Usung Konsep Musik 90-an, Rudy Nugraha Hadirkan Debut Album 'CLBK' Setelah Keluar dari Band Caffeine

Diperbarui: Diterbitkan:

Usung Konsep Musik 90-an, Rudy Nugraha Hadirkan Debut Album 'CLBK' Setelah Keluar dari Band Caffeine
Credit:KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Penyanyi Rudy Nugraha merilis album debutnya yang berjudul CLBK (Cinta Logika Beragam Kisah). Album ini menandai langkah pertamanya sebagai penyanyi solo setelah hengkang sebagai vokalis band Caffeine. Di bawah naungan label Anak Bangsa Berkreasi (ABB), CLBK memuat tujuh lagu yang semuanya ditulis oleh Salman Alfarizi, dengan tema utama seputar cinta.

"Judul albumnya CLBK, sesuai dengan konsep musiknya 90-an. Kan cenderung angkatan tersebut, istilah itu (CLBK) ramai dipakai. Akhirnya kita dari tim sama label sepakat untuk bikin nama album itu Cinta Logika Beragam Kisah, ada tujuh lagu," kata Rudy Nugraha saat ditemui di kantor ABB, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (5/10/2023).

1. Sudah Niat Buat Sejak Pandemi

Sebenarnya, keinginan Rudy Nugraha untuk merilis karya sebagai penyanyi solo sudah lama ada, terutama selama masa pandemi COVID-19. Kemudian, di tahun 2021 ia bertemu dengan label Anak Bangsa Berkreasi. Dari situ, keinginan bikin solo album terwujud.

“Ini niatan saya pas pandemi kan 2020 sampai 2021 enggak berkegiatan. Setelah itu emang mau punya niatan saya pengen rilis, maksudnya buat katalog saya, playlist saya, akhirnya saya punya keinginan pengen bikin solo album waktu itu,” katanya.

“Akhirnya berjalan waktu tiba tiba 2021 akhir ketemu sama temen temen dari anak anak Bangsa Berkreasi. Saya emang niatnya dedikasi saya 25 tahun (bermusik) ada sesuatu solo saya,” tambahnya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Digarap Cukup Lama

Proses penggarapan album CLBK memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar sembilan bulan. Rudy menjelaskan bahwa salah satu alasan lamanya proses tersebut adalah karena pada saat itu, label ABB sedang fokus pada produksi film. Selain itu, Rudy juga sibuk dengan kegiatan di luar dunia musik.

"Kurang lebih sembilan bulan. Mungkin waktu itu Anak Bangsa Berkreasi waktu itu fokusnya sama film. Dan awal ditawarin juga saya awalnya single buat soundtrack film. Dari situ akhirnya berjalan ya produksi," pungkasnya.

Meski mengalami beberapa kendala, Rudy Nugraha berhasil menyelesaikan album CLBK dengan baik. Album ini tidak hanya tersedia di platform digital, tetapi juga memiliki video musik yang dapat disaksikan di kanal YouTube Anak Bangsa Berkreasi Records.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/far/dyn)

Rekomendasi
Trending