Gara-Gara Nama, Van Halen Terjerat Kasus

Erick  |  Selasa, 13 Januari 2015 20:22
Gara-Gara Nama, Van Halen Terjerat Kasus
Van Halen © Van Halen Official Facebook

Kapanlagi.com - Siapa yang tak kenal dengan band legendaris yang hampir setiap lagunya selalu jadi hits? Band yang sempat mengalami beberapa kali pergantian vokalis ini selalu dirindukan banyak penggemarnya. Tapi tunggu dulu... Van Halen terjerat kasus?

Kelly Van Halen, mantan istri sang drummer, Alex, sudah 3 tahun bersitegang dengan band ini. Mereka sedang mempermasalahkan copyright yang diduga memakai nama Kelly. Wanita itu menuntut karena namanya digunakan dalam bisnis konstruksi dan desain interior yang bukan miliknya.

Sebenarnya Kelly dan Alex sudah bercerai hampir 20 tahun yang lalu. Masalah mulai timbul setelah nama ELVH Inc. beredar di pasaran. Dan setelah bersitegang selama 3 tahun, akhirnya ada jalan keluar bagi kasus ini.

David Lee Roth © Van Halen Official FacebookDavid Lee Roth © Van Halen Official Facebook


Dalam keputusannya, Kelly menyetujui bahwa ia tidak akan menggunakan namanya dalam produk apapun yang berkaitan dengan musik. Yang kedua, "Yang harus Kelly lakukan adalah  menggunakan nama Kelly Van Halen dengan kalimat lain seperti 'didesain oleh Kelly Van Halen'," demikian kata jaksa penuntut Daniel DeCarlos pada The Hollywood Reporter baru-baru ini.

Walaupun tidak banyak media yang memberitakan band ini, namun bukan berarti Van Halen hilang begitu saja. "Aku akan tetap bermusik sampai aku mati. Aku sudah melakukan banyak hal, dan masih banyak lagi yang belum. Aku belum bisa mengatakan kepadamu sekarang," demikian kata Eddie Van Halen.

Hal itu disampaikannya dalam wawancara dengan Guitar World, 2008 lalu. Kala itu, Eddie sedang membuat gitar Fender dengan seri EVH Wolfgang. Lalu, pada Agustus 2011 lalu, mixing dari album baru mereka selesai dikerjakan.

Van Halen juga masih sering mengadakan tour dan bermain dalam gigs terutama hampir sepanjang tahun 2012. Eddie juga sempat menjalani bedah pinggang di rumah sakit di tahun yang sama. Namun hal itu tidak menghalanginya untuk tetap melakukan tour di tahun berikutnya. Salut!!

(rol/erc)


Lihat Arsip Musik

- - -