Boyband, Bukan Soal Individu

Rabu, 06 Juni 2012 12:04 | 

New Kids On The Block

Boyband, Bukan Soal Individu
One Direction ©popstaronline.com




KapanLagi.com - Boyband bukan sekedar grup vokal yang bisa menari, dibutuhkan personil yang solid untuk menjadi sebuah boyband. Karena boyband adalah kerja tim, bukan menonjolkan satu individu saja.

Kekompakan antar personil adalah modal utama sebuah boyband, baik dalam keseharian maupun di dalam setiap penampilan boyband tersebut. Terdengar simple memang, tetapi sangat fatal apabila kekompakan tersebut tidak ada dalam sebuah grup boyband.

Tidak akan ada dua orang atau lebih dengan karakter yang sama dalam sebuah boyband yang baik, karena satu sama lain akan saling mem-back up, terutama dalam setiap penampilannya. Karakter vocal sebagai contoh, masing-masing personil akan membagi porsi vokal sesuai dengan kekuatan vokal masing-masing.

Begitu juga dengan gerak tari, masing-masing personil harus mempunyai karakter menari yang berbeda tiap personil, walaupun ada koreografi tari yang selaras, tetapi harus didukung juga dan ditampilkan kemampuan gerakan tari akrobatik dari beberapa personil agar penonton dapat tertarik dengan penampilan mereka.

Aksi NKOTB saat konser di JakartaAksi NKOTB saat konser di Jakarta

Perbedaan karakter suara tersebut harus dipadukan dengan aransemen lagu yang mendukung penampilan menari mereka, jadi antara musik, suara vokal dan gerak tari harus ada keselarasan yang membuat pertunjukan menjadi sebuah satu kesatuan konsep yang baik, tentunya harus diperhatikan dari alur pertunjukan.

Keselarasan yang dimaksud misalnya adalah, perhatikan irama dan lirik lagu, apabila irama lagu pelan dan lirik lagu tersebut sedih, tidak mungkin dimasukkan gerakan-gerakan akrobatik di dalam tariannya, akan terlihat aneh dan memaksakan. Sebagai contoh seperti yang dilakukan boyband senior, New Kids On The Block yang selalu menjaga keselarasan dalam aksi panggung mereka.

Yang paling penting tetapi sering dilupakan adalah, ketahanan fisik. Seperti telah disebutkan di atas bahwa boyband adalah penggabungan antara menari dan menyanyi, maka diperlukan kemampuan fisik di atas rata-rata, karena butuh pengaturan nafas yang baik menari sambil menyanyi. (kpl/prl/boo)



Lihat Arsip Musik

- - -