. Brasil berhasil keluar jadi pemenang pada tahun tersebut.

Single Boom sendiri dirilis di Eropa, Australia dan Asia. Popularitas Anastacias berhasil mendudukkan lagu ini di tangga lagu populer. Ia memasukkan single ini di collector edition album tersukesnya, FREAK OF NATURE.

 

5. Waka Waka (This Time For Africa)

Beralih pada tahun 2010 lalu, Shakira tampil di Piala Dunia Afrika Selatan membawakan lagu Waka Waka (This Time For Africa). Lagu ini masih membekas di ingatan semua orang karena musiknya yang unik dan catchy.

Yup! Dalam single ini Shakira memasukkan unsur musik Afrika dalam kompisisi lagunya. Penyanyi seksi asal Kolombia itu berkolaborasi dengan band asal Afrika, Freshlyground.

Lagu Waka Waka juga dianggap sebagai lagu tema Piala Dunia tersukses sepanjang masa. Secara komersil, lagu tersebut meraup keuntungan yang fantastis untuk sebuah lagu Piala Dunia. Berdasarkan catatan Nielsen Soundscan, single Waka Waka terjual sebanyak 10 juta digital copy.

Satu yang pasti, selama gelaran Piala Dunia 2010, lagu Waka Waka terdengar di mana-mana. Single ini mendapatkan posisi paling puncak di tangga lagu berbagai negara, seperti; Spanyol, Jerman, Italia, Prancis dan European Hot 100 singles.

 

 

 

6. Copa de la Vida

Lagu Copa De La Vida sukses meroketkan nama Ricky Martin sebagai seorang penyanyi pop Latin. Yup, lagu itu adalah theme song Piala Dunia pada tahun 1998 yang digelar di Prancis.

Lagu yang memiliki judul versi Inggris The Cup of Life ini berhasil mendunia. Demam lagu itu terlihat ketika nama Ricky Martin merajai chart di berbagai negara, enggak terkecuali di Indonesia.

Istimewanya lagi, Ricky tidak hanya menyanyikan lagu ini untuk Piala Dunia tetapi juga untuk Grammy Awards. Ia tampil digelaran penghargaan musik paling bergengsi itu sebagai pengisi acara dan membawakan lagu Copa De La Vida yang diakhiri standing ovation. Penampilan tersebut dianggap fenomenal karena mampu mengenalkan genre Latin pop ke seluruh dunia.

 

7. We Are One (Ole Ola)

Official theme song Piala Dunia Brasil 2014 akhirnya jatuh ke tangan Pitbull dan Jennifer Lopez serta Claudia Leitte. Lewat lagu Ole Ola (We Are One), Pitbull dan Jennifer menyajikan musik penuh semangat.

Sayangnya, lagu tema Piala Dunia kali ini penuh kritikan tajam. Salah seorang jurnalis musik asal Brasil mengatakan lagu We Are One dianggap tidak cocok jadi lagu resmi Piala Dunia Brasil karena kurang bermutu.

"Yang tidak aku sukai dari musiknya karena tidak bermutu, membosankan, dan terlalu pop. Hal itu memalukan karena Brasil kaya akan musik tradisionalnya," ujar Gaia Passarelli dikutip dari Fox News.

Tantangan terbesar single We Are One tentu saja karena masyarakat  sudah familiar dengan single mega hit Waka Waka milik Shakira. Alhasil, para fans berharap Shakira lah yang harusnya dipilih FIFA untuk menyanyikan lagu Piala Dunia Brasil.

 

8. Dare (La La La)

Shakira boleh saja tidak terpilih menyanyikan lagu utama Piala Dunia Brasil 2014. Namun bukan berarti istri dari Gerard Pique itu tak bisa ikut memiliki single hits di Piala Dunia kali ini.

Lagu Piala Dunia Shakira tahun ini adalah Dare. Lagu ini sendiri sebelumnya adalah single terbaru dari Shakira. Setelah berkolaborasi dengan Carlinhos Brown, judul lagunya pun diubah jadi La La La (Brazil 2014).

Video klip single ini cukup menarik untuk disimak. Soalnya banyak bintang Sepak bola dunia yang ikut ambil bagian. Contohnya para punggawa Barcelona berdarah Latin, Lionel Messi, Neymar, Gerard Pique dan Cesc Fabregas. Selain itu, Sergio Aguero, Eric Abidal dan Radamer Falcao juga muncul di klip tersebut.

Meski bukan lagu utama, namun kepopuleran single ini bisa melebihi single Pitbull dan Jennifer Lopez yang menyanyikan We Are One. Terbukti banyak fans yang lebih menyukai lagu ini daripada lagu resmi Piala Dunia. Nah bagaimana dengan kalian? Mana lagu Piala Dunia yang kalian suka?

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/trn)

Editor:

Trian Sulaiman

Rekomendasi
Trending