Viky Sianipar 'Paksa' Andy Rif Nyanyi Lagu Batak

Darmadi Sasongko  |  Selasa, 01 Mei 2012 21:11
Viky Sianipar 'Paksa' Andy Rif Nyanyi Lagu Batak
Viky Sianipar

Kapanlagi.com - Musisi Viky Sianipar mendaulat penyanyi rock Andy Rif untuk menyanyikan lagu Batak saat menghibur masyarakat Karsitek Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara.

"Malam ini kita harus paksa rocker Andy Rif untuk melantunkan lagu Tapanuli, meski yang bersangkutan bukan berasal dari etnis Batak," kata Vicky yang disambut tepuk tangan para pengunjung konser Surya 16 Tour di lapangan Karsitek Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Minggu (29/4) malam.

Andy Rif pun akhirnya melantunkan lagu berjudul Sinanggar Tullo yang dikemas dalam irama musik rock dan mendapatkan sambutan meriah dari ribuan pengunjung konser yang tetap bertahan meski kawasan itu sempat diguyur hujan.

Lagu itu dinyanyikannya dengan sangat apik, dipadu dengan nada-nada yang dihasilkan dari berbagai alat musik Batak seperti Gondang Taganing, Sulim, dan sejumlah alat musik tradisional lainnya.

Andy yang mengaku senang menyanyikan lagu-lagu Batak berpesan kepada para penonton agar tetap menjaga kelestarian lingkungan, dengan lebih banyak menanam pepohonan agar ekosistem Danau Toba yang menjadi kebanggaan dapat senantiasa terpelihara.

"Saya meminta para remaja agar menanam bunga-bungaan serta memelihara kelestarian lingkungan, agar keseimbangan alam di Danau Toba tetap terjaga," ujarnya.

Pada malam itu Viky Sianipar berkolaborasi dengan beberapa musisi berdarah Batak di antaranya Korem Sihombing, penyanyi rock Dewi Marpaung serta sejumlah personil band yang diboyongnya dari Jakarta. Viky sempat menyatakan kebanggaannya akan suku Batak, karena kekayaan budaya dan adat istiadatnya serta kemampuan bermusiknya.

"Saya ingin menggugah semangat orang muda Batak agar lebih mencintai budayanya, terutama yang tinggal di perkotaan," sebutnya. (antara/dar)


Lihat Arsip Musik

- - -