5 Lagu Yang Harus Disensor Oleh Radio Karena Terlalu....

Penulis: Adhib Mujaddid

Diperbarui: Diterbitkan:

5 Lagu Yang Harus Disensor Oleh Radio Karena Terlalu....
Lagu Yang Harus Disensor
Kapanlagi.com - Jika sudah memutuskan terjun ke dunia musik mainstream, pastikan kamu sudah menulis lirik dengan hati-hati. Sebab beberapa media tak segan untuk menyensornya sehingga kamu harus menyiapkan lirik pengganti.


Beberapa lagu berikut ini merupakan contoh 'korban' penyensoran. Bahkan Taylor Swift pun pernah merasakannya. Lagu apa saja? Mengapa harus disensor? Simak ulasannya berikut ni.


 

1. Baggage Claim - Miranda Lambert

Baggage Claim adalah lagu milik Miranda Lambert rilisan Agustus 2011 yang merupakan single perdana dari album FOUR THE END. Walaupun cukup populer saat itu, lagu ini tetap mendapatkan sensoran dari pihak radio karena menyisipkan kata kasar di lirik.

Radio edit: "Come and get it!"
Original: "Come and get your s---!"

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. A Boy Named Sue - Johnny Cash

Sensor lagu dan lirik kasar ternyata sudah pernah terjadi pada lagu rilisan 1969, A Boy Named Sue milik Johnny Cash. Walaupun semua tahu Johnny adalah musisi hebat, tetap saja sensor harus ditegakkan. Terlebih lirik lagu ini memang terlalu kasar.

Radio edit: “I’m the son of a (bleep) that named you Sue!”
Original: “I’m the son of a b--- that named you Sue!”

3. Creepin - Eric Church

Tak selalu kalimat kasar yang disensor, segala yang berbau narkoba juga tak seenaknya bisa masuk radio. Salah satunya adalah lirik lagu Creepin dari Eric Church. Lirik lagu rilisan 2012 ini akhirnya disensor dan diganti karena menggunakan kata cocaine dan caffeine.

Radio edit: "Your caffeine kiss and nicotine love”
Original: "Your cocaine kiss and caffeine love”

4. Picture - Kid Rock (Feat. Sheryl Crow)

Masih seputar narkoba, lagi Picture milik Kid Rock yang berkolaborasi dengan Sheryl Crow juga mengalami nasib sama. Lagu yang dilucuncurkan pada tahun 2003 ini harus rela mendapatkan revisi dari pihak radio.

Radio edit: "Been fuelin' up on (bleep or blur) and whiskey”
Original: "Been fuelin' up on cocaine and whiskey"

5. Picture to Burn - Taylor Swift

Pro dan kontra tentang keberadaan gay atau penyuka sesama jenis terkadang menjadi topik yang sensitif. Bahkan radio-radio menganggap lirik lagu Picture to Burn milik Taylor Swift terlalu provokatif.

Radio edit: "So go and tell your friends that I'm obsessive and crazy / That's fine, you won't mind if I say ...”
Original: "So go and tell your friends that I'm obsessive and crazy / That's fine, I'll tell mine that you're gay!”


(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/adb)

Editor:

Adhib Mujaddid

Rekomendasi
Trending