Andre Manika: 'KIDUNG KENCANA' Paduan Idealisme dan Artistik

Sabtu, 07 Oktober 2006 16:22





  • Andre Manika: 'KIDUNG KENCANA' Paduan Idealisme dan Artistik
    Ilustrasi

KapanLagi.com - Sebuah perpaduan idealisme dan artistik seorang musisi sarat talenta, Andre Manika hadir dalam wadah album KIDUNG KENCANA. Selama ini Andre terkenal sebagai musisi tanpa katalog. Dan ini untuk pertamakalinya dia menggoreskan sejarah. Menulis dan menyanyikannya sendiri.

Dengan 12 tembang, Andre menghadirkan berbagai warna musik dari pop oldies, cha cha, bossas, pop rock, dan rock n roll, dengan instrumentasi yang padat sampai pada sesuatu yang minimalis.

Beberapa lagu yang ngebeat antara lain, Bahasa Rasa, Kenangan Yogya, Ikatlah Hatimu dan Lagu Cinta. Yang terkesan lembut ada pada Kidung Buat Mama, Kidung Buat Yogya dan Janjiku. Yang terkesan oldies tertuang pada Wajah Cinta Bertahan. Semenatara kesan nge-pop ada di Sjak Cinta dan Pelipur Lara. Tapi ada satu lagu yang bertema paling beda, Bunga Bunga Bangsa, lagu ini bercerita tentang Indonesia hari ini yang penuh bencana alam, korupsi dan perselisihan, dan ini kritik sosial ala Andre Manika.

Pada lagu KIDUNG BUAT YOGYA direkam dengan system analog berpita 2 inci, sehingga menghasilkan nuansa musik yang lebar karena Kidung Buat Yogya ditata dengan arrasemen orkestra dan dimainkan para musisi ISI Yogya dibawah Kindar selaku orchestra director. Bernada mellow,lagu ini dibalut string section.

Kenangan Yogya, lagu ini bertema cinta biasa, namun yang tidak biasa adalah permainan gitar akusitik Andre yang diberi sentuhan pentatonik hampir pada koda lagu. Dan suara perempuan sebagai penyanyi latar.

KIDUNG KENCANA yang dipilih sebagai title album. Ditulis untuk mensyukuri kebesaran Yang Maha Pencipta atas diturunkannya bakat pada dirinya. Dimainkan dengan seksi string piano, flute dengan bentuk orkestrasi yang lebar juga ditata dalam rekaman analog berpita 2 inci.

Ingin mengecap rasa idealisme dan artistiK disatukan, silahkan simak album ini. (wwn) (kpl/nat)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (0)

Lihat Arsip Musik

- - -