The Ting Tings: 'SOUNDS FROM NOWHERESVILLE', Kaya Inovasi

Rabu, 06 Juni 2012 13:04 | 

The Ting Tings

The Ting Tings: 'SOUNDS FROM NOWHERESVILLE', Kaya Inovasi
The Ting Tings




KapanLagi.com - Meski telah dirilis pada 2008 silam, namun gaung album WE STARTED NOTHING masih terus bergema. Single Great DJ masih sering terdengar baik dari televisi maupun mulut para fans The Ting Tings. Kini, di pertengahan tahun 2012, The Ting Tings kembali hadir dengan album keduanya, SOUNDS FROM NOWHERESVILLE.

Duo Manchester ini masih tetap tampil dengan ciri khasnya di album baru tersebut. Masih dengan bunyi-bunyian synthesizer dan sedikit sentuhan new wave. Hanya saja Katie White dan Jules de Martino tampil sedikit gelap dengan balutan musik ambient di lagu-lagu barunya.

Kesan gelap sudah bisa didapat di lagu pembuka album ini. Lewat lagu Silence, Katie terkesan cukup 'tersiksa' memainkan tempo lagu. Namun track ini sangat pantas dijadikan sebagai tembang pembuka di album berisi 10 lagu ini. Tempo sedikit lebih kencang tersaji di track kedua, Hit Me Down Sonny. Ciri khas The Ting Tings sangat menonjol di sini, nuansa elektro pop pun begitu jelas terasa.

Tempo lebih rancak dan enerjik ditampilkan The Ting Tings di lagu Hang It Up. Bahkan ada nuansa funk dan rock ala Red Hot Chili Peppers mereka tunjukkan. The Ting Tings tampak lebih kaya inovasi di lagu yang dijadikan single perdana tersebut.

2 track berikutnya, Give It Back dan Guggenheim, The Ting Tings menunjukkan bahwa mereka sebenarnya memiliki jiwa rock yang sangat kental. Dan pembuktian itu sebenarnya berjalan dengan baik, The Ting Tings mampu menampilkan rock yang impresif.

Fans The Ting Tings mungkin akan dibuat bertanya-tanya dengan lagu Soul Killing. Selain ada sedikit aroma reggae, di lagu ini ada secuil bagian yang akan mengingatkan pada salah satu track andalan Pink Floyd, Another Brick In The Wall. Bagian mana? Kami yakin anda akan menemukannya tanpa harus mendengarkan dengan seksama.

Aroma new wave yang agak gelap kembali dibawakan mereka pada track ketujuh, One By One. Suasana akan kembali segar ketika mendengarkan single berikutnya, Day To Day. The Ting Tings menyuguhkan track semi akustik untuk melengkapi kekayaan inovasi yang ada di album ini.

Nuansa musik pop terasa kental di single Help. Single ini adalah salah satu track paling berbeda dengan lagu-lagu lain yang ada di album ini. Lagu In Your Life dipilih The Ting Tings sebagai track penutup. Kesan sedih sangat terasa berkat sayatan cello yang cukup mendominasi. The Ting Tings pun meninggalkan kesan ganjil di akhir albumnya.

Secara keseluruhan, The Ting Tings masih mampu memperlihatkan ciri khas yang mereka ciptakan di album pertama. Hanya saja di album ini The Ting Tings lebih berani menampilkan berbagai inovasi.

Track list album SOUNDS FROM NOWHERESVILLE:
1. Silence
2. Hit Me Down Sonny
3. Hang It Up
4. Give It Back
5. Guggenheim
6. Soul Killing
7. One by One
8. Day to Day
9. Help
10. In Your Life (kpl/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -