[Interview] Jay Park, Lebih Berkarakter dan Berkualitas

Selasa, 05 Juni 2012 11:56 | 

Jay Park

[Interview] Jay Park, Lebih Berkarakter dan Berkualitas
Jay Park di Indonesia




KapanLagi.com - Datang untuk kedua kalinya di Indonesia, Jay Park terlihat lebih berkarakter. Kali ini ia mengantongi album terbarunya bertajuk NEW BREED dalam konser maupun showcase yang digelarnya di Balai Sarbini. Yuk kenal lebih dekat...

Rencananya, Jay Park akan stay di Jakarta selama 3 hari dan kabarnya ia juga akan melakukan perjalanan ke Bali untuk menemui fans-fansnya di sana. Pria yang baru saja berulang tahun ini, tepatnya 25 April lalu terjun langsung dalam pembuatan album NEW BREED. Ditemui oleh tim KapanLagi.com di salah satu hotel di kawasan Sudirman belum lama ini, Jay Park mengungkapkan beberapa cerita tentang album terbarunya. Simak obrolan seru kami berikut ini:

MUSIC, CAREER AND NEW BREED
Apa yang membuat album NEW BREED ini spesial untuk kamu?
Jay Park: Album ini bernuansa hip hop dan RNB. Saya ingin memberikan musik yang bagus kepada para pendengar dan juga memberikan mereka banyak pilihan lagu, that's why saya menaruh banyak track untuk album ini. Album ini sangat spesial karena saya turun tangan langsung dalam proses produksi. Saya menulis lagu dan membuat musiknya juga.

Apa tantangan terbesarmu dalam mengerjakan album ini?
Jay Park: Menyelesaikan album ini tentunya merupakan tantangan tersendiri untuk saya. Banyak sekali tekanan yang saya terima selama proses pengerjaan album ini, saya yang membuat lagunya, saya juga yang meng-aransemen lagu-lagu dalam album ini, jadi saya benar-benar harus mencurahkan seluruh pikiran saya dan butuh waktu sekitar 1 tahun untuk mengerjakan album ini.

Lagu yang paling kamu sukai di sini?
Jay Park: Semuanya adalah lagu favorit saya! Saya rasa tergantung mood saya sedang ingin mendengarkan yang mana hahaha... Kalau saya sedang memiliki mood yang bagus mungkin saya akan mendengarkan Girlfriend kalau sudah larut malam dan saya sedang merasa cukup sendu mungkin saya akan mendengarkan Star.

Apa sih harapan kamu dari album NEW BREED ini?
Jay Park: Saya hanya ingin memberikan musik yang berkualitas. Musik yang bisa dinikmati oleh banyak orang, yang membuat orang lain merasa related dengan lagu yang saya nyanyikan. Saya ingin mereka bisa berdansa dengan lagu saya, menangis saat mendengarkan lagu saya, saya hanya ingin orang lain merasakan apa yang saya rasakan saat saya menyanyikan lagu-lagu yang ada di album saya.

Jay Park di JakartaJay Park di Jakarta

Apakah kamu memiliki rencana yang spesifik untuk memperluas karirmu?
Jay Park: Well, saya akan membagikan link untuk mendownload lagu saya secara gratis, yang berlaku untuk fans-fans saya di Inggris. Basically, hanya sebuah mix tapes yang berisi 6 lagu dalam bahasa Inggris, kalau memang hasilnya bagus, kita lihat jalannya akan kemana. Saya sangat terbuka untuk kemungkinan apapun.

Apakah kamu akan melakukan tur ke Korea?
Jay Park: Ya, saya rencananya akan melakukan konser di Seoul dan kalau memang ternyata penjualan tiketnya cukup baik, mungkin saya akan merencanakan sebuah world tour.

Apakah kamu merindukan kota kelahiranmu, Seattle. Kalau iya, apa yang membuatmu merindukan Seattle?
Jay Park: Saya sangat merindukan Seattle. Saya rindu kepada teman-teman saya, pada keluarga saya, karena mereka sangat penting untuk saya.

Apa hal terbaik dari menjadi terkenal?
Jay Park: I don't know, menurut saya keuntungannya adalah banyak orang yang pada akhirnya mendengarkan lagu saya. Menjadi populer bukanlah sebuah tujuan, saya rasa saya beruntung dan diberkahi, sehingga saya bisa mencapai titik ini.

Siapa orang yang kamu pikirkan saat kamu sedang membuat lagu?
Jay Park: Tidak ada orang yang spesifik, saya hanya memikirkan beberapa cerita-cerita yang saya tahu, lalu saya coba untuk membuat irama, dan sisanya mengalir begitu saja.

Jelaskan definisi 'Good music' menurut Jay Park?
Jay Park: Musik yang bagus adalah musik yang tidak membuatmu bosan, walaupun kamu sudah mendengarkannya beribu-ribu kali.

COLLABORATION
Apakah kamu ingin melakukan kolaborasi dengan penyanyi Indonesia?
Jay Park: Jujur, saya tidak begitu tahu tentang penyanyi-penyanyi Indonesia, namun saya terbuka untuk kolaborasi dengan siapa saja, terutama jika memiliki genre musik yang sama. Saya harap saya bisa bertemu dengan musisi dari Indonesia hari ini.

Oh iya, dengar-dengar kamu sempat bekerja sama dengan Far East Movement, what do you think about them?
Jay Park: Mereka sangat baik dan they are like really cool. Mereka juga pekerja keras dan kami saling mendukung karir musik masing-masing.

Ceritain dong tentang pertemuan pertama kali antara kamu dan Far East Movement?
Jay Park: Saya pernah bertemu mereka di salah satu event, dan kami saling bertegur siapa, and we became really close.

 

Jay Park di JakartaJay Park di Jakarta

 

WOMAN AND FANS
Wanita seperti apa sih yang bisa mengambil hati seorang Jay Park?
Jay Park: Well, just be cool, punya sense of humor yang baik, santai, dan murah senyum.

Apa hal termanis apa yang pernah kamu lakukan untuk seorang wanita?
Jay Park: Well, it's been a while... Mungkin hal termanis yang pernah saya lakukan adalah memberikan perhiasan seperti cincin atau kalung.

Ini kedua kalinya kamu datang ke Indonesia, bagaimana tanggapanmu tentang fans-fansmu disini?
Jay Park: Saya sangat kaget karena pada showcase semalam semua penonton ikut menyanyikan lagu saya. Saya sangat bahagia dan sangat kaget karena mengetahui bahwa lagu dan album saya diterima dengan sangat baik di Indonesia.

Siapa supporter terbaik kamu selama kamu hidup?
Jay Park: Tentunya keluarga dan fans-fans saya.

Dari mana inspirasimu berasal?
Jay Park: Saya mendengarkan berbagai macam musik, saya menonton banyak sekali pertunjukan musik, saya mendengarkan cerita-cerita dari orang lain yang juga berkecimpung di industri yang sama, saya berbagi pengalaman dengan orang lain, dan ya itulah hal-hal yang menginspirasi saya.

Kamu selalu mengatakan bahwa kamu memiliki jiwa yang bebas, apa yang laki-laki seperti kamu lakukan dalam menghadapi jadwal yang sangat padat?
Jay Park: Saya memilih karir yang saya jalani sekarang, saya 100% memiliki kontrol akan apa yang saya pilih, jadi walaupun saya memiliki jadwal yang sangat padat, saya menjalani apa yang saya inginkan, hal inilah yang menjadikan saya tetap bahagia dalam menjalaninya.

Jay ParkJay Park

STYLE

Kamu adalah penyanyi yang sangat fashionable, apa rahasia di balik penampilanmu?
Jay Park: Sebetulnya saya bukan pria yang mengikuti dunia fashion, saya hanya memilik pakaian yang membuat saya terlihat bagus, nyaman dipakai, dan tentunya bersih. T-shirt, jeans, dan sneakers sudah cukup untuk saya.

Kamu tampil sangat atraktif di atas panggung, pernahkah kamu mengalami cedera?
Jay Park: Tidak pernah ada cedera yang serius, hanya sedikit kram saja.

Terdapat kissing scene di dalam video klip kamu, apakah ini akan menjadi ciri khas Jay Park?
Jay Park: Tidak, karena basically saya melakukannya karena tuntutan dari sutradara (sambil tertawa).

Kamu sering disebut sebagai K-pop singer, padahal musikmu sendiri tidak terlalu merepresentasikan K-pop, how do you feel about this?
Jay Park: Saya tidak keberatan dikatakan sebagai K-pop singer, RNB singer, atau Hiphop singer. Silahkan panggil saya dengan julukan apapun, saya hanya ingin memberikan musik yang berkualitas. (kpl/boo)



Lihat Arsip Musik

- - -