Boyzone: BACK AGAIN... NO MATTER WHAT

Rabu, 19 November 2008 09:13 | 

Boyzone






  • Boyzone: BACK AGAIN... NO MATTER WHAT
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Nama Boyzone memang bukanlah nama yang asing buat mereka yang tumbuh di era 90-an. Namun setelah vakum selama delapan tahun, bisa jadi tak banyak yang ingat pada boy band asal Irlandia ini. Dan kini setelah sekian lama, Boyzone kembali meluncurkan album baru, meski sebenarnya hanya tiga lagu yang benar-benar baru.

Ada delapan belas track yang dikemas dalam album berjudul agak 'memaksa', BACK AGAIN... NO MATTER WHAT ini. Lima belas lagu dari seluruh isi album ini adalah lagu-lagu lawas mereka yang susunannya sebenarnya tak jauh beda dengan album The Best mereka yang diberi judul BY REQUEST.

Ada satu fakta unik tentang lagu-lagu Boyzone ini. Meski Anda bukanlah penggemar musik-musik seperti ini, tapi Anda tak bisa berbohong bila Anda pasti sudah akrab dengan beberapa lagu mereka termasuk lima belas lagu yang ada dalam album ini. Ini tak lepas dari peran media seperti radio dan televisi yang sering memutar lagu-lagu mereka. Tanpa sadar, bisa jadi Anda malah sudah hafal lirik dari lagu-lagu mereka.

Satu yang mungkin bisa dijadikan andalan dari grup ini secara musikal adalah nada-nada catchy dan sederhana yang pas dinyanyikan bareng-bareng. Selebihnya lagu-lagu Boyzone sebenarnya tak terlalu menawarkan sesuatu yang baru. Konsep musik yang sama juga ditawarkan boy band lain yang saat itu memang seolah merajai dunia musik. Ini ditambah fakta bahwa satu-satunya anggota Boyzone yang memiliki suara 'layak jual' hanyalah Ronan Keating saja.

Setelah bubar di tahun 2000, kelima personil boy band ini memang kemudian disibukkan dengan solo karir mereka sendiri-sendiri. Dari kelima anggota Boyzone bisa jadi memang hanya Ronan Keating saja yang sempat memperoleh sorotan media meski secara komersial dan popularitas, solo karir Ronan ini masih belum bisa mengimbangi kesuksesan Boyzone. Selebihnya bisa dibilang hilang dari permukaan.

Pemasangan tiga lagu baru dalam album ini membuatnya seolah menjadi semacam penjajakan pasar. Mungkin Boyzone berusaha untuk kembali ke dunia musik namun belum terlalu yakin bahwa satu album dengan materi yang sepenuhnya baru akan bisa diterima pasar. Satu-satunya solusi adalah dengan memasukkan lagu-lagu hits lawas mereka dengan harapan setidaknya album ini masih akan dibeli oleh para fans setia grup ini.

Mendengar tiga lagu baru yang masing-masing berjudul Love You Anyway, Better dan Can't Stop Thinking About You, sebenarnya tak ada yang benar-benar fresh dari tiga lagu ini. Bahkan saat menyadari bahwa lagu ini adalah lagu baru, maka kesan pertama yang terasa adalah 'konyol' karena 'masa-basa' kejayaan boy band sudah lewat. Beda saat mendengar lagu-lagu lama mereka. Setidaknya kesan yang muncul adalah nostalgia.

Terlepas dari bagus atau tidak, album ini lebih baik dinikmati sebagai media untuk sekedar mengenang masa lalu. Para fans lama grup ini pasti tak akan melewatkan album yang satu ini, sementara bagi yang bukan fans bisa jadi tak akan terlalu kecewa bila tak memiliki album ini. (kpl/roc)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -