Peter Gabriel: 'SCRATCH MY BACK', Ada Warna di Setiap Lagunya

Kamis, 15 Juli 2010 16:37 | 

Peter Gabriel






  • Peter Gabriel: 'SCRATCH MY BACK', Ada Warna di Setiap Lagunya
    Cover album Peter Gabriel

KapanLagi.com - Oleh: Fajar Adhityo

Ekspektasi tentang cover lagu kebanyakan terkesan asal-asalan dan digarap tidak serius. Menunjukkan bahwa sang penyanyi kehabisan atau malas bikin lagu atau bahkan tidak percaya dengan kemampuan menulis liriknya. Namun ekspektasi kita bisa salah mengenai album ini. Mantan vokalis band progresif rock Genesis yang sekarang bersolo karir dan menjadi music director, Peter Gabriel membuktikan tidak hanya sekedar cover lagu namun bisa memberikan warna tersendiri dengan karakter vokalnya.

Di proyek album yang bertajuk SCRATCH MY BACK jangan harapkan ada permainan drum atau gitar di sini. Hanya ada olah vokal, piano, horns, dan strings. Ini yang dia maksudkan dengan warna tersendiri.

Track pertama dibuka dengan tembang lawas milik David Bowie, Heroes. dengan atmosfir yang cukup tenang membuat lagu ini cukup megah. Irama rancak di lagu aslinya, menjadi melankolis dan dramatis. Kita bisa mencerna apa maksud lagu tadi tanpa melihat teks liriknya.

The Boy In The Bubble, karya Paul Simon. Peter membawa kesedihan serta pintar memainkan perasaan di lagu ini, dengan piano dan cello yang sangat mengambang dan menyentuh perasaan kita. Kemudian lagu yang terasa teatrikal dengan balutan orkestra yang mampu mengekspresikan emosional dituangkan melalui lagu Mirrorball. Tensi kita dibuat naik turun. Tarikan tinggi Peter masih mampu menjangkau walaupun usianya sudah bisa dibilang kakek-kakek.

Flume dari Bon Iver dibawakan dengan tarikan vokal yang tinggi masih bisa digapai. Teknik pernafasannya bisa acungi dua jempol karena di lagu ini dia juga bermain di olah vokal datar dan tinggi.

Penasaran dengan lagu Talking Heads yang berjudul Listening Wind ini bakalan seperti apa? Wah terasa beda dengan yang aslinya. Peter memfokuskan melodi di lagunya dan keagresifan orkestra yang mengiringi lagu ini tanpa merubah rhythm versi asli lagu tersebut.

Lagu The Power of Heart dari pentolan Velevet Underground yang sekarang bersolo karir, Lou Reed ditulis sangat berbeda ketika di masih di bandnya, lebih indah dan lebih manis. Di lagu yang sangat puitis dan menyentuh dibawakan Peter penuh penghayatan dengan intonasi vokal yang seperti orang bersajak.

Wah, bukan hanya itu. Peter juga mengcover My Body is A Cage-nya Arcade Fire. Ternyata tidak hanya band-band lama saja yang di cover namun band baru juga masuk hitungannya. Seolah-olah ini lagunya Peter sendiri, dia menghayati dengan nada dan lantunan orkestra yang megah dan tampak depresif.

Cakram padat ini berputar melantunkan The Book of Love-nya The Magnetic Fields sangat pas sekali dengan keadaan di luar sana yang tiba-tiba turun hujan. Di lagu ini Peter dibantu dengan vokal perempuan yang sangat klik. Terasa hangat dan nyaman ketika memperdengarkan lagu ini.

Entah kebetulan atau tidak lagu berikutnya pas dengan suasana. I Think It's Going to Rain Today dari Randy Newman, kayaknya melanjutkan cerita di lagu sebelumnya, ah pas sekali dengan cuaca hujan ini.

Di buka dengan violin yang berdansa, serasa kita melihat opera di Paris dengan penambahan vokal yang menambah tensi dramatis di lagu Apres Moi milik Regina Spektor. Sangat megah dan spektakuler namun penutupnya kurang terasa klimaks. Berikutnya lantunan nada yang sangat apik dan menghanyut di Philadelphia karya Neil Young.

Dan di lagu penutup Peter mengcover Street Spirit (Fade Out) milik Radiohead. aransemennya sangat bagus tampak cocok dengan aslinya yang agak gelap dan depresif, namun di bagian vokal tidak cocok dengan Peter, sepertinya dia berusaha mengimitasi vokal sengau dan menggumam khas Thom Yorke yang sepertinya tidak berhasil.

Walaupun semua lagu diubah aransemennya namun masih enak di perdengarkan. Tapi ada beberapa lagu yang terasa kurang pas baik dalam musiknya ataupun penempatan vokalnya. Secara keseluruhan album ini sangat bagus dan signifikan dari beberapa cover album yang sudah-sudah. Sangat nyaman dan tenang seperti mendengarkan orkestra tanpa harus datang ke gedung opera. Namun sekedar saran, album ini jangan didengarkan ketika mengemudi, karena akan membuat Anda mengantuk.

Daftar Lagu SCRATCH MY BACK:
1. Heroes (David Bowie)
2. The Boy In The Bubble (Paul Simon)
3. Mirrorball (Elbow)
4. Flume (Bon Iver)
5. Listening Wind (Talking Head)
6. The Power Of The Heart (Lou Reed)
7. My Body Is A Cage (Arcade Fire)
8. The Book Of Love (The Magnetic of Love)
9. I Think It's Going Rain Today (Randy Newman)
10. Apres Moi (Regina Spektor)
11. Philadelphia (Nevil Young)
12. Street Spirit (Fade Out) (Radiohead) (kpl/boo)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -