Ajeb-Ajeb & Headbang di Album Masterpiece 'DANCE & SCREAM'

Senin, 23 Juni 2014 07:01
Ajeb-Ajeb & Headbang di Album Masterpiece 'DANCE & SCREAM'
Fear, and Loathing in Las Vegas Offcial Site©




KapanLagi.com - Oleh: Guntur Ishtar Aria

Band asal Jepang, Fear, and Loathing in Las Vegas (FALILV) membuat sebuah terobosan baru di dunia musik dengan genre unik mereka. Yup, band yang digawangi SoMinami, Sxun, Tomonori, Kei, Taiki itu mengejutkan dunia dengan genre baru yang menyegarkan telinga.

FALILV menggabungkan dua elemen yang berseberangan menjadi sebuah komposisi asik dan variatif yakni hardcore dan elektro. Gabungan itu tercermin dengan sempurna di album perdana mereka DANCE & SCREAM yang dirilis tahun 2010 silam.

Cover album 'DANCE & SCREAM'/Jpopsuki©Cover album 'DANCE & SCREAM'/Jpopsuki©

Di track pertama yang berjudul Burn the Disco Floor with Your “2-Step” !!, mereka mencoba mengajak pendengar masuk dengan alunan musik elektro dubstep yang bikin ajeb-ajeb. Namun jangan salah, di tengah-tengah lagu sebuah breakdown yang cadas tiba-tiba masuk diiringi dengan growl berat dari sang keyboardist, Minami.

Lagu kedua berjudul Hey Girl!! Why Not Party Like a Bitch!?. Lagi-lagi kalian akan dimanjakan dengan alunan beat musik dubstep asik yang kali ini lebih cepat. Bedanya, di sini So CS memberi banyak warna metal menggelora namun tetap asik.

Stray in Chaos yang merupakan salah satu lagu terbaik mereka menyusul di track ketiga. Lagu ini makin minim elemen elektro dan digantikan dengan perpaduan heavy rock punk penuh breakdown-breakdown ciamik yang bakalan bikin kamu headbang tanpa henti.


Video by: zenigame0123

Track berikutnya merupakan salah satu single perdana yang mengantar nama mereka mencuat di pasar musik dunia, Love at First Sight. Senada dengan lagu pembuka, track ini lebih didominasi oleh dentingan keyboard ala dubstep Minami yang bakal bikin kamu nggak berhenti ajeb-ajeb. Tapi lagi-lagi di tengah lagu telinga dibuat bergetar dengan breakdown cadas khas hadrcore yang otomatis membuat kepala headbang mengikuti nada.


Video by: zenigame0123

Take Me Out jadi pilihan berikutnya. Lagu satu ini mempunyai tema lirik sangat unik, yakni tentang seorang cinderella yang ingin keluar rumah dan berpesta ria. Komposisi musiknya sendiri seperti yang bisa kamu tebak, dipenuhi aroma ajeb-ajeb dan hardcore.

Track ketujuh berjudul cukup panjang, My Dear Lady, Will You Dance With me Tonight?. Dari judulnya kalian sudah bisa menerka bahwa lagu ini bakalan dipenuhi aroma-aroma dubstep. Kalian salah, single satu ini merupakan salah satu track paling 'metal' dari keseluruhan album, walaupun synthesizer masih dimasukkan di sana-sini.

Setelah berceramah tentang kehidupan di lagu-lagu sebelumnya, FALILV menghadirkan tema cinta di Because You're Here. Kali ini mereka mencoba lebih menurunkan tempo dan ngepop asyik, untuk membuat kepala sedikit beristirahat setelah rentetan ajeb-ajeb dan headbang tanpa henti sebelumnya.

Salah satu kekuatan dari album DANCE & SCREAM adalah lirik-liriknya yang sangat positif dan menyemangati. Namun di track bertajuk Solitude X Mas mereka juga memberikan kesan galau yang sangat menyentuh. Ceritanya, seorang yang merasa sepi sendiri tanpa teman atau keluarga di hari natal. Tapi jangan khawatir, lagunya tetap cadas dan ajeb-ajeb!

Dua lagu terakhir Beyond The End dan Twilight bisa dibilang cukup mirip. Masing-masing punya tema sama, yakni penyemangat hidup. Dari segi musik juga serupa dengan lagu-lagu sebelumnya yang bakal bikin kepala headbang nan ajeb-ajeb.


Video by: ကို ျဖိဳး

Secara overall, album ini diberi nilai sempurna oleh beberapa kritikus musik. Alasannya? Perpaduan musik yang sangat baru dan juga lirik-lirik penyemangat hidup yang bakalan bikin hari kamu senantiasa cerah.

It's one hell of a great album!

(kpl/gtr)



Lihat Arsip Musik

- - -