Soulvibe: 'ANTARTIKA', Vintage Rasa Baru

Rabu, 30 Juni 2010 01:32 | 

Soulvibe






  • Soulvibe: 'ANTARTIKA', Vintage Rasa Baru
    Cover 'ANTARTIKA'

KapanLagi.com - Oleh: Yunita Rachmawati

Sukses dengan ramuan enerjiknya di album pertama dengan tajuk selftitled, Soulvibe kembali menggetarkan jiwa dengan alunan yang cukup berbeda dari album sebelumnya. Mengambil judul album ANTARTIKA, band beraliran neo-soul dengan warna suara R&B yang dimotori Rizqi Rizaldi (vokal), Bayu Adiputra (vokal), Ramadhan Handy (bass), Frans Martatko (keyboard), Andika Winasis (gitar), Caesar Rizal (drum), dan Ario Seto (synthesizer) ini memadukan unsur vintage dengan rasa baru.

Tepat rasanya lagu Antartika diambil sebagai pembuka album yang dikemas dengan unik layaknya album-album jazz. Perpaduan beat drum dan sesekali distorsi dari gitar yang muncul plus nada ceria membuat lagu ini mampu dengan lancarnya teradopsi di benak kita. Warna synthesizer yang tidak berlebihan membuat lagu ini makin fun untuk didengarkan lebih dari satu kali.

Beralih ke lagu kedua, suara Rizqi dan Bayu membuat sensasi menggelitik di telinga. Ditambah lagu tiupan terompet dan synthesizer dari Ario menambah rasa vintage. Sedangkan di bagian reff dibuat lebih kuat unsur soul dengan karakter sound clean khas dari gitar Fender Stratocaster dan slap jazz bass. Hampir mirip rasanya dengan Abadikan dan Untuk Sementara.

Lalu, ada lagi lagu yang berbeda dengan lainnya yang cenderung lebih soul. Lagu berjudul Sungguh ini terasa lebih ngepop. Kata-kata manis yang terkandung dalam lirik membuat suasana tenggelam dan cocok digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang sedang bingung.

Kemudian yang paling menarik - selain Antartika, Soulvibe mengandalkan lagu Berlian. Di sini mereka menggaet 'sahabat musik' Maliq and D Essentials membawakan lagu 'super vintage'. Sound drum loop, electric cow bell, synthesizer bass, dan keyboardnya benar-benar berasa tahun 90-an yang didukung vokal Angga dan Indah.

After all, sembilan lagu yang disajikan Soulvibe betul-betul mengena di hati. Dari pertama sampai lagu Nyata - yang aransemennya lebih ceria, bisa dijadikan koleksi menarik untuk pecinta NuSoul, R&B, hingga pop manis.

Berikut daftar lagu di album ANTARTIKA:
1. Antartika
2. Lil Bit
3. Abadikan
4. Untuk Sementara
5. Sungguh
6. Tiada Kusangka
7. Berlian
8. Dan Bila
9. Nyata (kpl/boo)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -