[Interview] Drive Band Lebih Bersinar

Rabu, 18 April 2012 14:53 | 

Drive Band

[Interview] Drive Band Lebih Bersinar
Drive Band di kantor Kapanlagi




KapanLagi.com - Band yang dibentuk pada tahun 2003 silam ini sudah tentu karya dan namanya sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Mereka adalah Drive. Tiga album telah dihasilkan bersama vokalis yang pertama, yaitu Anji, dan kini Drive seakan tak mau stop begitu saja.

Lepas dari hengkangnya Anji, personil Drive yang lain tidak mau menghentikan langkah mereka. Drive pun membuka audisi untuk mencari vokalis pengganti Anji. Dan pada akhirnya terpilihlah Takaeda, yang sebelumnya merupakan song writer untuk beberapa penyanyi lain.

Sebelum memutuskan untuk bergabung dengan Drive, Takaeda juga menerima tawaran untuk bersolo karir. Namun, hatinya berkata bawha Drive adalah pilihan yang benar untuk hidupnya. Maka hadirlah Drive dengan format baru bersama Takaeda di dalamnya.

Simak dulu yuk curhatan Drive saat mereka mengunjungi kantor KapanLagi.com®pada hari Senin, tanggal 9 April 2012 lalu.

Ceritain dong, Drive sekarang lagi sibuk apa aja?
Takaeda
: Sekarang kita lagi sibuk off air dan on air, terus masih jalan-jalan juga untuk promo single kedua kita yang judulnya Harusnya Kau Sadari. Nah, di single kedua ini, kita bikin film pendek yang ceritanya merpepresentasikan isi dari lagu ini.

Untuk konsep film pendeknya ini seperti apa sih?
Takaeda: Konsep film pendeknya bisa dijelasin sama Adi, karena kebetulan Adi yang jadi sutradara untuk film pendek ini.
Adi: Lagunya sendiri kan bercerita tentang orang yang punya hubungan jarak jauh atau long distance relationship. Kebetulan lagu ini merupakan curhatan song writernya, yaitu Takaeda. Dulu Takaedabikin lagu ini karena mantannya di Surabaya dan dia di Jakarta, tapi settingannya dibagusin dikit. Satu di London, satu di Jakarta. Nah, karena jakar yang super jauh ini akhirnya hubungan mereka engga bisa dilanjutin. Pokoknya ceritanya galau abis deh!

Kalau untuk konsep video klipnya benar-benar sama dengan film pendeknya atau berbeda?
Adi: Kalau di video klipnya ini menurut Takaeda sih bercerita tentang hati yang terpenjara.
Takaeda: Jadi disini gue mau menceritakan tentang hubungan yang sangat complicated, yang kalau dilanjutkan juga engga jelas, tapi disudahi juga berat. Kalau di video klip sih ceritnya cowoknya dipenjara dan ceweknya akhirnya capai menunggu si cowoknya ini. Eh, pas cowoknya keluar dari penjara, ceweknya udah punya pacar lagi.  Intinya keadaan di mana ada dua orang yang masih saling mencintai, engga didukung sama keadaan, sehingga mereka akhirnya berpisah.

So, lagu ini kan merupakan ciptaan dari Takaeda, menurut Takaeda sendiri ada engga sih perbedaan dari nulis lagu untuk orang lain dan nulis lagu untuk band sendiri?
Takaeda
: Basicnya sama aja.Bedanya tuh kalau nulis lagu buat penyanyi lain, gua harus bisa ngebayangin si penyanyi tersebut, sedangkan  kalau nulis lagu buat band sendiri ya gua engga perlu ngebayangin siapa-siapa.

Untuk Drive sendiri kan, Takaeda baru saja menjadi anggota band ini. Dari karakter vokal jelas beda dengan vokalis sebelumnya. Menurut kalian apa sih kelebihan Takaeda disbanding vokalis yang dulu?
Budi: Ya kaya pengantin baru aja sih,  Kaya ngeband baru mulai lagi, tapi kalau off air tabungan lagunya udah banyak.
Dyego: Kalau Takaeda memang penampilan dan gayanya jelas beda banget sama Anji. Perbedaan yang paling jelas sih mungkin pas Drive tampil secara live, Takaeda kan juga main gitar, kadang juga main piano. Itu hal yang baru aja menurut gue.
Adi: Banyak kelebihan Takaeda, yang jelas saat dia masuk Drivegue merasa seperti menemukan saudara baru lagi. Masalah penyesuain diri sampai kapanpun akan selalu ada penyesuaian, jadi so far sih gue senang.

Untuk album keempat Drive CAHAYA TERANG ini kan proses pembuatannya cukup lama, bisa diceritain nggak tentang perjalanan Drive dalam merampungkan album ini?
Adi: Pembuatan album ke empat ini memang merupakan pembuatan album Drive yang paling lama. Dimulai dari bulan Maret 2011 lalu, dan baru rampung di bulan September. Sempat ke pending juga kan karena ada pergantian vokalis. Bulan Maret materi album sudah selesai, tapi di bulan Mei Anji resmi keluar dari Drive. Mulai deh kita repot sendiri audisi vokalis sampai akhirnya menemukan yang pas dan start recording lagi di bulan Juli.

Siapa yang paling banyak menyumbangkan karya untuk album CAHAYA TERANG ini?
Adi: Untuk album ini Takaeda menyumbangkan 2 lagu, Adi 3 lagu, Dyego 3 lagu, Budi 4 lagu.
Dyego: Sistem di Drivememang enggaboleh ada personil yang nganggur, jadi setiap personil harus rajin-rajin nyetor lagu.

Selain perbedaan di vokalis, apa lagi sih perbedaan Drive yang dulu dengan Drive yang sekarang?
Adi: Bedanya karena Takaeda memiliki influence sendiri dan dia merupakan anggota yang paling baru. Selain itu, Takaedajuga bisa main piano, sehingga kita bisa eksplor lagi untuk konsep musiknya.

Untuk Takaeda sendiri nih, bener nggak sih mengenai rumor kalau kamu dikontrak seumur hidup sama Drive?
Takaeda: Gue pribadi sih kalau sudah berkomitmen dan chemistrynya juga dapat banget, gue akan stick dengan pilihan gue. Kalau gue udah nemuin tempat yang nyaman, gue akan stay disitu terus, dan gua merasa sangat nyaman dengan Drive. Buat gue, Driveadalah tempat gua belajar, di mana tiap panggung memberikan pelajaran yang berbeda dan membuat gue bisa belajar serta berkembang untuk jadi lebih baik.

Kalau untuk Budi, Adi, dan Dyego ada trauma engga sih karena pernah ditinggal oleh vokalis, posisi yang notabene sangat penting untuk sebuah band?
Adi: Sebetulnya pergantian vokalis bukanlah hal yang mudah sama sekali. Masalah ini cukup berat dan cukup besar, tapi disisi lain kita jadi berpikir buat apa sih kita menyerah kalau masalah yang berat dan tantangan ini bisa kita lewati juga. Jadi masalah-masalah yang akan datang nantinya pasti bikin kita tambah kuat, dan pastinya bisa kita lewatim bareng-bareng.
Dyego: Trauma engga sih. Gimanapun band ini harus tetap jalan, walaupun kehilangan vokalis adalah salah satu hal terberat yang pernah dihadapi oleh Drive, tapi bukan berarti hal ini membuat kita kehilangan harapan, justru hal ini menjadi cambuk untuk kita terus maju dan berkarya lebih baik lagi.
Budi: Kejadian itu sih gua anggap sebagai pengalaman yang luar biasa karena engga semua band menghadapi itu dan engga semua band berhasil melewati itu. Yakin aja kalau hal ini akan berguna untuk ke depannya.

Apa harapan Drive untuk album CAHAYA TERANG?
Adi: Nah, itu dia, kita pengen jadi cahaya yang bisa menerangi siapapun (sambil tertawa)
Budi: Gua harap sih Drive bisa bersinar lebih terang lagi dengan cahaya barunya.
Dyego: Semoga aja formasi ini enggapernah berubah sampai kapanpun dan semoga karya kita bisa terus dihargai oleh masyarakat Indonesia.
Takaeda: Ini adalah album pertama gua di Drive. Gua Cuma berharap ke depannya kita bisa menghasilkan karya yang lebih baik.

Bagaimana cara anggota Drive lainnya untuk mensosialisasikan Takaeda sebagai vokalis baru dari Drive?
Budi: Kita selalu berusaha mendukung Takaeda untuk berani angkat suara dalam setiap interview, promo juga di Twitter, terus di panggung juga Takaedaharus bisa luwes di panggung agar bisa berinteraksi dengan penonton.

Feedback dari Drivemaniacs sendiri sejauh ini positif atau negatif?
Adi: Alhamdulillah, sejauh ini feedback yang kami terima cukup positif. Kekhawatiran bahwa dengan keluarnya salah satu personil baru, bisa membuat fans kami kabur justru tidak terbukti. Malah dengan kehadiran Takaeda, Drivemaniacs malah semakin banyak. So far, Takaeda cukup bisa diterima di kalangan Drivemaniacs.

Untuk next stepnya Drive sendiri ada plan apa?
Budi
: Untu next step kita akan mengeluarkan single ketiga. Lagu yang akan dijadikan single ketiga ini juga kita masih belum tahu, karena kita akan mengadakan polling untu single ketiga Drive ini.
Takaeda: Untuk polling single ketiga ini Drivemaniacs bisa ikutan lewat akun Twitter kita, atau facebook Drive juga.

Semoga lagu terbaik yang akan terpilih dan bisa mengulang kesuksesan Drive yang sebelumnya!

(kpl/bin/boo)



Lihat Arsip Musik

- - -