The Upstairs: 'KATALIKA', Terkenang Hingga Tertawa

Sabtu, 06 April 2013 09:05 | 

The Upstairs

The Upstairs: 'KATALIKA', Terkenang Hingga Tertawa
The Upstairs @ gigsplay.com





KapanLagi.com - Oleh: Kidung Mardika

Setelah meluncurkan single Sekelebat Menghilang di akhir Agustus tahun lalu, The Upstairs memberikan klimaks dua bulan setelahnya. Klimaks itu adalah album keempat The Upstairs, KATALIKA. Resminya album tersebut dirilis tanggal 21 Oktober 2012, bertepatan dengan ulang tahun The Upstairs yang kesebelas.

Album ini adalah titik balik dari The Upstairs. Mereka coba raih kembali eksistensi setelah masa hibernasi yang panjang. Album yang diproduksi oleh sang drummer Upstairs, Beni, ini menunjukkan pendewasaan dibandingkan tiga album sebelumnya. Tanpa menghilangkan nuansa new wave, hanya saja aransemen musik mereka jauh lebih matang.

Mereka menaruh single Sekelebat Menghilang di track nomor satu. Tak ada salahnya jika mereka cari aman dengan komposisi penempatan lagu ini. Sebelum album ini rilis, lagu ini sudah keluar duluan. Tersebar di berbagai radio dan klipnya yang beberapa kali diputar di televisi.

Lanjut di track kedua ada lagu Layak Dikenang. Di awal lagu suara bass mendominasi. Tirai lagu mulai dibuka. Semua instrumen lantas menghentak menemani suara bass yang sendirian di awal. Megah sekali. Lagu ini cocok buat kamu yang sedang dalam himpitan ruang dan waktu pekerjaan. Lagu ini menunjukkan seberapa besar Joy Division mempengaruhi mereka.

Kemudian perjalanan berlanjut dengan nuansa new wave yang kental. Nampaknya Duran Duran banyak berkontribusi di lagu Pergi Dikala Mimpi ini. Pejamkan mata dan tempatkan lah tubuh di atas lantai disko. Kerlap-kerlip lampu disko menemani dengan tarian khas 80'an. Jangan dulu pergi selagi kau sedang bermimpi mimpi.

Ekspektasi menemukan lagu seperti Matraman belum juga terealisasikan. Menginjak nomor 4 album KATALIKA masih menyuguhkan beat cepat menghentak. Tak masalah. Lagu ini adalah klimaks penyempurnaan tiga album sebelumnya. Disko tetap, namun lebih megah. Epik!

Lagu Berbanggalah Sejenak menjadi nomor selanjutnya. Lagu ini dibuat simpel. Dengan lirik ringan, irama yang tidak terlalu up-beat, serta melody ear-catchy. Nyaman sekali mendengarkan lagu ini. Jimi juga tidak terlalu over menyanyikannya.

Hahaha. Begitulah kesan pertama mendengarkan lagu nomor 6 di album KATALIKA. Judulnya Rona Merah Tembaga. Ketika mendengarkan intronya yang terbayang adalah film-film lawas Taiwan. Jaman Jackie Chan masih sering berduet dengan Samehong. Tak percaya? Silahkan coba saja. Tapi jangan salahkan bila kalian ikut tertawa.

Jangan dulu diam. Kalian masih akan dibuat tertawa. Kali ini perihal lirik. Di sini Jimi bercerita tentang ragam yang telah masuk di dalam tubuh kita. Tapi jangan salah, musik di lagu ini begitu enak didengar.

Perjalanan kita berakhir. Lagu Percakapan menjadi penutup. Pas sekali menaruh lagu ini paling ujung. Mendengarkannya kita seperti diajak terbang ke luar angkasa. Perpisahan yang mewah. Tapi jangan terlalu haru, berharaplah mendengarkan karya The Upstairs selanjutnya.

 

Track List:

1.     Sekelebat Menghilang

2.     Layak Dikenang

3.     Pergi Di Kala Mimpi

4.     Menaralara

5.     Berbanggalah Sejenak

6.     Rona Merah Tembaga

7.     Selamat Datang Di Tubuh Kami

8.     Percakapan

 

 

(kpl/kid)



Lihat Arsip Musik

- - -