[Interview] Afgan, Lebih Dewasa dan Berani Jujur

Penulis: Yunita Rachmawati

Diperbarui: Diterbitkan:

[Interview] Afgan, Lebih Dewasa dan Berani Jujur
Afgan Syah Reza ©KapanLagi.com

KapanLagi.com - Eksistensi bukan hal utama yang harus dipertahankan oleh seorang Afgan Syah Reza. Masih ada lagi hal yang lebih penting, yakni karya. Untuk itu, di setiap langkahnya berkarir di industri musik, cowok kelahiran 1989 ini terus berusaha menciptakan karya-karya baru. Musiknya pun harus bisa menginspirasi orang lain.

Ditemui tim KapanLagi.com® secara eksklusif belum lama ini, Afgan menuturkan banyak hal. Mulai dari single baru, album yang rencananya akan dirilis awal 2013, rasa cintanya dengan Afganisme, sampai curhatan pribadinya.

Penasaran pengen tahu apa saja yang diobrolkan kami? Yuk langsung klik halaman berikutnya.

 

(kpl/wid/boo)

1. Pesan Cinta

  • Certain dong tentang single Pesan Cinta dan awal terciptanya lagu ini?

Afgan: Bermula dari iseng-iseng jamming bareng Nino RAN dan Inu Numata. Jadi dulu, saya sering main bareng mereka, dan kita sangat suka lagu-lagu dari almarhum Chrisye, dan kita pengen banget bikin lagu yang timeless. Maksudnya, yang mungkin orang 10 tahun ke depan lagu ini akan masih tetap nyaman didengerin. Dengan tema mungkin kita maunya yang simple dan bisa relate, which is itu adalah love at first sight. Banyak orang yang merasakan love at first sight dan gimana rasanya gundahnya enggak tahu cara menyampaikan rasa itu, jadi trus dipendam rasa itu dan hal ini yang menimbulkan rasa bingung, 'Gimana sih biar orang itu tahu?' Itu sih sebenernya main theme di lagu ini.

  • Yang bikin lagu ini spesial apa?

Afgan : Menurut gue, karena di era musik sekarang udah serba electro ya, jadi aliran musik juga udah banyak techno, sehingga orang sekarang mungkin lupa kalau musik organic adalah musik yang bisa dibilang timeless. Makanya gue dan temen-temen (Nino dan Inu) pengen bikin satu lagu yang bisa ngeingetin anak muda bahwa lagu-lagu musik organic bisa menjadi sesuatu yang bisa kalian dengar di masa mendatang. Dan itulah yang bikin lagu ini bisa lebih spesial dibandingkan yang lainnya.

  • Proses pembuatan lagu ini gimana?

Afgan : Sebentar banget! Soalnya segala sesuatu yang dibuat gak sengaja itu langsung jadi. Jadi sebenernya lagu ini udah lama dibuat, awal tahun 2011. Proses pembuatan lagu dan lirik cuma 2 jam. Dan mungkin proses arransemen dan rekaman bisa memakan waktu 1 bulan. Bisa dibilang cepat kok untuk lagu ini.

  • Di single ini, Afgan kan kerja sama dengan Nino RAN. Nah mengingat kalian berdua adalah musisi dengan label yang berbeda, gimana nih? Apa Nino hanya sekedar membantu saja?

Afgan : Kita tetap meng-credit-kan nama Nino meski label kita berbeda. Alhamdulillah Nino sendiri juga pengen banget berpartisipasi dalam album Afgan yang ke-3, jadi enggak ada sama sekali permasalahan yang ditimbulkan dari adanya beda label. Semuanya berjalan dengan prosedurnya. Alhamdulillah enggak ada kendala apapun.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Album Baru

  • Nah, bicara soal album baru nih, kapan dirilis?

Afgan : Insya Allah keluar Januari 2013, karena saya mungkin masih sibuk kuliah dan kemaren lagi sibuk final exam. Jadi, kemaren kita mau keluarin kemaren juga, tapi ada beberapa materi yang belum kelar. Jadi menurut gue, timing di bulan Januari sekaligus mendekati Valentine, adalah timing yang pas banget buat album aku keluar.

  • Lalu, ada ga sih hal yang bikin album ini beda dari yang lain?

Afgan : Lebih ekspresif, jauh lebih berani. Gue juga jauh lebih berani explore, gue lebih nyaman dengan karakter suara gue, gue lebih nyaman dengan diri gue pastinya, sehingga gue lebih pede untuk bikin lagu sendiri, lebih pede buat nyoba genre musik yang belom pernah gue sentuh. Contohnya, di album ini gue nyanyiin genre musik techno, yang mungkin orang bilang enggak cocok buat suara gue, mungkin suara gue lebih cocok di lagu–lagu  ballad dan lain-lain. Cuma gue mau buktiin kalau gue bisa nyanyi di genre lagu ini dan sebagai pembuktian buat diri sendiri dan gue merasa tertantang di album ini. Ini album paling berani gue dan paling jujur karena gue mulai bikin lagu sendiri."

  • Apa sih pertimbagan yang membuat Afgan memasukkan lagu techno ke dalam album baru?

Afgan : Pertimbangannya, karena saya ngelihat penyanyi penyai solo lainnya, seperti Glenn dan Marcell. Mereka punya lagu techno di dalam albumnya, sementara saya sama sekali belum punya. Makanya di album ke-3 ini saya pengen coba sesuatu yang belum pernah saya coba. Jadi kalau di konser, saya bisa bawain lagu dance techno saya sendiri bukan lagu orang.

  • Kasih bocoran dong, ada berapa lagu yang kamu ciptain di album ini?

Afgan : Sebenernya ada 3, tapi sejauh ini yang udah confirm 2. Yaahh... memang bakat gue bukan di song writer, dan ini bukan sesuatu yang gue lakukan dari kecil. Bukan sesuatu yang gue cita-citakan. Jadi, gue bisa nyiptain lagu karena dorongan  lingkungan. Sebenernya hal ini yang bikin gue berani buat bikin lagu dan membuat album ini lebih spesial dari album sebelumnya.

3. New Image

  • Kalau dari image album ke-3, Afgan mau seperti apa?

Afgan : Image? Pengen... lebih (sambil tertawa). Bisa dibilang lebih mature sih, pastinya. Karena fans gue pasti mereka beranjak dewasa dong. Jadi gue pengen memberikan satu image kalau Afgan ini sudah dewasa, sudah tahu apa yang dia mau, dan sudah mulai berani untuk mengexplore lebih dalam karyanya dia.

  • Pendewasaan dalam hal apa nih?

Afgan : Lirik dan penampilan. Kebetulan tadi gue baru milih-milih foto untuk cover album. Sampai Nyokap pun juga lumayan kaget karena fotonya jauh lebih dewasa dari sebelumnya. Jadi ya… gak sabar buat ngasih liat ke temen temen”

  • Ini tuntutan label atau diri sendiri?

Afgan : Label sih ngebiarin aja, senyamannya saya. Umur juga bertambah dan enggak mungkin pake baju yang dulu saya pake hahaha....

4. Musik vs Pendidikan

  • Afgan sekarang masih kuliah ya, apa sih yang pengen Afgan capai dalam hal musik dan juga pendidikan?

Afgan : Banyak banget yang belum gue capai di musik. Gue sangat bersyukur dengan prestasi yang udah gue capai, tapi masih banyak achievement yang pengen gue raih ke depannya. Misalkan, gue pengen ngadain konser tunggal, pengen bikin suatu musik festival, pokoknya pengen bikin gue bikin sesuatu yang bisa encourage, berani berkarya, dan pastinya gue selalu harus encourage generasi muda buat berkarya dan memprioritaskan pendidikan. Itu sih untuk music. Kalau untuk education, kalau buat diri gue sendiri, ya gue pengen gue jadi sarjana.

  • Afgan kan sebagai solois nih. Nah, hal apa yang membuat Afgan bertahan di antara maraknya boyband?

Afgan : I always keep in my mind, buat gue yang paling penting adalah musik. Percuma kalau gue bertahan di dunia musik, kalau yang gue prioritaskan bukan musiknya, tapi melainkan faktor duitnya, faktor kompetisinya. Jadi yang buat gue bertahan selama ini selain support fans gue. Ya, I always keep in mind that the most important thing is music, karena yang gue lakukan sekarang adalah bermusik untuk mengekspresikan diri gue.

5. Ga Chubby Lagi?

  • Afgan sekarang terlihat  lebih kurus. Ada hubungannya gak, image ini dalam album baru?

Afgan : Gue kurus karena gue di Malaysia itu sebenernya enggak ada kerjaan, selain belajar. Jadi gue menyibukkan diri dengan olahraga. Sebelum gue ke Malaysia, gue enggak pernah olahraga dan sekarang jadi rutin olahraga. Makanya gue sekarang kurus.

  • Tapi Afgan merasa nyaman dengan kondisi yang sekarang (kurus)? Karena dulu kan Afgan dikenal orang dengan lesung pipi dan chubby nya hihihi...

Afgan : Hahaha... Ini lesung pipinya masih sih, untung belom ilang, jadi setidaknya masih ada sih yang dilihat hahaha... Enggak lah, gue juga gak mau terlalu menunjukkan kalau gue berubah... Gue masih seperti yang dulu, cuma gue sekarang lebih berani karena pengalaman yang gue dapat lebih banyak. Kayak bikin lagu aja, itu membutuhkan rasa percaya diri yang tinggi untuk mendengarkan lagu itu ke orang banyak. Gue lagi belajar untuk mencapai level itu. Ya berkembang lah, masa di situ-situ aja.

6. I Love Nyokap

  • Orang yang beruntung buat dengerin lagu ciptaan Afgan pertama kali siapa?

Afgan : Ke Nyokap. Karena Nyokap itu adalah orang yang gue percaya, dari dulu sampe sekarang.  Baik itu tawaran kerjaan, materi lagu, skrip film, atau apapun itu pasti gue konsultasi ke Nyokap, dan gue selalu percaya sama tanggapan Nyokap.

  • Reaksi beliau saat itu apa?

Afgan : Nyokap kaget! Karena enggak ada yang pernah ngajarin dan emang orang tua enggak ada yang bisa bikin lagu. Cuma akhirnya Nyokap malah mikir, mungkin ini bakat dari Kakek, soalnya kakekku dulu itu adalah pemusik. Ya kaget sih yang pasti, dan sampe Nyokap bilang, 'Kok bisa sih?' hahaha... Jadi seneng lah bikin Nyokap bangga.

  • Jadi ke depan Afgan akan sering menulis lagu lagi nih?

Afgan : Saya belum expert sih, dibandingin yang lain. Musisi muda sekarang tuh gila! Kreatif banget! Saya sih masih di tahap belajar dan berusaha untuk ngilangin rasa gak percaya diri itu.

7. Love is Complicated

  • Apa yang menjadi inspirasi dalam menulis lagu?

Afgan : Sejauh ini sih yang paling sensitif ya tentang love life. Jadi sejauh ini, based on itu. Dan ini pernah diangkat dari pengalaman pribadi gue. Gue gak pernah bikin lagu, tapi yang gue sendiri enggak related dengan makna lagu itu. Semuanya itu harus datang dari diri gue sendiri. Which is itu based on my personal experience.

  • Yang memotivasi kamu untuk menulis lagu?

Afgan : Temen-temen. Sebenernya gue enggak belajar dan enggak bercita-cita. Karena gue bergaul dengan musisi, mereka semua tuh kalau mau bikin lagu, seneng banget dan semangat banget. Dan itu yang bikin gue penasaran. Berangkat dari penasaran itulah, gue belajar dan gue mulai mempraktekkan. Dan ternyata menulis itu adalah sesuatu yang bisa sangat di-enjoy, menurut gue.

  • Saat cintanya settle atau lagi complicated nih?

Afgan : Yaa pas complicated dooong hahaha... Saat cinta lo complicated, lo ngerasa motivasi lo untuk bikin lagu bagus semakin besar! Itu karena lo pengen nunjukkin ke satu orang itu. Gue lebih berhasil kalau lagi complicated sih, which means, love is complicated sih hahaha...

  • Siapa sih orangnya yang bikin Afgan semakin berkreatif?

Afgan : Orangnya... Enggak tahuu... Hilang hahaha... Ya ada dehh pokoknyaa...

  • Tapi kalo dalam kondisi lagi hubungan yang nyaman, hasrat bikin lagu sedikit berkurang ya? Dibandingkan lagi complicated?

Afgan : Kalau menurut gue, kalau dalam kondisi complicated kan tersudut, jadi saat tersudut itu muncul ide-ide yang inovatif hahaha....

  • Apa karena di Malaysia, dan jauh dari show dan lain-lain juga akhirnya membuat Afgan jadi menciptakan lagu?

Afgan : Iya, gue di Malaysia kegiatannya cuma belajar, masuk kelas. Gue banyak waktu dan membuat gue jadi lebih produktif dibandingkan sebelumnya.

8. Rencana 2013

  • Plan Afgan untuk 2013 apa nih?

Afgan : Plan 2013 yang pasti adalah launching album. Kita pengen bikin gimmick yang cukup besar. Dan ini menurut saya adalah project yang terbesar selama karir saya, dan kita pengen serius banget buat penggarapan launchingnya di bulan Januari 2013.

Terusss... tahun 2013 juga Insya Allah lulus kuliah, terus clothing business gue expand lagi, dan gue pengen coba hal baru, seperti berbisnis, karena gue kuliah bisnis, gue pengen memanfaatkan ilmu gue. Dan pastinya terus berkarya dan bermusik.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending