Bon Jovi: 'THE CIRCLE' Lingkaran Fresh Sang Legendaris

Senin, 08 Februari 2010 12:12 | 

Bon Jovi






  • Bon Jovi: 'THE CIRCLE' Lingkaran Fresh Sang Legendaris
    Cover album 'THE CIRCLE'

KapanLagi.com - Oleh: Yunita Rachmawati

Ya! Bon Jovi memang band besar yang bukan dilahirkan untuk mengikuti jejak siapapun juga. Di album mereka yang ke-9, mereka membuktikan hal tersebut dengan salah satu single andalan We Weren't Born To Follow. Sekali muncul di pasaran, album bertajuk THE CIRCLE ini mampu mencuri hati penggemar mereka yang sudah menanti dua tahun sejak album LOST HIGHWAY.

Sangat pantas jika We Weren't Born To Follow dijadikan single pembuka di album yang dirilis pada akhir Oktober 2009 ini. Suara Jon yang masih kental dengan genre rocknya terdengar lebih fresh. Begitu juga dengan cabikan gitaris legendaris Richie Sambora, yang berpadu dengan hentakan drum Tico Torres. Liriknya jangan ditanya, Bon Jovi selalu bisa membuat terngiang di kepala hanya dengan sekali dengar.

Tak heran jika akhirnya single dengan durasi 4:30 yang ditulis langsung oleh tangan dingin Jon dan Richie ini juga meraih kesuksesan di beberapa negara sekaligus, termasuk juga dalam daftar 100 lagu terbaik versi Billboard Hot.

Beralih ke lagu kedua, When We Were Beautiful, liriknya kembali ditulis oleh Jon, Richie, dan Billy Falcon. Lagu dengan nuansa rock lebih kental masih mengandalkan suara khas Jon yang kian melengking. Alhasil tak salah jika lagu berdurasi 5:18 ini menjadi salah satu andalan di album THE CIRCLE.

Selain itu, ada juga lagu Superman Tonight. Kisahnya tak jauh dari cerita Jon sendiri. Ia menggambarkan single ini bercerita tentang seorang gadis yang pernah dilihatnya dari jarak jauh. Liriknya dibuat seperti diary yang runut. Gadis yang dilihatnya tersebut hidup dengan berbagai warna, dipenuhi banyak pria - sedangkan Jon hanya bisa melihat dan membayangkan dari jauh saja, bagai seorang Superman.

Beralih ke Work For The Working Man, Bon Jovi berbicara lebih ke kenyataan. Suara Jon melantunkan kisah bahwa seorang pekerja tak cukup hanya bekerja di satu bidang saja, seharusnya punya lagi pekerjaan lain. Musik yang dipenuhi distorsi ringan ini menggoda untuk didengarkan meski jujur diakui tidak sekuat di lagu pertama.

Sedangkan lagu-lagu menarik lainnya yang sayang jika dilewatkan adalah Live Before You Die, Happy Now, dan Fast Cars bagi kamu yang kangen dengan ciri khas Bon Jovi di album-album sebelumnya.

Berbicara mengenai keseluruhan lagu di album ini, Bon Jovi berusaha memberikan hal-hal yang lebih fresh. Suara Jon tetap terjaga walau tidak muda lagi. Rock kental masih terasa dan warna album sebelumnya juga masih ada. Album THE CIRCLE ini juga mengandung arti bahwa musik mereka akan selalu melingkar dan tak pernah ada ujungnya - sama seperti gambar di cover mereka.

Berikut daftar lagu Bon Jovi di album THE CIRCLE:

1. We Weren't Born to Follow 4:03

2. When We Were Beautiful 5:18

3. Work for the Working Man 4:04

4. Superman Tonight 5:12

5. Bullet 3:50

6. Thorn In My Side 4:05

7. Live Before You Die 4:17

8. Brokenpromiseland 4:57

9. Love's the Only Rule 4:38

10. Fast Cars 3:16

11. Happy Now 4:21

12. Learn to Love 4:39 (kpl/boo)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (1)

Lihat Arsip Musik

- - -