'THE WORLD', Misi Besar X-Japan Untuk Taklukkan Dunia

Sabtu, 25 Oktober 2014 21:01
'THE WORLD', Misi Besar X-Japan Untuk Taklukkan Dunia
X-Japan




KapanLagi.com - Tahun 1989 silam, band legendaris Jepang, X-Japan memulai debut mereka di label major. 25 tahun berlalu, ToshiYoshiki, Pata, Sugizo, dan Heath memberi sebuah hadiah spesial untuk fans mereka yang sudah menyebar di seluruh dunia.

Yup, sebuah labum greatest hits baru saja mereka rilis pada bulan Juni kemarin. Isinya adalah kumpulan single hits terbaik mereka sepanjang masa. Pada tulisan ini, kita bakal kupas habis seberapa epic sih album yang mereka gunakan untuk menaklukkan dunia ini..

Di lagu pertama ada judul Silent Jealousy, single andalan mereka yang dirilis pada tahun 1991 silam. Awalnya terdengar seperti lagu ballad dengan alunan piano yang penuh kegalauan, Toshi CS langsung menghentak dengan tempo cepat dan bertenaga mereka sepanjang lagu. Nice upbeat song for an opening!

Masih kurang bersemangat? lagu Rusty Nail di track berikutnya bakalan buat semangatmu terbakar lebih jauh. Hits berdurasi 5 menitan ini super ngebeat di sepanjang lagu dan punya suasana power metal khas berkat vokal melengking dari Toshi.

Scars, single andalan lain yang rilis tahun 1996 dan tergabung di album DAHLIA ada di daftar putar berikutnya. Setlist awal album ini sepertinya sengaja diisi dengan lagu-lagu yang bertempo tinggi dan cadas untuk mengajak para pendengar jingkrak-jingkrak, seperti Scars yang super bersemangat ini.

Di track ke-4, Yoshiki CS akhirnya mulai sedikit menurunkan tempo untuk kalian. Salah satu single andalan paling lawas mereka, Endless Rain siap membuat kalian terbuai di sini. "Lemme forget all of the hate, all of the sadness," salah satu penggalan chorusnya yang pasti sangat diingat para pecinta X-Japan.

Cover album 'THE WORLD'Cover album 'THE WORLD'

Setelah beristirahat sebentar, kita akan kembali dibuat bergoyang dengan track ngebeat lainnya, Week End. Single yang rilis tahun 1990 ini punya chorus yang tak kalah memorable-nya, plus petikan melodi super panjang dari Sugizo di tengah lagu makin menyempurnakan track satu ini.

Mengingat nama albumnya Greatest Hits, maka tak mungkin lagu Kurenai mereka lupakan dari daftar ini. Yup, single yang membuat nama mereka dikenal ini hadir di tengah-tengah album, tepatnya track ke-6. Seperti Silent Jealousy, awalnya kalian akan diajak untuk bergalau sejenak sebelum akhirnya dibawa menghentak dengan keras dan cepat.

Di lagu berikutnya, salah satu single andalan dari album DAHLIA kembali muncul. Judulnya Forever Love, sebuah alunan lagu ballad yang mendayu-dayu dan menyentuh hati terdalam.

Lagi-lagi lagu yang bertempo cepat dan cadas didapuk masuk pada deretan Greatest Hits ini, Dahlia. Single yang dirilis tahun 1996 ini memang dinilai sebagai salah favorit para fans karena punya rasa progressive metal yang cukup kental plus breakdown super ciamik di pertengahan lagu untuk menggoyang kepala pendengarnya.

Yoshiki, sang drummer, pianist, dan leader X-JapanYoshiki, sang drummer, pianist, dan leader X-Japan

Amethyst, sebuah komposisi instrument yang ditulis oleh Yoshiki. Kalian akan serasa dibawa masuk ke dalam alam mimpi ketika mendengarkan lagu yang didominasi oleh alunan biola dan piano bernada galau ini.

Setelah cukup bergalau ria, X-Japan mengajak kita untuk kembali jingkrak-jingkrak dengan lagu bertempo cepat khas mereka, X. Sepanjang lagu Yoshiki akan menggebuk gendang tekingamu dengan ketukan drum cepat nan bertenaganya, alunan distorsi gitar juga turut meramaikan track berdurasi ini. Melengkapi nuansa metal khas lawas, sang vokalis pamer suara melengkingnya sepanjang durasi.

Di track penutup ada sebuah alunan ballad yang lagi-lagi menyayat hati. Di sini hanya ada duet Yoshiki di piano dan Toshi di vokal tanpa instrumen lainnya. Track ini bisa dibilang spesial karena cuma ada versi live-nya dan pertama kali rilis dalam bentuk CD. Satu fakta lain, lagu ini merupakan sebuah tribute untuk mantan gitaris mereka, Hide, yang meninggal karena bunuh diri tahun 1998 silam.

Hide, gitaris legendaris yang meninggal di usia 33Hide, gitaris legendaris yang meninggal di usia 33

Secara keseluruhan, album ini benar-benar pas disebut dengan judul Greatest Hits untuk merayakan ultah ke-25 mereka sejak debut major. Kalian sudah punya CD-nya? Buruan beli sebelum kehabisan, atau kalian juga bisa dapetin lewat iTunes loh.

We Are X!

(kpl/gtr)



Lihat Arsip Musik

- - -