Jewel: 'PERFECTLY CLEAR', Yang Ringan Namun Tetap Berisi

Selasa, 10 Juni 2008 23:00 | 

Jewel






  • Jewel: 'PERFECTLY CLEAR', Yang Ringan Namun Tetap Berisi
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Kenapa jadi banyak musisi yang beralih ke country? Setelah Bon Jovi, Joan Osborne, Darius Rucker dan Jessica Simpson, kali ini Jewel ikut-ikutan going country. Tapi mungkin di antara nama-nama di atas, hanya Jewel yang paling pas membawakan lagu country. Atau mungkin karena latar belakang masa kecil Jewel yang dikelilingi jenis musik yang Amrik banget ini?

Ada 11 lagu yang semuanya ditulis sendiri oleh Jewel. Cukup mengagumkan. Album ini cukup menarik untuk didengar lantaran Jewel memasukkan unsur country tanpa harus kehilangan identitas dirinya. Para penggemar lama mungkin masih akan bisa menikmati album ini tanpa harus mengernyitkan kening.

Album ini bukan jadi country lantaran sudah memasukkan slide guitar, dan banjo saja. Aransemen sederhana yang menjadi karakteristik musik country, struktur melodi khas, dan lirik-lirik yang lugas namun tak berkesan vulgar juga menjadi bagian yang memperkuat kesan country dari album ini.

Coba saja dengar track ke-5, Anyone But You, yang lugas tanpa menjadi garing, atau Two Become One yang sedikit memasukkan warna musik rock. Yang jelas hampir semua lagu dalam album ke-7 Jewel ini sound catchy di telinga. Akibatnya, tanpa harus mendengar berulang kali pun, album ini sudah dapat dengan mudah dicerna.

Ada 11 track termasuk daur ulang dari lagu lama JewelTwo Become One. Bisa dibilang, semua lagu dalam album berjudul PERFECTLY CLEAR ini enjoyable dan catchy tanpa harus menurunkan kualitas musikalnya.

Dari sisi tema lirik pun Jewel seolah tak takut menggali topik-topik yang jarang disentuh komposer lagu lain. Misalnya saja lagu Rosey and Mick yang ada di nomor 4 yang berbicara tentang kekerasan dalam rumah tangga. Sayangnya track ke-11 yang juga dijadikan judul album ini justru tak terlalu menonjol bila dibanding dengan lagu-lagu lainnya. (kpl/roc)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -