'FOUR' Untuk Empat Tahun Kebersamaan One Direction

Selasa, 27 Januari 2015 17:35 | 

One Direction

'FOUR' Untuk Empat Tahun Kebersamaan One Direction
One Direction @foto: Splashnews




KapanLagi.com - Oleh: Lila Susanti

Pada 27 April 2014, One Direction mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja dan menggodok materi album studio keempatnya. Sepertinya pihak label, Syco dan Columbia memang menginginkan kalau One Direction menelurkan album setiap tahunnya, sebelum masa kontrak enam tahun berakhir. Terbukti di tahun keempat ini One Direction resmi merilis album yang diberi nama FOUR. Album ini sendiri dirilis secara internasional serentak pada 17 November 2014.

Ada dua kemasan album yang dirilis yakni, versi album reguler dan deluxe. Untuk album reguler berisi dua belas track lagu, sedang yang deluxe akan ada tambahan empat track yaitu Change Your Ticket, Illusion, Once In a lifetime dan i. Album keempat ini punya cita rasa yang hampir sama dengan album MIDNIGHT MEMORIES yang dirilis pada 2013 lalu. Kesan pop-rock masih kentara di hampir setiap lagu-lagu dalam album FOUR ini.

Dilihat dari packaging albumnya, FOUR terlihat cenderung polos. Foto para personel dengan pose yang datar ala boyband masa kini menghiasi covernya. Satu hal yang membuat berbeda adalah penampilan para personel yang kini mulai mature, tak ada kesan remaja yang penuh warna-warni ceria seperti album pertama dulu. Untungnya dengan kemasan yang terkesan standar itu lagu-lagu dalam album ini bisa dibilang istimewa.

Bagaimana tidak istimewa, untuk album FOUR ini semua personel One Direction ikut serta dalam pembuatan setiap lagu. Mereka dibebaskan untuk ikut campur dalam pembuatan lirik maupun arrange musiknya. Band-band keren yang ikut membantu dalam pembuatan album FOUR ini diantaranya adalah Good Charlotte, McFly (Tom Fletcher, Danny Jones, Dougie Poynter), Kodaline, The 1975. Tak hanya band, para musisi seperti John Legend, Emeli Sande, Naughty Boy dan juga Ed Sheeran juga ikut campur tangan.

Lebih dewasa @foto: Sony MusicLebih dewasa @foto: Sony Music

Di antara dua belas lirik lagu komposisi album reguler, sepuluh lagu di antaranya merupakan karya member One Direction. Louis Tomlinson dan Liam Payne menyumbang karya di empat lagu seperti Steal My Girl, Fireproof, Space dan Clouds. Duet Louis dan Liam sukses membuat lagu Steal My Girl menduduki chart tangga lagu. Harry Styles dan Louis menulis dua lagu di Where Do Broken heart Go dan Stockholm Syndrom. Untuk lagu Night Changes dan Fools Gold para personel One Direction bekerja secara keroyokan.

Ada sebuah lagu yang ditulis oleh Ed Sheeran di album ini, yaitu sebuah lagu berjudul 18 (Eighteen). Tak ada suara siapa yang lebih dominan di album ini karena pembagian suara sudah dilakukan secara merata. Formula seperti ini sudah diterapkan pada album MIDNIGHT MEMORIES sebelumnya.

Masa kejayaan boyband sepertinya sudah mulai pudar, album ini tak sesukses album pertama dan kedua One Direction. Meski begitu, One Direction membuktikan dirinya mampu bertahan dan menghasilkan karya bagi penggemarnya. kekompakan dan kebersamaan mereka  seolah dibuktikan dari dirilisnya album FOUR ini. Empat tahun kebersamaan yang masih akan terus berlanjut, One Direction tak akan bubar!

TRACKLIST
1. “Steal My Girl” 3:48
2. “Ready to Run” 3:16
3. “Where Do Broken Hearts Go” 3:49
4. “18? 4:08
5. “Girl Almighty” 3:22
6. “Fool’s Gold” 3:31
7. “Night Changes” 3:47
8. “No Control” 3:20
9. “Fireproof” 2:54
10. “Spaces” 4:17
11. “Stockholm Syndrome” 3:35
12. “Clouds” 3:52

Deluxe edition:
13. “Change Your Ticket” 4:26
14. “Illusion” 3:14
15. “Once in a Lifetime” 2:38
16. “Act My Age” 3:18

BACA JUGA LAINNYA:

7 Band Legendaris Yang Diduga Anggota Illuminati, Wah Kok Bisa?
6 Video Klip Dengan Jumlah Viewer Terbanyak di Youtube
18 Fakta Mengejutkan di Balik Lagu-Lagu Hits di Tahun 2014
Ahmad Dhani-Mulan Jameela Hingga Cita Citata Panaskan Tahun 2014
6 Artis Soundcloud Lokal Bersuara Emas

(kpl/adb)



Lihat Arsip Musik

- - -