Terus Semangat Lestarikan Keroncong Langgam, Indra Utami Tamsir Rilis Album Baru

Minggu, 08 Agustus 2021 13:17  | 

Indra Utami Tamsir



Indra Utami Tamsir © Istimewa


Kapanlagi.com - Indra Utami Tamsir atau yang akrab disapa IUT tak pernah berhenti semangat untuk melestarikan kebudayaan Keroncong Langgam yang makin sedikit peminat. Demi memperkenalkan musik ini pada generasi milenial, Penyanyi Keroncong Terbaik AMI Award 2013 ini merilis album baru.

Album yang diberi nama DEWANGGA SUTRA itu berisikan 9 lagu baru, yang 7 di antaranya ditulis sendiri oleh IUT. Sedangkan untuk notasi dan aransemen, penyanyi kelahiran Blora itu dibantu oleh sahabatnya, Budi L Tandang.

"Dewangga itu para dewa, artinya kita semua memiliki cahaya dewa. Punya misi masing-masing membawa cahaya Tuhan. Sutra bahan yang mahal. Sesuatu yang halus dan mahal, keroncong itu mahal, agung, keren. Artinya harus dihargai," ungkap IUT dalam peluncuran album online pada Sabtu (7/8) kemarin.

1. Di Tengah Pandemi

DEWANGGA SUTRA ternyata juga tercipta berkat pandemi. Lantaran jadwal manggung berkurang dan jarang keluar rumah, IUT jadi punya banyak waktu membuat lagu. Padahal awalnya ia hanya ingin merilis lagu, bukan album.

"Akhirnya saya minta tolong dibuatin lagu sama mas Budi. Saya punya lirik lagu, alhasil jadi lagu beberapa sampai 9 lagu. Tidak direncanakan, karena belum menemukan generasi penerus keroncong, saya tampil lagi. Maunya di belakang layar. Setelah ini mau bikin kaderisasi kalangan muda untuk mencintai keroncong," ungkapnya.

2. Dukungan dari Pemerintah

IUT terus mencari berbagai cara agar musik keroncong langgam bisa lebih digemari generasi milenial. Salah satunya dukungan dari pemerintah. 

"Pertama produksi sangat minim, kedua karena media besar belum tertarik dengan musik keroncong. Ingin melibatkan BUMN dana yang besar, tapi akhir tahun lagi-lagi dana tidak ada. Saya maju sendiri padahal, pemerintah banyak mengurusi yang lain. Saya sudah tulus dan yakin pemerintah bisa melihat budaya keroncong ini bisa dilirik," pungkasnya.

Simak beberapa berita berikut juga ya!

Menakar Tingkat Stress yang Dialami Dinar Candy dari Sudut Pandang Seorang Psikolog

Sambil Bantu Sesama, SRO Ajak Investor Berinvestasi untuk Atasi Pandemi Covid-19

Tak Mau Ikut Tren Ikoy Ikoy, Begini Cara Selebgram Papa Blar Berbagi

Tren Ikoy-ikoyan Viral, Ashanty: Tiba-tiba DM Penuh

Kisah Saudara Kembar yang Dijuluki PSK Tertua di Dunia, Telah Layani 335 Ribu Pria

(kpl/mhr)