Kahitna, 'LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK', Bukan Sekedar Album Pop Romantis

Senin, 03 Mei 2010 08:59 | 

Kahitna






  • Kahitna, 'LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK', Bukan Sekedar Album Pop Romantis
    Kahitna, 'LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK' ©http://www.downloadmp3andsonglyrics.com

KapanLagi.com - Oleh: Mahardi Eka

"All you need is love, all you need is love. All you need is love, love, love is all you need. Love, love, love, love, love, love, love, love, love."

Penggalan bait reff lagu All You Need Is Love milik The Beatles di atas boleh jadi sebuah kalimat yang bisa merangkum gambaran intisari kehidupan ini. Bukan semata-mata ingin bersikap naif dengan mengagung-agungkan bahwa cinta adalah segalanya di dalam hidup ini, namun cinta memang sesuatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap orang yang ingin kehidupannya di dunia ini terasa lebih berwarna. Filosofi sederhana tersebut nampaknya telah berhasil dibawakan secara apik oleh grup musik asal Bandung, Kahitna selama kurang lebih 20 tahun mereka berkarir.

Kelompok musik yang mengawali karir bermusik mereka di tahun 1994 dengan meluncurkan album CERITA CINTA ini memang sudah dikenal sebagai juragan lagu pop romantis. Hampir setiap lagu yang mereka bawakan dalam tiap albumnya selalu bernafaskan tentang cinta. Urusan mencipta lagu cinta, kelompok ini punya jawaranya , Yovie Widianto. Sebut saja lagu-lagu hit macam Cantik, Andai Dia Tahu, Setahun Kemarin, Permaisuriku, Cinta Sudah Lewat, Katakan Saja, dan Aku Dirimu Dirinya yang telah diciptakan oleh lelaki kelahiran 21 Januari 1968 ini untuk Kahitna. Selain musik yang catchy serta easy listening dengan paduan vokal yang lemut, kekuatan lirik yang dicipta oleh Yovie Widianto memang jadi kekuatan kelompok musik ini dalam berkiprah panggung musik tanah air. Paduan lirik yang sederhana namun jujur serta bungkusan musik yang manis memuat lagu-lagu Kahitna terasa dekat kalau tidak mau diilang intim dengan para penikmat musik pop terutama para soulmate (penggemar Kahitna-red).

Beranggotakan Yovie Widianto (piano, keyboard), Mario Ginanjar (vokal), Hedi Yunus (vokal), Carlo Saba (vokal), Dody Isnaini (bass), Harry sudarhiman (perkusi), D. Bambang Purwono (keyboard), Budiana Nugraha (drum), dan Andrie Bayuaji (gitar), kelompok musik pop romantis ini kembali menghadirkan tema cinta dalam album ketujuh mereka, LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK. Selain akan menyuguhkan 11 lagu cinta dalam album ini, Kahitna juga menyuguhkan penampilan yang berbeda dari album-album sebelumnya, dasi kupu-kupu. Tidak berhubungan langsung dengan musik mereka memang, namun dengan imej dasi kupu-kupu ini, Kahitna telah mengukuhkan diri sebagai juragan lagu pop romantis yang manis. Dengan imej baru ini Kahitna tentunya akan memuat histeris para soulmate yang memang didominasi oleh kaum hawa.

"Di saat engkau di sana, kadang langit terasa gelapnya."

Potongan bait lagu di atas adalah pembuka lagu Untukku yang pernah dipopulerkan oleh almarhum Chrisye. Di album ini, lagu 'daur ulang' ini dipasang sebagai lagu pembuka oleh Yovie dan kawan-kawan. Lagu Untukku memang sebuah lagu yang everlasting, tak hanya almarhum Chrisye, komposer ternama Indonesia, Erwin Gutawa pun pernah menggarapnya secara instrumental. Soal kekuatan lirik memang lagu ini sudah tak diragukan lagi, yang menarik, Kahitna berhasil menggarapnya secara berbeda dari versi yang pernah dinyanyikan oleh Chrisye. Almarhum Chrisye memang dikenal berkarakter dalam membawakan lagu apapun. Oleh karena itu, arransemen baru Untukku yang dibawakan oleh Kahitna adalah sebuah poin tersendiri bagi album ini.

Dari detik dimana paduan vokal secara acapella Mario, Hedi, dan Carlo terdengar, Kahitna sukses membuat lagu ini menjadi "Kahitna" banget. Disusul dengan iringan sound yang mirip petikan gitar akustik, lagu ini perlahan-lahan membius kuping para pendengarnya untuk menikmati lagu ini tanpa harus membanding-bandingkannya dengan versi Chrisye. Yang patut dipuji adalah tidak dihilangkannya sahut-sahutan vokal antara Mario, Hedi, dan Carlo dengan vokal seorang wanita di akhir lagu seperti pada versi Chrisye dulu. Vokal yang bersahutan terseut memang membawa nyawa tersendiri bagi lagu ini. Sebagai bentuk tribute untuk Chrisye, Kahitna patut mendapat acungan jempol.

Selain lagu Untukku, Kahitna juga menggarap ulang lagu Menanti yang dulu pernah dipopulerkan oleh Dea Mirella. Pada lagu ini Kahitna sengaja tidak merubah arransemen lama yang dulu pernah dibawakan oleh Dea. Isian keyboard masih menjadi pondasi musik-musik Kahitna seperti yang dulu-dulu. Satu yang menggelitik, ditengah-tengah lagu, disisipkan penggalan lagu Cinta Sudah Lewat. Sisipan ini juga terasa cocok dan tidak terkesan dipaksakan baik dari sisi arransemen musik maupun makna liriknya, seakan menyatu dan saling melengkapi.

Lagu lain yang menarik perhatian adalah Lebih Dari Sekedar Cantik. Dipakai sebagai judul album, tentunya lagu ini memiliki suatu kelebihan dibandingkan lagu-lagu yang lain. Suara tamborin dan gitar akustik yang diiring isian sound keyboard yang riang sudah membuat penasaran sejak awal lagu diputar. Bisa dipastikan, lagu ini bakal menebarkan nuansa riang serta keceriaan dalam musiknya. Apalagi paduan vokal Hedi, Carlo, dan Mario yang seperti sedang dimabuk asmara menambah kadar kebahagian yang ingin disampaikan lagu ini. Musik yang dibawakan dalam lagu sangat klop dengan liriknya yang bercerita tentang seseorang sedang dimabuk asmara. Tanpa memakai pilihan kata yang bertele-tele, Kahitna memilih kata 'lebih dari sekedar cantik' untuk menggambarkan kekaguman mereka pada sosok yang mereka cinta.

Dibuka dengan harmoni yang apik antara suara piano elektronik, bass, dan drum, lagu Pacarku membawa semangat yang berbeda lagi dalam album ini. Seperti sebuah siklus dalam kisah kasih sepasang kekasih, lagu ini bercerita tentang keraguan yang dialami oleh seorang wanita terhadap sang kekasih. Alih-alih membungkus kisah tersebut dalam musik yang mellow, Kahitna memakai musik yang upbeat sebagai latar kisah tersebut. Musik yang ceria menjadi penanda bahwa sang kekasih tersebut berusaha tulus meyakinkan sang wanita untuk tetap percaya kepadanya, bahwa dia adalah milik sang wanita. Ada sebuah optimisme yang tersirat dalam jalinan kisah tersebut, dan itu nampak dari musik yang dibawakan. Hal yang sering terjadi dalam kehidupan nyata bisa diuah Kahitna menjadi lagu yang enak didengar.

Seperti kisah cinta itu sendiri yang tidak selalu berakhir dengan kebahagiaan, lagu Kahitna yang satu ini juga mengangkat sisi lain dari kisah cinta. Lagu Mantan Terindah adalah salah satu lagu Kahitna yang bercerita tentang hubungan seseorang dengan mantan kekasihnya. Walau seseorang tersebut mengakui bahwa mantan kekasihnya tersebut adalah mantan terindah, ia tak bisa menjalin hubungan kembali bersamanya. Sebuah dilema besar yang harus dihadapi tentunya. Sebuah kisah yang sedih memang, apalagi dibalut dengan iringan piano dan sayatan biola, semakin menambah miris yang mendengarkan. Tanpa menghakimi siapa yang benar dan salah, Kahitna memubuat perpisahan itu jadi terasa indah serta megah.

Dengan cinta, hidup terasa lebih hidup. Mungkin inillah yang ingin disampaikan oleh Kahitna lewat lagu pamungkasnya, Everybody Needs Somebody. Jika diterjemahkan secara harafiah, setiap orang butuh seseorang untuk berbagi cinta dengannya. Dengan begitu, hidup terasa menyenangkan untuk dijalani. Suasana kemeriahan jelas nampak dari musiknya yang menggabungkan permainan drum yang rancak, sound kocokan gitar yang groovy, sound terompet, dan betotan bass yang begitu dinamis dalam musik soul fusion. Sungguh cocok dipakai untuk berpesta.

Di album yang ketujuh ini, Kahitna sekali lagi berhasil membawakan tema cinta dengan berkelas. Dua puluh tahun berkiprah di genre pop romantis ternyata tak membuat kelompok musik asal Bandung ini menjadi usang dan kekurangan ide dalam mengemas tema ini menjadi sajian yang enak didengar, bermakna dalam, serta tak mudah dilupakan. Dengan perpaduan vokal yang sudah klop antara Mario, Carlo, dan Hedi, lirik romantis ciptaan Yovie, serta musik racikan khas Kahitna , tak salah jika nanti ke depannya Kahitna menjadi jawara lagu-lagu pop romantis. Mau cari soundtrack kisah percintaan anda? Coba dengar Kahitna!

Track list LEBIH DARI SEKEDAR CANTIK:

  • Untukku
  • Lebih Dari Sekedar Cantik
  • Hampir Jadi
  • Cemburu Buta
  • Mantan Terindah
  • Bintang
  • Menanti
  • Pacarku
  • Mentariku
  • Insomnia
  • Everybody Needs Somebody
    (kpl/dka)

  • Nama
    Email
    Komentar
    Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

    Komentar Pembaca (1)

    Lihat Arsip Musik

    - - -