Angeliq: 'PERTAMA', Album Pertama Yang Kedodoran

Sabtu, 08 November 2008 10:00 | 

Angel Lelga






  • Angeliq: 'PERTAMA', Album Pertama Yang Kedodoran
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Nama Angeliq mungkin terdengar asing di telinga, namun bila melihat siapa Angeliq sebenarnya, Anda pasti akan tahu bahwa ia bukanlah pendatang baru. Ia mungkin lebih dikenal dengan nama Angel Lelga. Lalu apa yang sebenarnya ditawarkan Angeliq lewat album berjudul singkat, PERTAMA ini?

Agaknya ada usaha untuk mengubah imej secara total dalam album ini. Mulai dari nama hingga gaya bermusik dari artis ini. Bila sebelumnya publik mengenalnya sebagai penyanyi dangdut, kali ini Angeliq mencoba mengusung genre pop dalam delapan lagu yang dikemas dalam album ini.

Sebenarnya tak banyak yang bisa ditawarkan album ini. Tak ada yang baru dari kedelapan lagu yang ada dalam album ini, baik dari tema, lirik hingga aransemen. Semua lagu masih mengusung tema cinta yang kadang mulai jadi terasa menjenuhkan lantaran tak menawarkan sudut pandang yang cukup segar untuk bisa mengangkat tema itu jadi lebih menarik.

Beberapa lagu sebenarnya punya potensi untuk jadi sebuah lagu yang pantas didengar. Misalnya saja lagu kedua yang berjudul Maafkan Tuhan yang kental dengan gaya bermusik Bebi Romeo. Lagu yang dibuka dengan suara denting piano ini terasa mengalun lembut dan perlahan bermetamorfosa menjadi sebuah lagu yang megah dan ditutup dengan suara gitar akustik dan piano yang membawa nuansa kembali sunyi. Sayangnya lagu ini jadi terasa 'sia-sia' lantaran Angeliq tak mampu menerjemahkan 'roh' lagu ini ke dalam tarikan vokalnya.

Vokal Angeliq sempat kedodoran terutama di saat harus menjangkau nada-nada rendah. Angeliq seolah juga tak mampu membawakan lagu ini dengan 'mulus' sehingga lagu yang indah ini jadi terasa 'tersendat-sendat' terutama pada sisi vokal.

Kasus yang sama terulang pada lagu keempat yang bertitel Cinta Tak Harus Memiliki. Kali ini bahkan lebih parah karena di awal lagu Angeliq harus bernyanyi hanya dengan iringan denting piano yang lamat-lamat terdengar di belakang. Angeliq lagi-lagi tak mampu menyatu dengan emosi yang dibawa lagu ini. Yang lebih buruk lagi, lompatan antar nada yang cukup jauh tak mampu di-handle vokal Angeliq dengan baik.

Dari delapan lagu yang ada, bisa jadi cuma lagu ketiga yang berjudul Pertama yang paling 'pas' dibawakan Angeliq. Bisa jadi itu juga alasan kenapa lagu ini yang juga dijadikan single andalan album ini, bukan karena lagu ini yang terbaik di antara lagu lainnya namun karena ini lagu yang paling 'bisa didengar' di antara kedelapan lagu yang ada. (kpl/roc)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -