'HARDCOUSTIC', Cadas Yang Akustik

Kamis, 10 Juni 2010 00:57





  • 'HARDCOUSTIC', Cadas Yang Akustik
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Pengen dengerin musik yang beda? Ini dia album paling pas saat ini ketika kita ingin lepas dari derasnya musik melayu yang laku di pasaran. HARDCOUSTIC. Ya, dari judulnya saja bisa dibayangkan isi album ini lain daripada yang lain. Dan memang, isinya beda. Di sini menampilkan band rock dan metal yang cadas memainkan dan meracik musik dengan format akustik. Wow!

Dari judulnya, album kompilasi ini memang mempertegas warna spesifik dari percampuran band cadas mulai dari rock sampai metal. Menariknya, album ini merupakan album pertama kali di Indonesia - yang menurut CSA Records - adalah album yang 'paling' memikirkan attitude bermusik secara serius, baik dari format 'keras' sampai slow ala akustiknya.

10 band masuk di sini. Kesepuluhnya jadi andalan dengan single masing-masing. Di antaranya, Hitokiri - band bentukan tahun 2003 yang mengandalkan Hate, ramuan musik cadas plus dentingan gitar akustik mengental di sini.

Kedua, Innerbeauty dengan single Emerges. Lagu yang bermain dengan lirik berbahasa Inggris ini mengandalkan Viola Santi sebagai vokalis. Gothic metal bertema sosial dan religi jadi landasan band yang berdiri pada 17 Oktober 1998 ini. Ketiga, Talent Of Symphony dengan lagu No More Misery yang punya lirik 'dalam' dengan balutan 'rock but soft' - sama seperti Sinusitis yang membawakan Just Little Story di track ke-7.

Band keempat, Kodusa yang mengandalkan duo vokalis yakni Lila dan Ives mengandalkan kekuatan lirik. Namun kurang istimewa rasanya kalau aransemennya masih sama, makanya di HARDCOUSTIC ini mereka pilih yang beda dengan memasukkan unsur beda di Essence. Begitu juga dengan Stupidnation dengan lagu Darkness Eternity. Band yang biasanya meraung dan mengandalkan full of hate di musik mereka berubah kalem dengan lirik yang lebih 'bisa didengar'.

Di track ke-6, Master V tampil dengan Gerak Dan Mainkan. Rock etnik diaransemen manis hingga menghasilkan karya luar biasa yang masih dibumbui rasa cinta dan kasih sayang. Sama halnya yang diusung Friends Of Mind di lagu Sahabat.

Dan dua band terakhir, Divine (Black Cannabis) dan Master Wu (Kisah Suci) tak mau ketinggalan berkarya. Tema-tema unik lagu mereka menjadi makin unik. Suara sang vokalis yang biasanya sulit didengar jadi lebih jelas.

Berikut lagu yang ada di album HARDCOUSTIC:
1. Hitokiri - Hate
2. Innerbauty - Emerges
3. Talent of Symphony - No More Misery
4. 021 Kodusa - Essence
5. Stupidnation - Darkness Eternity
6. Master V - Gerak Dan Mainkan
7. Sinusitis - Just Little Story
8. Divine - Black Cannabis
9. Master Wu - Kisah Suci
10. Friends of Mind - Sahabat (kpl/boo)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -