The Black Keys: 'TURN BLUE, Alunan Syahdu dan Mendayu

Rabu, 06 Agustus 2014 21:00 | 

The Black Keys

The Black Keys: 'TURN BLUE, Alunan Syahdu dan Mendayu
The Black Keys Foto: Facebook.com/TheBlackKeys




KapanLagi.com - The Black Keys sendiri sejatinya adalah sebuah band rock Amerika yang terbentuk tahun 2001. Bermula dari menjalankan musiknya secara independen, duo Dan Auerbach dan Patrick Carney ini mampu meraih kepopuleran sebagai band garage rock. Walaupun keduanya pernah dropout dari universitas, hal tersebut tak menghalangi mereka untuk bermusik hingga menelurkan karya yang disukai oleh para penggemarnya.

Kali ini mereka berdua menelurkan album baru yang dinamai TURN BLUE. Long Play kedelapan dari duo ini resmi dirilis pada 13 Mei 2014 lalu. Mereka mulai merekam album ini pada Januari 2013, dan usaha keduanya tak sia-sia karena karya mereka kali ini memuncaki chart di Amerika dan Australia.

Pada komposisi ini, mereka bekerjasama dengan Danger Mouse yang membantu sebagai produser dan ikut andil dalam penulisan lagu. Sedangkan proses rekaman sendiri dilakukan di Sunset Sound di Hollywood mulai Juli hingga Agustus 2013.

Cover TURN BLUE  Facebook.com/TheBlackKeysCover TURN BLUE Facebook.com/TheBlackKeys


Dalam TURN BLUE ini, The Black Keys mencoba menghadirkan hal yang baru dan berbeda dari album sebelumnya. Rekaman mereka di sini mengembangkan genre psychedelic rock serta warna nada dari irama soul. Tak hanya itu, sebagian lagu mereka dalam TURN BLUE terdengar lebih sering menggunakan tone yang terdengar melankolis.

Dimulai dengan track yang berjudul Turn Blue yang terasa cukup soulful. Iringan drum yang mengawali masuknya nada dan dilanjutkan dengan bass yang mendominasi cukup nyaman di telinga. Walaupun lirik di dalamnya terdengar seolah menggambarkan kegalauan, keseluruhan lagu tetap bisa didengarkan dengan nyaman dengan vokal yang soft.

Saat mencoba memutar tembang In Our Time, orang yang pertama kali mendengarkan akan bingung dengan intro denting piano yang temponya seolah berantakan, dan bagian unik dimulai setelahnya. Saat lagu yang cukup mendayu ini sudah berjalan seperempat, tempo pun berubah sedikit lebih cepat dengan tiba-tiba, namun tetap mengalir dengan apik. Ketika lagu akan memasuki bagian akhir, tempo kembali pelan dan lagi-lagi dilakukan dengan transisi yang mulus.

Berlanjut ke single perdana The Black Keys dari album ini yaitu Fever yang resmi dirilis pada 24 Maret 2014. Track ini memang cocok untuk dijadikan single karena nadanya yang memang bisa membuat orang bergerak mengikuti irama soul yang dibawakan. Unsur rock dan disko pun turut dimasukkan di dalamnya.

Jika memang ingin lebur dalam suasana sendu, coba putar Weight of Love, Waiting on Words, serta Bullet in The Brain. Ketiga track tersebut memang membawa tempo yang mendayu namun tak meninggalkan tone gitar yang mendominasi. Ditambah dengan sedikit sentuhan musik digital, lagu-lagu dengan tempo pelan tersebut terdengar komplit dan nyaman didengarkan.

Lagu Gotta Get Away sedikit berbeda dengan tembang lainnya, karena track yang satu ini menyuguhkan irama yang khas dengan genre country. Nuansa yang fun terasa di sepanjang lagu ini dengan sentuhan solo gitar yang unik. Terselip fill in blues yang juga turut hadir mewarnai track ini.

Secara keseluruhan, The Black Keys sanggup menyuguhkan sesuatu yang baru di TURN BLUE kali ini. Setiap lagu yang mereka bawakan membawa ciri khas tersendiri dengan twist yang berbeda di tiap track. Penggunaan alat musik yang cukup beragam, pemilihan efek gitar, dan multi genre yang dihadirkan menunjukkan bahwa mereka benar-benar serius dalam penggarapan album kali ini. Lagu yang rata-rata bertempo sedang dan pelan ini sukses menghidupkan ambience yang syahdu dan mendayu

Tracklist TURN BLUE

1. Weight of Love
2. In Time
3. Turn Blue
4. Fever
5. Year in Review
6. Bullet in The Brain
7. It's up to You Now
8. Waiting on Words
9. 10 Lovers
10. In Our Prime
11. Gotta Get Away

Link iTunes

The Black Keys Turn Blue
https://itunes.apple.com/id/album/turn-blue/id841098321?uo=4

(kpl/abr)



Lihat Arsip Musik

- - -