6 Momen Memorable Dari Grand Final Indonesian Idol 2014

Penulis: Trian Sulaiman

Diperbarui: Diterbitkan:

6 Momen Memorable Dari Grand Final Indonesian Idol 2014
Nowela dan Husein ©KapanLagi.com®/BambangERoss
Kapanlagi.com - Tahap demi tahap telah dilalui para kontestan Indonesian Idol 2014. Berbagai momen tersaji diiringi para kontestan yang tiap minggunya tereleminasi. Tidak terasa, kini malam puncak telah menyisakan dua orang finalis.


Panggung grand final Indonesian Idol pun semakin seru. Soalnya, di atas panggung menampilkan persaingan ketat dua orang finalis berbeda karakter serta latar belakang. Nowela dengan karakter vokal kasar sekaligus powerful akan berduel dengan seorang penyanyi metal keturunan Arab, Husein.


Siapapun yang menang, keduanya telah menciptakan sejarah baru di ajang pencarian bakat berlisensi milik Fremantle Media ini. Nowela akan jadi juara Indonesian Idol pertama dari Papua. Sedangkan Husein adalah penyanyi metal dan arab pertama yang berhasil menembus final Indonesian Idol dan akan semakin fenomenal ketika keluar sebagai juara.


Tidak heran, keduanya tampil habis-habisan untuk berusaha meyakinkan Indonesia sebagai The Next Idol. Selain penampilan luar biasa dari para kontestan, tadi malam juga banyak terjadi momen-momen yang sayang dilewatkan begitu saja.  Penasaran? Yuk lihat langsung simak di sini.

1. Gelegar Indonesian Idol All Star

Kemeriahan final Indonesian Idol 2014 tidak akan terwujud tanpa kehadiran Indonesian Idol All Star. Ihsan, Dirly, Regina, Gisel, Delon, Judika, Rini, Citra Scholastika dan Sean menunjukkan kelasnya sebagai penyanyi berpredikat juara Idol. Penampilan mereka begitu megah kala membawakan lagu epik Bohemian Rhapsody dari Queen.

Citra ikut meriahkan final Idol 2014 ©KapanLagi.com®

Setelan jas dan gaun yang indah membalut tubuh para bintang Indonesian Idol malam itu. Terlebih kualitas vokal yang luar biasa mampu 'memecahkan' panggung final Indonesian Idol. Pantas saja, gedung Hall D JIExpo Kemayoran dibuat bergemuruh oleh aksi Indonesian All Star.

Setelah Indonesian All Star, para penonton kemudian disuguhkan duel sang finalis. Nowela dan Husein bernyanyi bergantian membawakan medley lagu-lagu yang telah membawa mereka ke final. Aksi tersebut adalah gong dimulainya persaingan spektakuler dua calon idola Indonesia.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Nowela Mirip Mulan Jameela

Didaulat jadi penampil pertama, aksi Nowela mampu mencuri mata dan hati Ahmad Dhani. "Malam ini kamu pede sekali, mungkin karena gaunnya yang seksi," ucap Dhani kepada Nowela di Hall D JIEXPO, Kemayoran, Jumat (16/5).

Di mata Dhani, penampilan seksi Nowela sangat mirip dengan pelantun Makhluk Tuhan Paling Seksi. "Body language kamu ingatkan saya sama penyanyi Indonesia, Mulan Jameela," tambah ayah dari Al, El dan Dul itu.

Mulan Jameela mirip Nowela? ©KapanLagi.com®

Rupanya, Ahmad Dhani begitu terkesima dengan gestur panggung Nowela. Ini bukan yang pertama Dhani memuji kemolekan tubuh Nowela. Sebelumnya, Dhani memuji aksi seksi Nowela saat menyanyikan Rude Boy, yang merupakan lagu milik Rihanna. Sedangkan tadi malam, lagu Only Girl (In The World) dari Rihanna kembali membuat mata Dhani tidak berkedip.

3. Khayalan Tingkat Tinggi dan Fans dari Arab Saudi

Husein mengemas lagu Khayalan Tingkat Tinggi milik Peter Pan jadi seperti lagunya. Nada-nada tinggi yang melengking berpadu dengan cengkok Arab yang kental menyihir mata dan telinga penonton, baik yang menyaksikan Indonesian Idol secara live di JIExpo Jakarta atau lewat layar kaca.

Husein all out di final ©KapanLagi.com®/BambangERoss

Hanya saja, penampilan tersebut seakan ternoda dengan komentar Tantri. Vokalis Kotak itu mengkritik kalau Husein harus memperhatikan lagi pitch control di atas panggung. Suaranya beberapa kali terdengar fals saat melahap nada di beberapa bagian.

Meski begitu, Husein masih bisa tersenyum lebar. Pasalnya, ada seorang fans yang rela datang dari Arab Saudi untuk sekadar menonton Husein. Penggemar perempuan itu jatuh cinta dengan penampilan Husein ketika ia tidak sengaja melihatnya di acara Arabic Idol melalui Youtube.

4. Duet Powerful Nowela-Judika

Apa jadinya kalau suara tenor khas Judika beradu tinggi dengan vokal powerful milik Nowela? Yang terjadi adalah pemandangan yang sangat epik dan sempurna.

Saking totalitasnya berada di atas panggung, Nowela sempat hampir terjatuh. Pasalnya, gaun panjang Nowela membuatnya sedikit kehilangan keseimbangan. Beruntung Nowela bisa mengatasi hal tersebut dan tampil profesional.

"Kamu sama sekali tidak terganggu, kamu tetap profesional," ucap Titi DJ.

Judika, teman duet Nowela ©KapanLagi.com®

Selain itu, duet Nowela dan Judika menuai pujian dari juri lainnya. Para juri melihat penyanyi bernama lengkap Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay tersebut mampu mengimbangi vokal khas Judika. Seperti yang diungkapkan oleh Tantri dan Ahmad Dhani berikut ini.

"Kamu bisa mengimbangi Judika. Kamu sama suara Judika power banget," ucap vokalis Kotak itu. "Kalian penyanyi yang punya power," tambah Dhani.

5. Husein Pinang Rossa Dengan Berlian 4 Miliar

Membawakan lagu Kupinang Kau Dengan Bismillah, Rossa dan Husein seakan 'kawin' di atas panggung. Husein mampu menyisihkan sejenak vokal Pasha Ungu, yang merupakan teman duet Rossa di single ini.

Chemistry yang kuat mampu menyatukan dua karakter vokal berbeda. Husein yang dikenal sebagai Metal Arabian itu bisa mengimbangi vokal merdu milik Rossa. Husein membuktikan kalau dirinya bisa bernyanyi lagu pop sama baiknya seperti lagu-lagu rock dan metal yang biasa ia bawakan.

Pinang Husein di atas panggung Idol ©KapanLagi.com®

Yang menarik, untuk tampil di final Indonesian Idol, Rossa rela memakai perhiasan berlian seharga 4 miliar rupiah. Berlian itu disematkan di atas kepala Ocha, sapaan akrab penyanyi mungil tersebut. Yang membuat penampilan Rossa menyerupai ratu Mesir cantik, Cleopatra.

6. Lagu Kemenangan Husein Lebih Baik Dari Nowela

Sebagai tradisi, lagu kemenangan adalah momen yang penting di Indonesian Idol. Para calon juara akan menjajal kemampuan dan kualitas serta popularitasnya menyanyikan lagu baru yang belum dirilis sebelumnya. Lagu kemenangan ini akan jadi single pertama siapapun penyanyi yang berhasil keluar sebagai juara.

Tadi malam, lagu berjudul Membawa Cinta diperebutkan oleh Nowela dan Husein sebagai lagu kemenangan. Dengan karakter mereka yang unik, keduanya mencoba meyakinkan penonton kalau lagu ini layak mereka jadikan single nantinya.

Dinilai akan jadi bintang yang menjual ©KapanLagi.com®

Penyanyi berkulit hitam manis yang semula hanya penyanyi cafe ini melahap semua nada lagu dengan mulus. Karakter vokal Nowela diprediksi akan membawa lagu ciptaan Harry Budiman ini mendulang sukses. "Saya bisa mencium aroma kesuksesan 1 juta copy," ujar Titi DJ di Hall D JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu dini hari (17/5).

Pujian yang didapat Nowela membuat kuping Husein panas. Penyanyi berkepala plontoss keturunan Arab tersebut jadi semakin termotivasi untuk tampil maksimal. Hasilnya, para juri lebih menyukai dan mengakui lagu Membawa Cinta versi Husein lebih cocok jadi lagu kemenangan.

"Karakter kamu kuat sekali di lagu ini," buka Anang. "Saya yakin yang menciptakan lagu ini bukan rockers tapi kamu berhasil membawakan lagu ini jadi rock," tambah Dhani. Di akhir segment, para juri kompak memilih Husein sebagai performer yang tampil lebih baik kali ini.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/trn)

Editor:

Trian Sulaiman

Rekomendasi
Trending