Ed Sheeran: 'X', Album Eksperimen Lintas Genre Yang Memukau

Senin, 11 Agustus 2014 20:14 | 

Ed Sheeran

Ed Sheeran: 'X', Album Eksperimen Lintas Genre Yang Memukau
x - Ed Sheeran





KapanLagi.com - Masih ingat dengan debut album pertama Ed Sheeran + (baca: plus) yang rilis pada tahun 2011 silam? Lagu-lagu pop-folk serta suara yang khas di album ini sukses membuat Ed dikenal banyak orang. Seolah ingin membuktikan kesuksesannya, 23 Juni 2014 Ed kembali merilis album baru, X (baca: Multiply).

'Sing' dipilih Ed Sheeran sebagai single pertama dari album X .Sejak pertama kali rilis pada 7 April lalu, Sing langsung merajai tangga lagu di Inggris. Ed yang mengaku ngefans dengan musik RnB berkolaborasi dan bereksperimen dengan Pharrell William, alhasil terciptalah lagu ini. Sekilas, lagu ini bakal mengingatkan kita pada karya-karya yang pernah dinyanyikan Justin Timberlake.

X masih menawarkan nuansa yang hampir sama dengan album pertamanya, bahkan sejak track pertama. One menjadi pembuka yang manis di mana suara petikan gitar akustik dan vokal balad Ed Sheeran memanjakan telinga. Satu hal yang tak boleh dilupakan adalah kekuatan lirik yang ditulis Ed mampu membuat para pendengar luruh.

"And all my friends have gone to find
Another place to let their hearts collide
Just promise me, you’ll always be a friend
‘Cause you are the only one."

I'm A Mess langsung menanti di track kedua. Dalam lagu ini, Ed seolah menegaskan seolah ia sedang kacau luar dalam. Dikemas dengan konsep akustik di awal yang lama-lama temponya jadi cepat. Sebuah lagu melankolis yang terdengar tidak menye-menye, Ed patut diacungi jempol untuk lagu yang satu ini. "I'm A Mess, "Oh, I'm a mess right now Inside out," bunyi bait pertama lagu tersebut.

Track ketiga alias Sing menjadi ujung tombak perkenalan album X. Lagu hasil kolaborasinya dengan Pharrell Williams ini sukses memasukkan unsur hip hop, RnB dan juga funk. Gaya rap Ed Sheeran di lagu ini mengingatkan kita pada Jason Mraz, dan sesekali lengkingan vokalnya mirip dengan Justin Timberlake. Selain Sing. Williams juga membantu di lagu Runaway.

Banyak paduan genre @foto: splashnewsBanyak paduan genre @foto: splashnews

Disusul track keempat Don't yang berkisah tentang seorang pacar yang ternyata selingkuh dengan teman dekat Ed.  Kabarnya lagu ini dihubung-hubungkan dengan Ellie Goulding dan Taylor Swift. Tapi dengan lantang Ed membantah kalau lagu tersebut 100% tidak bercerita tentang Taylor Swift. Lagu ini hampir saja tidak masuk dalam setlist album karena sifatnya terlalu pribadi bagi Ed, tapi berkat campur tangan sang produser Rick Rubin dan Benny Blanco akhirnya masuk juga di album X.

Ditulis bersama Johnny McDaid, Ed Sheeran sedikit ngerap di track kelima berjudul Nina. Inti dari lagu ini adalah cerita gadis bernama Nina yang meminta untuk mengakhiri hubungan asmaranya. Selain di lagu Nina, McDain Snow Patrol juga ikut menulis lagu Photograph. Diiringi suara drum yang menggebu serta lirik yang punya makna mendalam. Photograph akan jadi lagu andalan untuk album X.

Rudimental dan Gary Lightbody Snow Patrol ikut campur tangan di track ketujuh berjudul 'Bloodstream'. Tak heran jika ada unsur elektronika dipadu dengan rock di lagu pop-folk Ed Sheeran ini. Liriknya sendiri bercerita tentang pengalaman Ed yang sedang 'teler' karena MDMA di sebuah pesta pernikahan temannya di Ibiza.

Lanjut track kedelapan, Tenerife Sea. Ed masih bermain-main dengan lagu ballad. Ed menulis lagu tersebut di acara Grammy Awards di tahun 2013. Selain ballad, Ed juga terdengar nge-soul di Thinking Out Loud. Seorang Justin Bieber pun pernah berkicau mengungkapkan kekagumannya pada lagu ini lewat akun Twitternya.  

Good job, Ed!Good job, Ed!

Sepertinya album X menjadi ajang eksperimen bagi Ed, terbukti di lagu The Man dan Take It Back ia juga mengeksplorasi kemampuannya sebagai rapper. Secara keseluruhan, materi di album X ini memang beragam. Tenang, Ed tak akan membiarkan albumnya keluar jalur.

Musik pop-folk yang jadi ciri khas Ed justru semakin berkembang dengan keanekaragaman aliran yang ia masukkan di albumnya. Album X versi Deluxe memuat 17 track lagu hasil karya Ed termasuk dua lagu untuk soundtrack film yaitu I See Fire (THE HOBBIT: THE DESOLATION OF SMAUG) dan All of the Stars (THE FAULT IN OUR STARS). Dengan durasi yang cukup panjang, tak perlu merasa khawatir telinga akan kelelahan mendengar satu album full ini karena Ed sudah meracik track by track dengan sangat pas.

Usia boleh masih muda (23), namun Ed seolah membuktikan bahwa dirinya adalah musisi yang mumpuni dan patut diperhitungkan. Well, good job, Ed!

Tracklist X 'Multiply'
1. One
2. I'm A Mess
3. Sing
4. Don't
5. Nina
6. Photograph
7. Bloodstream
8. Tenerife Sea
9. Runaway
10. The Man
11. Thinking Out Loud
12. Afire Love
13. Take It Back
14. Shirtsleeves
15. Even My Dad Does Sometimes
16. I See Fire
17. All Of The Stars

(kpl/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -