'Trisum' Rumah Dewa Gitar Jazz Indonesia

 |  Jumat, 30 Desember 2005 16:00


  • 'Trisum' Rumah Dewa Gitar Jazz Indonesia
    Ilustrasi
Kapanlagi.com - Pada awal terbentuknya Trisum berawal dari B-3. Akronim dari Budjana, Balawan dan Bontot (nama panggilan Tohpati). Dan nama Trisum sendiri diberikan bassist GIGI, Thomas Ramdhan.

Trisum akhirnya menjelma menjadi proyek 'idealis' yang menyehatkan ketiga personil. Budjana aktif dengan grup pop rock, GIGI. Tohpati, seorang session player papan atas dan kini menjadi producer ataupun music director. Sementara Balawan saban tahun keliling mancanegara dengan berbagi proyek musiknya. Memainkan blues sampai jazz juga world music. Berikut sekilas tentang mereka.

TOHPATI ARIO HUTOMO

Saat SMP bergabung dalam Splash Band dengan Didi AGP, Cendy Luntungan, Ubiet dan Dian HP. Sebagai solois Tohpati menghasilkan dua album TOHPATI dan SERAMPANGAN SAMBA.

Memenangi berbagai penghargaan di sejumlah festival prestisius. Pengalaman bermain dengan dua raksasa jazz dunia Eric Marienthal dan Kenny Garret, membuat namanya dikenal penggemar jazz tanah air.

Pada tahun 1993, Tohpati bergabung dengan Simak Dialog. Dalam nomenklatur jazz, Simak Dialog dikategorikan sebagai jazz adult contemporary. Dengan gaya European jazz kental.

Bersama Simak Dialog, Tohpati melahirkan tiga album LUKISAN, BAUR dan TRANCE/MISSION.

Terakhir konser 'Sang Dewi TITI DJ', 30 September 2005 merupakan prestasi lain dirinya sebagai arranger dan music director.

DEWA BUDJANA

Jazz mulai menarik perhatiannya sejak tahun 1980. Pertemuannya dengan maestro jazz, Jack Lesmana menjadi pondasi awal. Jack tidak hanya mengajari bermain tetapi sekaligus filosofis jazz. Kemudian dia terlibat dengan Spirit Band hingga melahirkan dua album. Tahun 1993 gabung dengan Indra Lesmana di Java Jazz. Setahun kemudian melahirkan album BULAN DI ATAS ASIA. Tampil di North Sea Jazz Festival di Den Haag, 1994.

Budjana dikenal sebagai salah satu gitaris terbaik Indonesia dengan bermacam-macam warna. 22 Maret 1994, membentuk GIGI bersama Baron, Armand, Thomas dan Ronald. Menelorkan 12 album bersama GIGI dan 4 album solo.

I WAYAN BELAWAN

Lahir di Gianyar Bali, 9 September 1973. Main musik sejak 8 tahun dan membentuk band sejak masih SD. Pada awalnya memainkan musik rock. Selepas SMA , pindah ke Sydney belajar gitar jazz dan vocal di Australia Institute of Music. Memperoleh beasiswa untuk Diploma Of Music selama 3 tahun. Tahun 1997 membentuk band Batuan Ethnic Fusion yang memadukan musik etnis Bali dengan jazz. Album perdananya GLOBALISM.

Balawan adalah gitaris khas dengan teknik Touch Tapping Style. Sebuah permainan yang memanfaatkan ke delapan jari untuk memainkan tap pada fretboard.

Permainan ini sekilas seperti permainan piano: permainan bass, chord dan melody dimainkan dengan jari kiri dan kanan, nyaris tanpa dipetik dan sama sekali tidak berhubungan.

Balawan diakui sebagai gitaris terbaik Indonesia dengan pengakuan internasional. Antara lain wakil Asia dengan gitaris Jepang Isato Nakagawa dalam East Meet West Guitar Festival di Edenkoben Jerman, Mei 2000.

Duet dengan gitaris Tommy Emmanuel di Open strings festival di Osnabruech jerman 2001. Tur 12 kota di Jerman dalam International Guitar Night tahun 2001. Tampil di Hell Blues Festival, September 2005. Tur 4 kota dengan Batuan Ethnic Fusion di Australia, Oktober 2005. Wakil Indonesia dalam Tokyo Asia Music Mart dan Pop Asia Jepang, Oktober 2005.

Disadari atau tidak, belakangan justru Trisum adalah Home bagi ketiga gitaris ini. Mereka memulai dari 'sekedar' mencoba main bareng 'lebih serius' dalam sebuah 'proyek khusus,' ternyata mereka menemukan chemistry yang match satu sama lain. Jadi jelasnya Trisum menjadi 'rumah' yang selalu harus disinggahi secara berkala. (kl/wwn)

Lihat foto: 'Rumah Dewa Jazz Gitar'

Lihat Arsip Musik

- - -