Di-Da: 'DUOGRAPHY', Membawa Kesegaran

Selasa, 09 April 2013 09:09 | 

Di-Da

Di-Da: 'DUOGRAPHY', Membawa Kesegaran
Di-Da @ i111.photobucket.com





KapanLagi.com - Oleh: Kidung Mardika

Satu lagi musisi berkualitas di industri musik mainstream Indonesia terlahir. Seakan sadar bagaimana tidak kerennya musik melayu yang sempat mendominasi, kini label rekaman di Indonesia mulai mengorbitkan musisi-musisi yang memang berkompeten.

Sebut saja Sandhy Sandoro dan beberapa pendatang baru lainnya. Mereka mempunyai dasar yang diperlukan untuk menjadi seorang bintang. Hal itu pula yang dimiliki oleh Di-Da. Band yang di awal kehadirannya terkenal lewat situs YouTube ini telah berhasil menembus pasar musik Indonesia.

Di awal kedatangannya duo yang digawangi oleh Rendy (Gitar) dan Iggo (Bass) ini lebih dikenal lewat situs YouTube. Hingga akhirnya mereka berhasil menelurkan album perdana berjudul DUOGRAPHY. Album tersebut dirilis di bawah naungan Universal Music Indonesia. Album dengan cover foto mereka ini berisikan 11 lagu yang nyaman untuk didengarkan di waktu senggang.

Genre yang mereka usung adalah American Pop dengan sedikit sentuhan blues dan country. Bahkan sebutan John Mayer-nya Indonesia mulai tersemat dalam diri mereka. Semua terbukti ketika lagu pertama mulai diputar. Dengan judul Bercintalah Cinta, lagu ini benar-benar enak untuk didengarkan. Intro dimulai dengan ritmis clean guitar yang catchy. Masuk ke bagian reff lagu ini, nada yang lebih santai di awal menjadi lebih semangat. Lagu ini sendiri menceritakan bagaimana cinta adalah bagian penting dalam sebuah hidup.

Masuk ke lagu kedua, telinga bakal disambut dengan gesekan biola yang merdu. Diiringi suara gitar akustik yang manis, lagu berjudul Cinta Gantung ini begitu nyaman. Rendy begitu santai dalam membawakannya. Dilanjutkan dengan lagu Satu. Track nomor 3 di album DUOGRAPHY ini menyajikan beat yang lebih slow. Lagu ini menceritakan tentang kebimbangan cinta. Kemasan yang pas untuk lagu bertema seperti itu.

Perjalanan album DUOGRAPHY berlanjut di lagu Rinduku. Dari judul lagu saja kita sudah bisa menebak makna lagu tersebut. Alunan musik yang lembut diiringi gesekan biola yang begitu mendayu. Musik mereka mampu menutupi kekurangan mereka dalam segi lirik yang sepertinya masih saja berkutat dengan tema cinta.

Setelah Rinduku, Di-Da menaruh lagu Siapa Namanya sebagai sajian album ini. Diawali dengan nyanyian choir khas musisi gereja, lagu ini kental dengan nuansa Amerika. Menegaskan arah musik mereka yang banyak mengandung unsur pop Amerika. Setelah mereka 'digantungkan' di track nomor 2 dan 'merindu' di track nomor 3, di track 6 Di-Da 'lelah'. Lagu di track nomor 6 ini berjudul Lelah Hati. Lagu yang menceritakan sebuah kegalauan. Hanya diiringi gitar akustik dan harmonika, suara Rendy begitu sedih di lagu ini.

Tak mau larut dalam kesedihan terlalu dalam, album ini dilanjutkan dengan lagu Jelaskan Maumu Apa. Setelah lelah menghadapi kisah cinta yang begitu rumit, dalam lagu ini mereka seakan menegaskan hubungan mereka jangan lagi digantung dan harus ada kepastian dari semuanya.

Setalah lagu Jelaskan Maumu Apa ada lagu Tak Ingin. Lagu manis ini dimulai dengan alunan melodi gitar yang merdu. Terjebak dalam cinta segitiga adalah tema dari lagu ini. Kemudian di lanjut dengan lagu Percayalah. Lagu ini kental sekali aroma blues-country-nya. Beat yang tidak terlalu cepat namun bisa membuat kepala bergoyang.

Tenanglah Kawan menjadi track nomor 10 album perdana band yang berada di bawah naungan manajemen Orange Ent. ini. Setelah dimanjakan dengan alunan country-blues di lagu sebelumnya, pendengar akan lebih puas dengan mendengarkan lagu ini. Kali ini mereka membalutnya dengan sedikit sentuhan swing. Menarik sekali.

Perjalanan menjelajahi DUOGRAPHY segera berakhir. Lagu Takkan Berakhir yang dijadikan single dalam album ini ditaruh paling ujung. Lagu ini mengisyaratkan mereka akan membuat lebih banyak lagi karya. Pilihan yang tepat untuk menjadikan lagu ini sebagai outro. Lagu ini adalah lagu yang paling meriah dari keseluruhan lagu di album. Meskipun tetap mengangkat tema kegalauan, mereka mengisyaratkan untuk segera move-on dengan beat yang ceria.

Weel, kali ini kalian punya alternatif pilihan musik untuk mengiringi kisah perjalanan cinta. Setidaknya bukan lagu yang selalu mendayu yang menjadi konsumsi dengar setiap hari.

Track List:

1. Bercintalah Cinta
2. Cinta Gantung
3. Satu
4. Rinduku
5. Siapa Namanya
6. Lelah Hati
7. Jelaskan Maumu Apa
8. Tak Ingin
9. Percayalah
10. Tenanglah Kawan
11. Takkan Berakhir

(kpl/kid)



Lihat Arsip Musik

- - -