Yockie Soeryoprayogo Reintepretasi Album SBY

Penulis: Anton

Diterbitkan:

Kapanlagi.com - Setahun silam, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat mempersembahkan karya komposisi RINDUKU PADAMU. Sebuah album romantika dalam balutan tema cinta untuk kekasih, negara, dan Tuhan.

Lagu bernuansa pop ringan 80an itu dilantunkan oleh sederet penyanyi papan atas seperti Ebiet G Ade, AB Three, Dea Mirella hingga Kerispatih.

Kini dengan visi musikal tajam, arranger kawakan Yockie Soeryoprayogo memberikan sentuhan baru karya sang Presiden dalam format re-interpretasi bertajuk EVOLUSI.

Dalam acara rilis album di Hard Rock Café - Jakarta, Selasa (6/1), Yockie mengatakan proses kreatifnya dengan SBY tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

"Semua berjalan secara alami, tidak ada unsur apapun, mengalir begitu saja," papar Yockie.

Kalaupun ada dugaan ada unsur-unsur tertentu, terutama terkait politik, saat jelang pilpres, menurut Yockie adalah sah-sah saja.

"Dalam usia saya yang sekarang ini, saya memahami persoalan secara menyeluruh, bahwasanya tidak ada itikad tanpa tujuan. Kalau kaitannya dengan pilpres boleh jadi, semua orang punya kepentingan, saya pun punya kepentingan. Lagu adalah lagu, kalau implikasi ada kepentingan sah saja," tandasnya.

Dalam album EVOLUSI ini, Yockie memainkan konsep instrumentalia.

"Karena lagu-lagu itu sudah pernah direkam dan dinyanyikan beberapa penyanyi sebelumnya, justru menantang mengaransemen ulang dalam format instrumentalia," katanya beralasan.

Sebagai arsitek musik di balik sukses album abadi BADAI PASTI BERLALU, God Bless, dan mega proyek musikal Kantata Takwa, Yockie membuat perubahan besar dalam lagu-lagu 'nir' lirik milik SBY.

Simak lagu Kuyakin Sampai di Sana, gesekan biola Idris Sardi liris di permukaan lagu diselingi angelic dari Aning Katamsi, mengingatkan paduan suara ala choir gregorian.

Nuansa 'jazzy' juga terasa di lagu Dendang di Malam Purnama, tiupan saxophone Oni Krinerwinto turut mempertegas aura romatik. Di album Evolusi ini Yockie juga mapan menterjemahkan visi religius SBY di lagu Mengarungi Kuasa Tuhan.

"Lagu yang bagus adalah hasil sinergi antara lirik dan not, yang membentuk harmoni dengan menghadirkan estetika dari pesan yang disampaikan. Iwan Fals memuji lagu-lagu ini mempunyai pesan yang baik. Dan saya berharap pertemuan saya dengan SBY dapat bermanfaat bagi insan musik indonesia sehingga ada respek terhadap penciptaan musik," pungkas Yockie.   

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/wwn/bun)

Editor:

Anton

Rekomendasi
Trending