Dance Cover, Bentuk Ekspresi Penggemar K-Pop

Senin, 22 Agustus 2011 08:45 | 

SHINee

Dance Cover, Bentuk Ekspresi Penggemar K-Pop
SNSD Foto: showwallpaper.com




KapanLagi.com - Musik-musik Korea dengan boyband dan girl band mereka menjadi satu genre yang sedang booming. Korean Wave yang datang bak gelombang air bah menggambarkan dengan tepat fenomena ini.

Idola K-Pop tersebut berpengaruh besar kepada kehidupan para fans. Ketika fans mulai menyukai musik K-Pop dan secara intens mencari hal-hal yang berhubungan dengan idola mereka, hampir sebagian besar dari fans bakal tenggelam dalam sensasi 'fangirling' atau 'fanboying'.

Sebagai bentuk ekspresi, mereka pun mulai menirukan apa yang dilakukan oleh para idola mereka. Karena genre yang booming dari K-Pop adalah perpaduan musik dan juga dance, hal yang sama dilakukan oleh para fans di mana mereka meng-cover dance dan penampilan idola mereka tersebut.

Fans pun mulai membentuk grup-grup dance cover. yang mana fokusnya berbeda dengan dance biasa. Mereka menari dengan mengikuti gerakan yang sudah ada dan menirukan gerakan sang idola.

Titik kesempurnaan dari dance cover juga berbeda dengan dance modern, di mana bukan kreativitas namun kemiripan dengan sang idola baik dalam segi detail gerakan, kostum serta ekspresi yang ditampilkan di atas panggung.

Dance cover di Indonesia sendiri terbilang cukup booming. Terbukti dengan adanya Komunitas Kpop Dance Cover Indonesia yang terbentuk di facebook, di mana mereka saling bertukar informasi grup, dan sharing hasil video cover mereka melalui Youtube channel.

Tim-tim seperti SBSquad (Sapphire Blue Squad), SUNSHINee (dance cover SHINee), O Namja (cover MBLAQ) atau 4NE1 (cover 2NE1) dan tim-tim lain tampak aktif di grup ini. Acara gathering fans adalah ajang mereka unjuk kebolehan.

Hasilnya, bisa dilihat dari video-video tersebut bahwa fenomena dance cover disambut dengan terbuka, dan para penggemar tak sungkan untuk berteriak histeris layaknya menyaksikan penampilan idola mereka.

(kpl/sjw)

Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (4)

  • Dessy Sinaga (Rabu, 28 Maret 2012 15:06)
    hai.. mau tanya kalau komunitas pecinta k-pop di kawasan DKI-Jakarta ada ga yah ? dimana yah ? bisa minta contact personnya ? saya mau join untuk keperluan skripsi saya. klo ada info tolong krm ke email saya di chichi_cute88@yahoo.com yah. thx...

  • Doni (Sabtu, 01 Oktober 2011 01:12)
    Semoga covernya lebih bagus

  • LuluELF (Selasa, 13 September 2011 18:40)
    kalo untuk komunitas KPop pasti tiap kota sudah ada fandomnya masing-masingjadi chingu tinggal cari aja fandom di setiap kota, di facebook atau cari info di fan base twitter

  • Ilay (Rabu, 07 September 2011 16:11)
    Sebenernya sich mo ty ... alamat komunitas K-pop , ada yg udh ngebentuk gak yach ...? mo joint ( minta infonya)

  • KIRIM KOMENTAR

Lihat Arsip Musik

- - -