Wakili Indonesia ke Korea, 2NESTAR SBSQUAD Terhalang Visa?

Senin, 30 September 2013 11:35 | 

2NE1

Wakili Indonesia ke Korea, 2NESTAR SBSQUAD Terhalang Visa?
2NEStar SBSquad @SBSquad_




KapanLagi.com - Oleh: Ahmat Effendi (Asian Star Editor)

Ada ciri unik dari komunitas dance cover bernama SBSquad ini, di mana member grup seolah tertempa untuk tidak pernah menyerah. Dibentuk tanggal 13 November 2009, SBSquad fokus dengan dance cover K-Pop dan konsisten hingga saat ini.

Fenomena Cover Dance menjadi movement global bersamaan dengan meluasnya industri musik Korea. Kompetisi tahunan bertajuk K-Pop Cover Dance digelar secara berkala setiap tahun di Korea dan tahun ini bertempat di Gyeongju Hallyu Dream Festival.

Tahun ini salah satu sub-grup SBSquad, 2NESTAR yang meng-cover 2NE1 terpilih untuk mewakili Indonesia. Sayang langkah mereka terhalang kepengurusan visa.

2NESTAR saat menjadi bintang tamu di YG SKF for 2NE1 NECON. ŠAhmat Effendi2NESTAR saat menjadi bintang tamu di YG SKF for 2NE1 NECON. ŠAhmat Effendi

2NESTAR dijadwalkan untuk bertanding pada tanggal 3 Oktober hingga 9 Oktober 2013 bersama tim lain dari berbagai belahan dunia. Mereka antara lain Team LoKo (Inggris), Firstone (Korea Selatan), Besteen (Korea Selatan), Afro Girl (Jepang), Hong Kong Pop Esta & Kayan, SOF Crew, Wawa, Kalvin Tran (Canada) dan Millenium Boy (Thailand).

Pasca pengumuman lolos dan pengurusan paspor yang selesai tanggal 27 September berkaitan dengan penyelenggaraan APEC, visa 4 member yaitu Nadin (CL cover), Onyu (Minzy cover), Ella (Park Bom cover) dan Ajeng (Dara cover) yang seharusnya bisa selesai sebelum kompetisi tidak bisa diproses dengan cepat karena membutuhkan waktu 11 hari kerja.

Dance cover sendiri bisa dibilang tidak mudah. Dibutuhkan passion, disiplin layaknya olahraga dan latihan setiap hari untuk menguasai teknik dan gerakan. Perlu latihan tersendiri untuk mendalami ekspresi dan karakter bintang yang dicover.

2NESTAR ketika tampil live. @onyucieSBSquad2NESTAR ketika tampil live. @onyucieSBSquad

Selama hampir empat tahun fokus dengan dance cover, SBSquad telah mencetak banyak prestasi. Yang terakhir sebelum terpilih kompetisi di Korea tersebut mereka berhasil menjadi juara 1 dan 3 kompetisi dance cover di KLOSS (Korean Lovers Surabaya) 3rd Anniversary, 15 September 2013.

Cukup disayangkan jika 2NESTAR SBSquad tidak bisa berangkat dan bertanding mewakili Indonesia dalam kompetisi K-Pop Cover Dance. Terutama karena membutuhkan latihan bertahun-tahun untuk bisa mencapai level dance cover yang berkualitas.

Asa untuk bertanding masih begitu tinggi, sayang prestasi harus terhalang kepengurusan visa. Apa ada yang bisa dilakukan? Satu rekomendasi dari Konsulat Korea atau Kementrian Pemuda dan Olahraga Mungkin, karena masih belum terlambat jika ada rekomendasi khusus yang bisa mempercepat proses visa.

Sebagian Prestasi Terakhir SBSquad:

1. SHINing B: Juara 1 Romantic K-Pop Festival Surabaya
Black Wine: Juara 3 Romantic K-Pop Festival Surabaya
2. Edelweis (Song Cover): Juara 3 STONEL Malang
3. SOSHIQueen: Juara 1 Dare to dazzle revolution Surabaya
B-Bang: Juara 2 Dare to dazzle revolution Surabaya
4. SOSHIQueen: Juara 1 SM Attack with WE:A Kediri
SBSquad: Juara 2 SM Attack with WE:A Kediri
SBSquad (song cover) Juara 2 SM Attack with WE:A Kediri
5. GALAXY: Juara 1 Cover Dance Competition di BIG GATHERING KLOSS 3rd Anniversary
Star1ish: Juara 3 Cover Dance Competition di BIG GATHERING KLOSS 3rd Anniversary

 

Simak Berita Menarik Asian Star Berikut:

7 Grup K-Pop Yang Berpisah dan Tidak Pernah Lagi Bersama
10 Tahun Silam 5 Lagu Korea Ini Begitu Populer!
10 Idol Berwajah Lembut Namun Miliki Suara Luar Biasa!
10 Artis K-Pop Dari Masa Lalu Yang Paling Diinginkan Jadi Mentor!
10 Idol K-Pop Ini Layak Untuk Lebih Populer
10 Idol Korea Paling Seksi di Tahun 2013!
10 Oktober, T-Ara Comeback ke Musik K-Pop!

 

(kpl/sjw)



Lihat Arsip Musik

- - -