Original Soundtrack '5 ELANG,' Penyemangat Persahabatan

Minggu, 01 Januari 2012 17:22 | 

Rudi Soedjarwo

Original Soundtrack '5 ELANG,' Penyemangat Persahabatan
Cover Album '5 ELANG'




KapanLagi.com - Oleh: Mahardi Eka

Melihat sepintas sampul depannya saja, sejenak pikiran ini melayang ke masa SD dan SMP dulu saat masih berhasduk dan ikut persami (perkemahan sabtu minggu). Setidaknya rasa kangen berkemah beramai-ramai tersebut terobati dengan munculnya film 5 ELANG. Tema kepanduan atau pramuka memang jadi bungkus film garapan Rudy Soedjarwo ini. Selain tema ini jarang diangkat dalam sebuah film, tema ini terasa pas dipilih untuk memuat pesan pentingnya persahabatan dalam mengatasi problematika pergaulan anak-anak.

Berisi 5 track, album soundtrack ini secara pas, baik dalam penulisan lirik dan penggarapan musiknya, menggambarkan meriahnya film 5 ELANG. Satu lagu, Elang, dinyanyikan bersama oleh kelima pemainnya, Christoffer Nelwan, Teuku Rizky Muhammad, Iqbaal Dhiafakhri, Bastian Bintang, dan Monica Sayangbati. Sedangkan keempat lagu lainnya dinyanyikan oleh masing-masing pemain pria. Sayang, Monica tak kebagian jatah bernyanyi solo. Tak ada yang terlalu istimewa dalam aransemen musiknya, namun kelima lagunya masih bisa dinikmati sambil membayangkan masa-masa kita ikut pramuka.

Lagu yang jadi jagoannya tentu saja Elang yang dinyanyikan keroyokan oleh kelima bintang filmnya. Dengan pembuka suara tepuk tangan ala pramuka dan kemudian disusul melodi gitar rock, lagu ini menjadi lagu mars yang apik. Semangat persatuan dan perjuangan pun sangat terasa dalam baris liriknya, terlebih pada bait reff Terbang kepakkan sayapmu/ Jangan pernah ada tagu/ Bersama kita pasti bisa taklukkan dunia. Permainan drum dengan dominasi hentakan di snare menjadikan lagu ini tepat rasanya dijadikan theme song dari 5 ELANG.

Dua lagu berikutnya, Akulah Sahabatmu dan Jagoan Elang mengedepankan pesan persahabatan dengan caranya masing-masing. Dalam Akulah Sahabatmu, Nelwan dengan vokal khasnya (perhatikan bagaimana dia menarik nafas di setiap akhir frasa) menggambarkan bagaimana seorang anak menyemangati sahabatnya, penuh percaya diri dan keyakinan. Sedang Teuku Rizky dalam Jagoan Elang, bernyanyi dengan suara lembut tipisnya. Berbeda dengan rasa percaya diri dalam lagu Akulah Sahabatmu, lagi Jagoan Elang menggambarkan usaha seseorang dalam meyakinkan sahabatnya bahwa ia adalah yang terbaik. Liriknya terasa lugu dan lugas.

Kebingungan yang dialami anak remaja dalam menghadapi godaan yang bernama cinta tertuang dalam lagu Suka Padamu yang dinyanyikan Bastian Bintang. Liriknya terasa akrab dengan kehidupan remaja yang memang banyak bingungnya dalam mengutarakan cinta, seperti lirik yang ini, Aku dilirik olehmu membuatku ingin lari saja. Sedang di lagu terakhir, Terima Kasih yang dinyanyikan Iqbaal Dhiafakhri pun menjadi penutup yang menenangkan. Irama country dan lirik penuh ucapan syukur menjadi sebuah perenungan sederhana dari seorang anak pramuka ketika bangun pagi dan menikmati indahnya alam dalam sebuah perkemahan.

Sebagai album lagu anak, album ini menjadi album yang layak dikoleksi terutama oleh anak-anak karena musiknya yang easy listening dan liriknya yang sederhana namun puitis serta bermakna dalam. Kalau pun ada kurangnya, mungkin itu adalah jumlah lagu yang ada di album ini. Mengapa tak menyertakan lagu tentang pramuka mengingat kegiatan ini berkurang pamornya dari hari ke hari. Bukan begitu?

Tracklist:
01. Elang
02. Akulah Sahabatmu
03. Jagoan Elang
04. Suka Padamu
05. Terima Kasih
(kpl/dka)



Lihat Arsip Musik

- - -