'Work', Jejak Kisah Romansa Drake dan Rihanna Dalam Sebuah Lagu

Girindra Permana Cahya  |  Rabu, 01 Februari 2017 16:22
'Work', Jejak Kisah Romansa Drake dan Rihanna Dalam Sebuah Lagu
Rihanna - Drake © istimewa

Kapanlagi.com - Work merupakan karya yang dinantikan oleh banyak fans Rihanna. Lagu ini hadir setelah molornya pembuatan album ANTI yang telah direncanakan sejak 2014. Dibawakan bersama kekasihnya pada saat itu, Drake, Rihanna merilis lagu Work pada 27 Januari 2016, sehari sebelum ANTI dirilis.

Pada tahun ini Work dinominasikan dalam ajang bergengsi Grammy Awards, lagu ini tercatat masuk nominasi Record of The Year serta Best Pop Duo / Group Performance. Sebelumnya, Work juga telah merajai Billboard Hot 100 chart selama sembilan minggu!

Tercatat ada tujuh orang yang menulis lagu ini dari PartyNextDoor, Drake, RihannaMonte MoirSevn Thomas, Allen Ritter dan Matthew Samuels. Begitu juga produser lagu, cukup banyak nama yang tercatat mengisi posisi ini seperti Boi-1da, Sevn Thomas, Ritter, Kuk Harrell hingga 40 Shebib.

'Work' merupakan single utama dari album 'ANTI' © AFP'Work' merupakan single utama dari album 'ANTI' © AFP

Awal cerita, lagu ini lahir dari beat yang dibuat oleh Sevn Thomas. Ia pun memperdengarkannya kepada Boi-1da yang menjadi produser lagu ini. Merasa cocok, mereka melanjutkan materi ini sampai akhirnya menjadi sebuah lagu. Untuk tahap penyelesaian, Boi-1da mengirimkan materi ini kepada PartyNextDoor yang jago dalam menulis lirik lagu. 

Ada fakta unik tentang tiga pilar dari kunci dari pembuat lagu ini Sevn Thomas, Boi-1da dan PartyNextDoor, mereka bertiga sama-sama punya darah Jamaika. Jadi nggak salah kalau ada nuansa tropis terdengar dalam musik Work. Tak hanya itu saja, mereka bertiga juga merupakan bagian dari keluarga besar OVO Sounds, record label yang dibuat oleh Drake.

Lagu 'Work' diciptakan oleh teman-teman Drake dari Ovo Sound © AFPLagu 'Work' diciptakan oleh teman-teman Drake dari Ovo Sound © AFP

Lagu ini akhirnya mereka perdengarkan pada Drake dan mendapatkan respon positif. Dalam suatu kesempatan saat berada di rumah Rihanna yang berada di Malibu, lagu Work dimainkan oleh artis Hip Hop tersebut untuk RiRi.

Mereka berdua sepakat lagu ini dibawakan dalam duet. Rihanna merekam suaranya di Westlake Recording Studios, Los Angeles. Sedangkan Drake merekam part vokalnya di tempat berbeda Sandra Gale Studios di California dan SOTA Studios di Toronto, Kanada.

Bicara soal lirik, Work membahas tema yang sangat urban yakni 'kerja untuk uang' serta 'dilema percintaan'. Makin kuat saja nuansa urban dalam pesan ini dengan musik yang hadir.

Beberapa media internasional pun mendaulat lagu ini dalam jajaran karya terbaik di tahun 2016. Sebut saja Rolling Stone, NME, Billboard hingga The Guardian.

'Work' bukan proyek pertama Rihanna dengan Drake, sebelumnya mereka sudah pernah berkolaborasi di tahun 2010 dan 2012 © YouTube.com'Work' bukan proyek pertama Rihanna dengan Drake, sebelumnya mereka sudah pernah berkolaborasi di tahun 2010 dan 2012 © YouTube.com

Work bukanlah karya pertama yang menempatkan kolaborasi Rihanna dan Drake. Sebelumnya keduanya pernah menyanyikan lagu What's My Name (2010). dan Take Care (2012) dalam format duet.

Bukan hanya sekedar lagu saja, Work juga bisa menjadi salah satu bagian penting dari perjalanan cinta putus nyambung Drake dan Rihanna sejak tahun 2009. Namun saat ini sang rapper sedang membina hubungan percintaan baru dengan si seksi Jennifer Lopez.

Dalam nominasi Record of The Year Grammy Grammy 2017, Work akan bersaing dengan lagu-lagu populer lain sepert Hello (Adele), Formation (Beyonce), 7 Years (Lucas Graham) dan Stressed Out (Twenty One Pilots). Nah, dari semua lagu di nominasi ini, yang mana nih favorit kalian?

Jangan Lewatkan!

Bernuansa Galau, 'Hello' Adele Bukan Lagu Sedih Karena Mantan!

Daft Punk Bakal Tampil Bareng The Weeknd di Grammy 2017

Drake Tak Akan Datang Dalam Acara Ceremony Grammy Awards 2017

John Legend - Metallica, Akan Tampil di Stage Grammy Awards 2017

Sekarang, Musisi Bisa Menang Grammy Tanpa Jualan Album Fisik

(kpl/otx)

Rihanna juga pernah mengalami momen memalukan saat bajunya tersingkap dalam Pre-Grammy Gala pada tahun 2014 lalu. Untunglah dia cepat sadar dan menutupi bajunya dengan tangannya.
8 FOTO

Lihat Arsip Musik

- - -