Rayuan Lara Sam Smith di 'IN THE LONELY HOUR'

Senin, 30 Juni 2014 19:01 | 

Sam Smith

Rayuan Lara Sam Smith di 'IN THE LONELY HOUR'
ŠSamsmith





KapanLagi.com - Sekitar seminggu yang lalu, nama Sam Smith berhasil menggebrak tangga lagu Billboard dengan debut album IN THE LONELY HOUR. Setelah 23 tahun, ia baru saja mencetak sejarah sebagai solis asal Inggris pertama yang menjual album sebanyak 166.000 copy dan mendaratkannya di posisi kedua saat debut. Semua terjadi karena albumnya yang penuh lara.

Beberapa orang mungkin akan mempesona dengan penampilan yang keren atau perilaku yang manis, namun Sam Smith mampu melakukannya lewat suaranya yang terdengar sadis. Tak heran single Stay With Me berhasil terjual hingga 1 juta kopi lebih di AS pada minggu-minggu pertama rilis.

Smith mencuri perhatian dengan album debutnya. Ia disebut-sebut sebagai Adele versi pria. Tak salah, vocal dari pria berusia 22 tahun ini memang benar-benar membuai.

Sebelumnya, Smith mulai wara-wiri di radio dan festival musik berkat kolaborasinya bareng Disclosure dan Naughty Boy. Kelembutan vocal Smith bisa kita dengarkan di nomor Latch bersama duo Disclosure. Sedangkan vocalnya yang membius bisa dirasakan di single hits La La La milik Naughty Boy.

IN THE LONELY HOUR jadi debut yang mengesankan. Nyaris semua lagunya sangat nyaman di gendang telinga, hati dan pikiran. Sam meramu album ini dengan unsur-unsur pop, RnB dan soul yang formulaik.

Alam bawah sadar kita seakan diajak berkelana ke sebuah dunia lara, patah hati, kerapuhan dan kesepian milik Smith seorang. Dengarkan lagu Stay With Me. Ia Bercerita tentang rasa takutnya ditinggalkan oleh seorang belahan jiwa saat sebuah hubungan harus berakhir. "These nights never seem to go to plan. I don't want you to leave, will you hold my hand?," lantun Smith.

Kekuatan IN THE LONELY HOUR terletak pada racikan ballada dalam tiap lagu yang ditawarkan dengan gaya bernyanyi yang mengharukan. Smith sungguh melakukannya dengan sangat sempurna hingga siapapun yang mendengarkannya akan memberikan rasa simpati. Coba saja dengarkan track emosional Leave Your Lover dan Lay Me Down.

Penyanyi asal Essex, Inggris, yang mengidolakan penyanyi wanita bersuara emas Chaka Khan, Whitney Houston, Beyonce ini menyatakan dirinya seorang gay. Smith merasa tidak peduli dengan banyak opini yang mungkin mencibirnya. Orientasi seksual tak semestinya mengurangi antusias untuk melihatnya sebagai seorang penyanyi muda paling diantisipasi saat ini.

"Kenapa ini (orientasi seksual) jadi bahan pembicaraan? Aku ini penyanyi, aku menciptakan musik, aku menampilkan musik - hal seperti itulah yang harusnya diperhatikan," ujar Smith dikutip dari The Guardian.

Dan kita boleh yakin, album IN THE LONELY HOUR adalah rayuan Smith untuk merapuhkan hati. Just listen to him well when you break up, lovesick or find yourself in the lonely hour, and hear why.

Tracklist Deluxe Version

1. Money On My Mind
2. Good Thing     
3. Stay With Me
4. Leave Your Lover
5. I'm Not the Only One
6. I've Told You Now
7. Like I Can     
8. Not In That Way
9. Lay Me Down     
10. Restart     
11. Latch (Acoustic)
12. La La La (feat Naughty Boy)
13 Make It To Me

   

(kpl/trn)



Lihat Arsip Musik

- - -