Miley Cyrus: 'BREAKOUT', Sebuah Proses Pendewasaan

Jumat, 08 Agustus 2008 09:00 | 

Miley Cyrus






  • Miley Cyrus: 'BREAKOUT', Sebuah Proses Pendewasaan
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Di album kedua ini, Miley Cyrus mencoba untuk tampil lebih dewasa bila dibanding dengan album pertamanya. Ada 12 track yang dikemasnya dalam album berjudul ringkas BREAKOUT ini. Dari 12 track ini, sebagian besar lagu mencantumkan nama vokalis ini sebagi penulisnya.

Bisa dibilang usaha untuk menjadi dewasa ini terkesan sedikit dipaksakan. Miley seolah mencoba untuk membuktikan pada dunia bahwa ia juga mampu menjadi vokalis sekaligus menulis lagu. Seandainya ia sedikit lebih sabar, bisa jadi hasilnya akan jauh lebih bagus lagi.

Secara keseluruhan, tidak ada yang istimewa dari album ini. Baik dari lirik, musik maupun aransemen semuanya berkesan biasa-biasa saja. Sebenarnya kelemahan kualitas vokal ini masih bisa diakali seandainya Miley tak terlalu berambisi untuk menjadi 'profesional'.

Dalam sejarah, banyak penyanyi pop yang tak terlalu bagus kualitas vokalnya namun mereka mampu memilih materi yang pas dengan kemampuan vokal mereka. Hasilnya, lagu mereka toh tetap enak untuk didengar. Memahami karakter vokal lalu mencari materi yang tepat kadang memang lebih sulit ketimbang menulis lagu.

Beberapa lagu seperti Driveway, 7 Things, dan Wake Up America mungkin masih punya cukup potensi untuk naik ke 20 besar tangga lagu sementara track-track lainnya bisa disebut sekedar filler saja.

Masalah lain dari album ini mungkin adalah mixing yang agak sedikit kacau pada beberapa lagu. Full Circle misalnya, di mana suara gitar dan vokal Miley seolah saling berebut menjadi yang paling depan. Kasus yang sama terulang lagi pada trackThese Four Walls yang ada di urutan ke-9. Usaha untuk mengulang kesuksesan Cindy Lauper dengan membawakan hitsGirls Just Wanna Have Fun-pun bisa dibilang tak akan berpengaruh banyak pada album ini.

Vokal Miley Cyrus memang tak bisa dibilang mengagumkan namun ini bukan pertanda bahwa masa depan Miley di dunia musik bakalan suram. Beberapa vokalis pop seperti Madonna dan Kylie Minogue pun berawal dari posisi yang sama dengan Miley Cyrus. Asal bisa lebih bijaksana, Miley pun punya kesempatan untuk jadi diva. (kpl/roc)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -