2010 in Review: 10 Konser Paling Spektakuler

Kamis, 09 Desember 2010 21:21 | 

John Legend

2010 in Review: 10 Konser Paling Spektakuler
John Legend di Java Jazz 2010




KapanLagi.com - Pagelaran musik benar-benar mewarnai tahun 2010. Berbagai acara konser musik baik dari musisi tanah air maupun mancanegara tampil maksimal dalam ajang pamer bakat yang diadakan sejumlah promotor.

Masih didominasi acara konser tahunan, beberapa acara musik spektakuler dirangkum KapanLagi.com™ dan disajikan penuh warna. Tak ketinggalan juga tur-tur dunia musisi luar negeri yang sempat 'mampir' di negeri ini. Apa dan siapa sajakah yang jadi sorotan utama dunia musik tahun 2010? Simak daftarnya:

1. Java Jazz 2010
Bicara musik jazz pasti langsung kepikiran konser akbar Java Jazz yang digelar setiap tahunnya. Kali ini dengan digandeng provider Axis, acara yang dimotori Peter Gontha ini digeber selama 3 hari berturut-turut yakni 5, 6, dan 7 Maret 2010. Meriahnya sudah dijamin dari awal. Apalagi kali ini bertempat di JIExpo Kemayoran, Java Jazz mengusung 1.300 musisi, artis dan grup musik di 21 Panggung, di antaranya John Legend, Babyface, Bob James, Diane Warren, Sandy Shandoro, Andi Rif, dan masih banyak lagi. Dan akhirnya Java Jazz memecahkan rekor dunia sebagai festival jazz terbesar di dunia.


John Legend, Perhatian Utama Java Jazz 2010Foto Konser:
John Legend Paling Laku
Bob James Tetap Atraktif
Ariel Tetap Profesional
Duet Caroline Zachrie dan Andi Rif
Diane Warren Sempurna di Java Jazz 2010
Gaya Manis si Babyface
Meriahnya Java Jazz 20102. MTV EXIT
Gelaran tahunan MTV Exit berlangsung meriah di Lapangan D Senayan, Jakarta, 6 Juni 2010. Dengan duta Agnes Monica, acara ini mengusung penghentian eksploitasi dan trafficking yang diramaikan 20.000 orang dengan hiburan menarik dari Peterpan, David Band, The Changcuters, Kotak, Superman Is Dead, serta J-Rock. Yang paling menarik, acara ini merupakan penampilan terakhir Ariel di atas panggung sebelum tersandung kasus video porno yang menjeratnya ke meja hijau.


Penampilan Panggung Terakhir Ariel di 2010Foto Konser:
Agnes Monica Tampil Total
Ariel Tetap Profesional
Para Musisi di Konser MTV EXIT3. Java Rockin Land 2010
Arkarna, Dahsboard Confessional, Smashing Pumpkins, Data Rock, Pas Band, Stereophonics, Mutemath, Galaxy 7, Rif, Andra and the Backbone, Gugun Blues Shelter, The Brandals, Saint Loco, Netral, Slank, Koil, Superman Is Dead, dan banyak lagi adalah beberapa di antara ratusan musisi rock yang memeriahkan acara yang berlangsung di Pantai Ancol pada 8, 9, 10 Oktober 2010 lalu. Konser ini disebut-sebut sebagai Woodstock-nya Indonesia karena juga menyediakan camp bagi para penonton.


Arkarna, Salah Satu Bintang Java Rockin Land 2010Foto Konser:
Aksi Pas Band Bikin Kejutan
Aksi Java Rockin Land Bikin Macet
Have a Night Dance with Datarock
Euforia Rock Musisi Tanah Air
Arkarna Pukau Penonton!
Dashboard Confessional Tetap Dinanti
Penutup Atraktif Stereophonics
Antusiasme Penonton Java Rockin Land 2010
Stryper vs Wolfmother - Glam Rock
Arkarna Pukau Penonton4. Java Soulnation 2010
Mengambil tempat di Istora Senayan Jakarta, 30-31 Oktober 2010, acara yang mengutamakan genre soul sampai R&B ini menampilkan Simply Red dan Coolio sebagai kunci utama. Tak ketinggalan beberapa musisi dalam negeri di antaranya Iwa K, Eno Netral, Gading Marten bersama DJ Schizo, juga Pandji Pragiwaksono ikutan mengisi acara ini.


Simply Red Beri Kenangan TerakhirFoto Konser:
Coolio Paling Atraktif di Java Soulnation 2010
Simply Red Manis di Farewell Tour
Heboh Java Soulnation 2010 Hari Kedua5. Jakarta Jam 2010
Acara tahunan dari Java Musikindo ini menjadi salah satu yang ditunggu para penggemar musik yang kebanyakan kawula muda. Istimewanya, di tahun ini Bondan Prakoso feat Fade2Black menjadi satu-satunya musisi Indonesia yang beraksi di panggung Tennis Indoor Senayan Jakarta pada 22 dan 23 Oktober 2010. Sementara artis lainnya seperti The Maine, Hellogoodbye, Forever The Sickest Kids, Chingy, dan Flo Rida sudah diprediksi bakal memanaskan acara ini bahkan beberapa bulan sebelum konser digelar.


The Maine Pamer Dada di Jakarta Jam 2010Foto Konser:
Bondan feat Fade2Black Beraksi di Jakarta Jam 2010
Chingy Gaet Manohara
Flo Rida Dihujani Celana Dalam
Forever The Sickest Kids Atraktif
Hellogoodbye Banjir Penonton
The Maine Aksi Pamer Dada6. FireHouse
6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta (16/6), Makassar (17/6), Surabaya (22/6), Semarang (26/6), Bali (29/6), dan Medan (29/7) jadi persinggahan band senior FireHouse tahun ini. 12 tahun 'cuti' tampil di tanah air, CJ Snare dkk menyesuaikan penampilan mereka dengan selera musik orang Indonesia. Sedikit aransemen mereka ubah menjadi lebih ballads dengan tak meninggalkan unsur heavy metal.


FireHouse Konser Lagi di Indonesia Setelah 12 Tahun VakumFoto Konser:
Konser FireHouse di Jakarta7. Ruth Sahanaya
25 tahun sudah Ruth Sahanaya yang akrab disapa Uthe berkibar di industri musik tanah air. Dan untuk merayakannya, Uthe pun menggelar konser tunggal di Assembly Hall, JCC, Senayan pada 25 November lalu. 35 lagu digeber Uthe di sini, dan yang paling membuatnya senang bisa meraih mimpi adalah berduet dengan Kaka Slank.


Kaka Slank Akhirnya Wujudkan Mimpi UtheFoto Konser:
25th Anniversary Concert Ruth Sahanaya8. Slash And Friend World Tour 2010
Sejak meluncurkan album solonya, Slash membawa teman-temannya untuk tur keluar Amerika. Indonesia menjadi salah satu negara utama di mana gitaris legendaris Guns N Roses ini menggelar konser di dua kota - Surabaya (31/7) dan Jakarta (3/8). Mengajak juga musisi kenamaan lainnya seperti Myles Kennedy (vokal), Bobby Schneck (rhytm), Todd Kerns (bass), Brent Flitz (drum) , Slash memberondong penonton tanpa ampun. Dan istimewanya, KapanLagi.com™ diberi kesempatan untuk mewawancarai sang gitaris secara eksklusif tersebut sebelum tampil di Jakarta.


Slash, The Legend of GuitarLihat Juga:
Tatap Muka dengan Slash di Hotel Ritz Charlton Kuningan
Slash Panaskan Istora Senayan!9. Kelly Clarkson
Awalnya konser Kelly Clarkson di Jakarta digosipkan bakal batal. Ia secara tegas menolak iklan rokok, padahal kurang 1 minggu lagi penampilannya di tanah air. Namun akhirnya Tennis Indoor Senayan jadi panggung meriah saat Kelly tampil secara casual membawakan lagu-lagu hitsnya. Dan walaupun tampil santai mengenakan kaos hitam bertuliskan Pink Floyd dan terlihat lebih gemuk, Kelly mampu membuat penonton terpukau dengan suaranya.


Kelly Clarkson Tampil CasualFoto Konser:
Konser Casual Kelly Clarkson10. Gita Gutawa
Melibatkan 60 musisi papan atas, Gita Gutawa menggelar konser tunggalnya bertajuk Kotak Musik Gita. Perpaduan nuansa tari dan musikalitas yang dikemas dengan perpaduan orkestra serta band ini diserasikan dengan sentuhan remaja. Gita yang berganti baju 6 kali karya perancang Selly Kuswanto mempersembahkan 22 lagu dari album pertama dan keduanya dengan menarik pada 25 Februari 2010 yang bertempat di Balai Sarbini Jakarta.


Konser Kotak Musik Gita Berbalut KeceriaanFoto Konser:
Konser Kotak Musik Gita

Selain 10 konser ini, beberapa konser spektakuler juga diadakan di beberapa kota di Indonesia. Sebut saja Temper Trap, band asal Aussie yang vokalisnya berasal dari Indonesia untuk pertama kali pulang ke tanah air. Mereka menggempur Denpasar (10/11), Jakarta (12/11), dan Bandung (13/11). Sean Kingston di Istora Senayan Jakarta 23 September 2010. Konser tunggal Ungu bertajuk Maha Cinta Ungu juga mendapat tempat tersendiri di antara ribuan penonton di Studio 4 RCTI pada 12 Oktober lalu. Kemudian ada konser musisi manca lainnya yakni Placebo yang atraktif di Tennis Indoor, disusul All Time Low, Saosin, serta Pitbull persembahan promotor raksasa Java Musikindo.

Tur konser dunia terakhir David Foster bertajuk Hit Man: David Foster and Friends yang menghadirkan Ruben Studdard, Natalie Cole, Peter Cetera, Charice Pempengco, dan Canadian Tenors juga sempat mampir di Ritz Carlton Jakarta. Dengan tiket konser selangit, tak membuat penampilan David Foster sepi penonton.

Satu lagi konser menarik dipersembahkan oleh grup asal Korea, SHINee yang ikutan mengisi Korean-Indonesian Week 2010 di Tennis Indoor pada 12 Oktober lalu. Tak disangka, para pemuda asal Asia ini juga mampu menyedot animo penonton dan penggemar band Korea yang ada di Indonesia.

Lihat Juga:
Sean Kingston 'Goyang' Jakarta
Saosin Pertama Kali Tampil di Panggung Besar
Konser Placebo Sukses!
All Time Low Bertabur Bra!
Pitbull Sihir Tempat Dugem Raksasa
Konser Maha Cinta Ungu
Temper Trap Pulang Kampung
SHINee Bikin Heboh Indonesia
(kpl/boo)


Nama
Email
Komentar
Komentar yang tidak sopan akan dihapus.

Komentar Pembaca (1)

Lihat Arsip Musik

- - -