WAMIFEST Gandeng Produser dan Musisi Top Untuk Gelaran 2022

Diperbarui: Diterbitkan:

WAMIFEST Gandeng Produser dan Musisi Top Untuk Gelaran 2022
WAMIFEST © istimewa

Kapanlagi.com - Wahana Musik Indonesia (WAMI) dengan semangat membina hubungan kemitraan yang relasional dengan anggota-anggotanya melalui kegiatan tahunan yang diberi nama WAMIFEST 2022. Gelaran ini digelar pada 3 Desember 2022 di M Bloc Space, Jakarta Selatan.

WAMIFEST memberikan kegiatan menarik, mulai dari Seleksi Cipta Lagu (Selekta), Panel Diskusi, Workshop, WAMI Karaoke, dan konser WAMIFEST 2022, serta instalasi foto Reels Tunnel Instagram. 

Tentunya, sejumlah musisi top di Tanah Air bakal terlihat dalam acara WAMIFEST tersebut. Mulai dari Barry Likumahuwa, Aviwkila, Cakra Khan, Petra Sihombing, Bams, Enriko, Makki Ungu, dan masih banyak lagi.

1. Hadirkan Produser Top Dunia

Tak sampai di situ saja, WAMIFEST juga menghadirkan produser top dunia, yakni Matt Cab (producer and hitmaker based in Tokyo: BTS, PLAYSOUND, FAMIMA dan Tat Tong (Grammy-nominated producer, 80x platinum worldwide: Troye Sivan, Luis Fonsi, ShinEE)

Kegiatan ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis. Sebelum puncak acara, WAMIFEST mengadakan kompetisi Seleksi Cipta Lagu (Selekta). Sebanyak 19 pencipta lagu dari berbagai daerah dipilih oleh musisi yang terlibat di ajang tersebut. Dalam Selekta, musisi Barry Likumahuwa bersama Mat Cab dan Tat Tong didapuk menjadi juri.

"Kriteria paling penting lagu ciptaan sendiri. Buat peserta ini pencipta baru, enggak mengandung kata kata enggak baik. Yang penting orisinalitas," kata Barry Likumahuwa, kepada Kapanlagi.com.

"Ya seru banget ya, ternyata singer song writer banyak. Apalagi kita bikin acara ini cukup singkat, terjalin banyak banget. Buat saya ini menyenangkan," tambah Barry.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Selekta

Selekta sendiri telah diadakan secara online dari tanggal 1 September hingga 7 Oktober 2022 melalui fitur Instagram Reels. Karya-karya Selekta dipilih berdasarkan jumlah like terbanyak.

Selain itu, Barry Likumahuwa, Matt Cab dan Tat Tong masing-masing akan memilih 2 buah lagu kategori Pilihan Produser. Selekta terbuka untuk pencipta-pencipta lagu di seluruh Indonesia untuk mengajukan karya terbaiknya.

"Dari sekitar 200 lagu lebih terpilih 19. Jadi, 15 berdasarkan like Instagram, sisanya dipilih dari saya dua lagu dan Matt Cab," katanya.

"Kalau genre beragam banget ada pop, EMO, punk, koplo, dangdut yang seperti Rhoma Irama, urban musik, kayak Maliq RAN, folk, beragam banget. Dan saya memutar otak supaya enggak jomplang dari atas panggung," kata Barry.

Selain Selekta, ada juga panel diskusi yang mengusung topik "Ekosistem Musik". Dalam panel diskusi, beberapa narasumber hadir di sini, Jason Foulkes (Meta - Head of Music Business Development APAC), Bams, Makki Ungu, Tere, Tat Tong (Produser nominasi Grammy), dan Budi "Boim " Sulistio ( Kepala Departemen Bisnis Musik  - SAE Indonesia).

Kemudian, ada workshop "Dua Puluh Tiga Hal Tentang Menulis Lagu” yang akan dipandu Petra Sihombing dan Enrico Octaviano dua produser kenamaan Indonesia pendiri Dua Puluh Tiga Studio.

3. Tujuan WAMIFEST

Selain itu, workshop ini juga menghadirkan narasumber Ari 'Aru' Renaldi (Pemenang 13 AMI Awards, produser: Tulus, Yura Yunita, Arsy Widianto, Brisia Jodie, Sal Priadi) , Mat Cab ( produser dan hitmaker asal Tokyo: BTS, PLAYSOUND, FAMIMA ) dan Tat Tong ( produser nominasi Grammy, 80x platinum seluruh dunia: Troye Sivan, Luis Fonsi, ShinEE).

"Karena di Wamifest semuanya penulis lagu kumpul kita  memang kayak setiap dua Minggu sekali enggak interview penulis lagu dan produsen lagu di tempat sendiri. Kenapa ga itu aja dikolaborasikan. Jadi akhirnya kita bikin acara yang kita selama ini kita lakuin online sekaran offline," kata Petra Sihombing.

"Kita bisa dibilang host cuma kita sebenernya bisa dibilang moderator kota agak semuanya. Kita selalu berpegang kita bisa sharing dari kita sendiri maupun panutan. Kita sebagai host untuk sharing atau kayak moderator gitu," timpal Enrico Octaviano.

Tujuan diadakannya WAMIFEST 2022 adalah untuk merayakan komunitas pencipta lagu WAMI yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 3500 orang dari seluruh penjuru Indonesia.

Selain untuk meningkatkan nilai paparan dan memperkuat hubungan WAMI dengan anggotanya, rangkaian kegiatan WAMIFEST juga berfungsi sebagai sarana berjejaring, edukasi, dan hiburan bagi anggota dan khalayak umum.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/phi)

Rekomendasi
Trending